Sukses

Lifestyle

3 Tanda Kamu Terjebak Kondisi Fear Of Missing Out (FOMO)

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah mendengar kata fomo? apakah kamu pernah terjebak dalam kondisi fomo? kata ini ramai beredar di kalangan anak muda. Mereka mengartikan ungkapan ini sebagai kondisi saat kita takut ketinggalan informasi apapun di sosial media. Umumnya kalangan remaja berada di kondisi ini karena mereka takut akan ditunjuk sebagai orang yang "kudet" atau kurangĀ update. Fenomena ini nyatanya telah populer sejak tahun 2004 lalu.

"Psikolog banyak mulai menggunakan istilah FOMO pada awal tahun 2000-an untuk menggambarkan fenomena terkait penggunaan situs jejaring sosial. Ini mendapatkan perhatian yang lebih besar selama bertahun-tahun karena kehadiran media sosial telah meningkat," ujar instruktur psikologi di Harvard sekaligus pendiri Priority Wellness Group, Natalie Christine Dattilo. Lantas apa saja tanda-tanda yang bisa mengatakan bahwa kamu berada dalam kondisi fomo? Yuk, simak ulasan berkut ini!

1. Terlalu Lama Menghabiskan Waktu di Sosial Media

Bermain di laman sosial media memanglah menyenangkan terutama saat pikiran kita lagi suntuk. Scrolling melihat berita, video lucu ataupun update teman-teman kita bisa memberikan kesegaran di pikiran kita. Namun, jika kita menghabiskan waktu terlalu lama di sosial media, sampai-sampai kita menjadi tidak bisa berpaling tanpa mengecek update apapun di gawai, maka secepanya segera kurangi kebiasaan tersebut.Ā 

Kondisi adalah gejala utama kamu terbukti berada dalam kurungan Fear Of Missing Out (FOMO). Hal ini tidak hanya buruk bagi kesehatan mental kita, dimana kita akan selalu dikejar dan talut merasa dikucilkan karena takut akan ketinggalan informasi. Namun, kondisi ini juga bisa membuat kesehatan fisik kalian semakin menurun. Mata kita yang akan bertambah minus, pola tidur kita yang tidak teratur, berujung pada kamu yang tidak fokus dalam menjalankan hari.

2. Selalu Ingin Tahu Kehidupan Oranglain

Jika kamu merasa selalu ingin tahu kehidupan, informasi, life-update dari oranglain, maka kamu berada dalam kondisi fomo. Tanda ini muncul karena kita terlalu banyak mengetahui informasi oranglain, kita terlalu banyak menghabiskan waktu dengan melihat update dari oranglain, sampai-sampai saat orang tersebut tidak memberikan update, kamu akan merasa cemas dan merasa ada yang salah.

3. Takut Dikucilkan

Demi mencapai kepuasan individu, terkadang seseorang perlu melakukan hal berlebihan seperti halnya dengan selalu mencari tahu informasi terkini di sosial media. Dengan mempunyai banyak informasi terkini, tahu akan gosip-gosip yang sedang hangat, maka ia tidak perlu khawatir akan masyarakat yang tidak menerimanya. Ironisnya, gosip yang dikantongi bisa dikatakan bekal atau jaminan agar orang tersebut tidak dikucilkan oleh masyarakat, hanya karena kurang update. Jika kamu berada dalam kondisi ini, lebih baik segera mengubah mindset pikiran kamu, karena tanda ini menunjukkan bahwa kamu berada dalam kondid fomo.

Sahabat Fimela merasa terpanggil dengan tanda-tanda yang disebutkan di atas? segera kurangi kebiasaan tersebut, dengan itu kamu akan keluar dari zona Fear Of Missing Out atau FOMO!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading