Sukses

Lifestyle

7 Ciri Kepribadian Openness to Experience yang Membuatmu Cepat Sukses

Fimela.com, Jakarta Openness to experience merupakan salah satu dari lima faktor utama kepribadian menurut teori Big Five. Mungkin tidak banyak orang paham dan familiar dengan konsep kepribadian ini, namun seringkali ini lebih relvan dalam kehidupan sehari-hari ketimbang konsep kepribadian lain yang populer. Ada beberapa tanda atau ciri khas yang menunjukkan seseorang memiliki kepribadian openness yang tinggi.

Openness to experience, atau keterbukaan terhadap pengalaman, merupakan salah satu kepribadian yang menggambarkan rasa ingin tahu, imajinasi, dan kecenderungan untuk mencoba hal baru dan pengalaman yang berbeda. Individu dengan openness tinggi cenderung kreatif, reflektif, dan memiliki minat yang luas. Berikut ciri-ciri yang menunjukkan seseorang memiliki kepribadian openness yang tinggi.

1. Selalu Ingin Tahu Banyak Hal

Orang yang memiliki kepribadian openness tinggi selalu haus akan pengetahuan dan informasi baru. Ia tipe orang yang ingin memahami dunia di sekitar dengan lebih dalam dan seringkali mengajukan pertanyaan kritis. Ia tertarik pada banyak hal dan berbagai topik, dari sains, entertainment, teknologi hingga seni dan budaya.

2. Imajinasi yang Tinggi

Salah satu tanda unik orang dengan kepribadian openness to experience adalah memiliki imajinasi yang luas dan aktif. Ia suka berfantasi, dan karenanya memiliki kreativitas yang tinggi. Ia menikmati seni dan fiksi, dan seringkali memiliki ide-ide tak terduga dan inovatif. Kemampuan berimajinasi inilah yang membantunya menemukan solusi unik dalam menyelesaikan masalah.

3. Toleransi Terhadap Ketidakpastian

Orang dengan openness tinggi tidak takut dengan ketidakpastian. Ia justru terbuka terhadap perubahan dan menerima hal-hal baru dengan pikiran lapang. Ia tipe orang yang memahami bahwa dunia penuh dengan kemungkinan dan tidak selalu berjalan sesuai rencana. Karena itu, ia fleksibel dalam menerima perubahan dan belajar beradaptasi dengan cepat agar tidak ketinggalan.

4. Peka secara Emosional

Meski tampaknya sangat logis dan realistis, tapi sebenarnya orang dengan kepribadian Openness memiliki emosi yang sensitif. Ia peka terhadap perasaan orang lain dan jeli dalam melihat perubahan raut wajah atau nuansa yang terpancar dari gerak-gerik yang ditunjukkan seseorang. Ia mampu membaca, memahami dan merasakan emosi yang kompleks, sehingga seringkali memiliki empati dan kepedulian yang tinggi.

5. Minat yang Luas

Kelebihan yang juga menjadi tanda khas orang Openness to Experience adalah memiliki minat yang beragam dan luas. Ia cenderung mencoba hal-hal baru dalam berbagai bidang. ia tidak membatasi diri untuk mencoba sesuatu, selama itu membuatnya tertarik dan belum pernah ia pelajari sebelumnya, maka ia akan terdorong untuk belajar dan menekuninya. Ketertarikan itu bisa pada musik, seni, olahraga, sains, atau bahkan memasak dan berkebun.

6. Kecenderungan Berpikir Optimis

Orang-orang ini bukan hanya terbuka pada pengalaman baru tapi juga cenderung memiliki cara berpikir optimis yang kuat. Ia tidak takut untuk mencoba hal-hal baru karena ia merasa apa pun yang baru selalu menyimpan kejutan dan keseruan tersendiri. Ia selalu menunggu hal-hal penuh spontanitas dari apa yang ia coba. Dan uniknya, ia tak merasa menyesal jika hasilnya buruk, ia mengambil pelajaran baik dan positif bahkan dari kegagalannya. Hal paling penting adalah ia sudah berani mencoba, keluar dari zona nyaman.

7. Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Orang-orang ini juga mampu beradaptasi dengan situasi baru dengan mudah karena memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Tanpa rasa percaya diri, sulit rasanya memiliki keberanian untuk mencoba hal-hal yang tidak ia ketahui. Hanya orang-orang yang penuh keyakinan yang tidak membuang waktu untuk merasa ragu dan panik menghadapi ketidakpastian. Tapi orang ini fleksibel dan terbuka terhadap perubahan, dan mampu melihat peluang di tengah tantangan.

Itu dia sekian tanda jika kamu punya kepribadian Openness to experience.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading