Sukses

Lifestyle

6 Tanda Kecerdasan yang Ternyata Tidak Dimiliki Semua Orang

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan yang dimiliki setiap orang bisa sangat beragam. Tidak semua orang harus menunjukkan kecerdasannya dalam bidang akademik hanya untuk bisa disebut cerdas, karena kecerdasan itu sendiri juga merupakan suatu hal yang kompleks sehingga sulit diukur dengan intrumen apa pun. Ada beberapa pertanda yang menjadi ciri khas kecerdasan otak yang sering kali tidak terlihat dan bahkan tidak dimiliki semua orang.

Ini dia sekian tanda kecerdasan yang ternyata tidak dimiliki semua orang, tampak sepele tapi ternyata sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Sangat mudah beradaptasi

Kemampuan beradaptasi menjadi salah satu tanda kecerdasan yang sering dianggap sepele tapi sebenarnya sangat penting, termasuk dalam konteks pekerjaan atau karir. Seseorang yang memiliki kemampuan beradaptasi atau menyesuaikan diri yang baik menunjukkan bahwa mentalnya kuat dan kecerdasan emosionalnya sangat baik. Ia tidak menjadikan perubahan dan tantangan sebagai penghalang, melainkan cara lain untuk belajar. Kemampuan ini bahkan menjadi modal survive utama makhluk hidup sejak zaman purba.

2. Keterampilan menyelesaikan masalah

Keterampilan problem-solving menjadi salah satu tanda kecerdasan otak yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari karena setiap manusia memiliki masalah, dan akan menjadi sangat membebani mental jika seseorang tidak punya kemampuan untuk berpikir rasional, menggunakan nalar dan kreativitas dalam menemukan solusi masalah. Ketahanan mental dalam menyelesaikan masalah ini menjadi tanda kecerdasan yang tidak selalu dimiliki semua orang.

3. Bicara dengan jelas dan efisien

Cara bicara yang jelas, ringkas, padat, terus terang dan mudah dipahami oleh semua orang juga menjadi pertanda kecerdasan otak yang tidak selalu dimiliki banyak orang. Orang-orang seperti ini mungkin bukan yang paling berprestasi di bidang akademik, tapi ia memiliki kecerdasan bahasa dan intrapersonal yang kuat sehingga bisa merangkai kata-kata yang tepat untuk menyampaikan maksudnya secara efisien. Justru banyak menggunakan istilah sulit, tidak menunjukkan kecerdasan otak tingkat tinggi. Orang-orang ini tahu bagaimana cara mengomunikasikan kebutuhan dan keinginannya dengan baik.

4. Rasa menghargai diri yang kuat

Seseorang yang memiliki kecerdasan unik seringkali mampu menghargai dirinya sendiri dengan sangat baik. Ia punya self-esteem yang kuat sehingga tidak mudah tergoyahkan pada hal-hal yang ia lihat dan dengar. Ia tidak mudah membandingkan diri dengan kelebihan yang dimiliki orang lain sehingga terjebak dengan rasa minder dan insecure. Ia mampu membuat kehidupannya menyenangkan dan penuh kegembiraan cukup dengan apa yang ia miliki saat ini. Kesadaran diri yang besar serta kemampuan berpikir dewasa dan bijak menjadi modal utama kecerdasan emosionalnya.

5. Cermat dalam mengamati dan menyimak

Memiliki kemampuan mengamati, mendengarkan dan menyimak yang baik juga menjadi satu kecerdasan yang tidak banyak dimiliki semua orang. Ia bisa mengingat apa yang ia dengar dan lihat, karena caranya memproses informasi lumayan cepat. Kemampuan kognitif yang cepat ini juga menjadi salah satu tanda kecerdasan otak yang tidak semua dimiliki banyak orang. Bahkan ketika sekilas saja diberi tahu, orang ini akan mudah me-recall ingatan yang pernah ia dengar, baca atau lihat.

6. Memiliki ingatan tubuh yang baik

Kecerdasan juga dapat terlihat dalam konteks fisik. Kemampuan membaca peta, menguasai olahraga atau ketika kamu tidak bisa menjelaskan cara menuju tempat tertentu tetapi tubuhmu tahu jalannya bahkan ketika sudah bertahun-tahun yang lalu. Kecerdasan kinestetik-tubuh yang tinggi dapat menghasilkan ketangkasan dan koordinasi yang lebih baik. Bukan hanya atlet yang punya kecerdasan ini, tapi orang lain juga bisa, karena kemampuan mengingat pola gerakan juga dapat menjadi kecerdasan yang dibutuhkan dalam keseharian.

Itu dia beberapa tanda kecerdasan yang ternyata tidak dimiliki semua orang, yang tampak sepele tapi sebenarnya sangat dibutuhkan dalam hidup.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading