Sukses

Lifestyle

7 Tanda Kepribadian Agreeableness yang Bikin Disukai Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki kecenderungan kepribadian tertentu yang mungkin membedakan dirinya dengan orang lain. Ada konsep Big 5 Personality yang bisa kita kenali dalam kehidupan sehari-hari. Konsep kepribadian ini dikenalkan oleh Allport dan Cattell yang menjelaskan tentang adanya lima jenis kepribadian yang ada pada diri manusia, salah satunya adalah Agreeableness. Kepribadian agreeableness adalah salah satu dari lima dimensi utama dalam model Big 5 Personality, di mana individu dengan tingkat agreeableness yang tinggi cenderung menunjukkan sifat-sifat positif seperti empati, keramahan, dan sikap kooperatif.

Dimensi kepribadian ini mencerminkan sejauh mana seseorang bersikap baik, bisa diajak bekerja sama, dan penuh kasih sayang terhadap sesama. Ini beberapa ciri utama yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki kepribadian agreeableness.

1. Empati yang Tinggi

Salah satu ciri utama dari kepribadian agreeableness adalah kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan orang lain. Individu dengan tingkat agreeableness yang tinggi cenderung sangat empatik, peduli dan perhatian terhadap masalah hidup orang lain, suka membantu dan menolong, serta mampu menempatkan diri di posisi orang lain sehingga tidak mudah menghakimi. Dari rasa empati ini juga ia dapat mengembangkan rasa toleransi terhadap perbedaan serta pandai sebagai pendengar yang baik.

2. Sikap Ramah dan Bersahabat

Tanda sifat yang sangat jelas saat seseorang dengan kepribadian agreeableness adalah adanya sikap ramah dan mudah bergaul. Ia cenderung memiliki sikap yang hangat dan menyenangkan, sehingga membuat orang lain merasa diterima, diakui dan nyaman berada di dekatnya. Keramahan ini membuat orang ini mudah membangun hubungan interpersonal yang positif dan langgeng bahkan seringkali disukai dan dirindukan banyak orang.

3. Sikap Kooperatif

Kepribadian agreeableness juga ditandai dengan sikap kooperatif dan kecenderungan untuk mudah diajak bekerja sama dengan orang lain. Individu dengan sifat ini lebih memilih untuk menghindari konflik dan mencari solusi yang menguntungkan semua pihak. Ia lebih mudah menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang ada, khususnya unggul saat diharuskan bekerja di dalam tim. Ia juga mau berkontribusi secara aktif dan positif dalam lingkungan kerja atau komunitas.

4. Rasa Percaya yang Besar

Satu ciri unik yang sering dimiliki oleh orang yang agreeableness adalah kecenderungan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap orang lain. Ia percaya bahwa kebanyakan orang memiliki niat baik dan dapat dipercaya. Ia jarang berprasangka buruk atau curiga dengan pikiran yang pesimis. Sikap ini memungkinkan ia untuk membangun hubungan yang kuat dan saling menguntungkan dengan orang lain. Di sisi lain juga agak membahayakan karena ia rentan ditipu atau dimanfaatkan oleh orang-orang yang berniat buruk.

5. Kebaikan Hati

Kebaikan hati adalah ciri khas lain dari kepribadian agreeableness. Individu dengan sifat ini cenderung menunjukkan kebaikan dan kemurahan hati dalam tindakan sehari-hari. Ia tidak melakukan itu untuk mendapatkan pujian atau rasa terima kasih dari orang yang ia bantu. Ia sering kali rela membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan, dan tindakan itu didorong oleh keinginan yang tulus untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Dan ia yakin bahwa kebaikan pada akhirnya akan kembali padanya.

6. Tidak Egois

Sikap tidak egois adalah ciri lain yang menonjol dari kepribadian agreeableness. Orang dengan sifat ini cenderung lebih memikirkan kebutuhan dan kesejahteraan orang lain daripada sekadar memprioritaskan kepentingan pribadi. Mereka mau mengorbankan waktu, energi, atau uang demi membantu orang lain. Dalam kadar yang tepat, sikap tidak egois bisa sangat bermanfaat untuk dimiliki, tapi sebaiknya perlu menetapkan batasan agar kebaikan dan ketulusan tidak dimanfaat oleh orang yang tak bertanggung jawab.

7. Berpikir Terbuka dan Bersikap Kompromi

Individu dengan kepribadian agreeableness biasanya lebih terbuka terhadap kompromi lebih fleksibel dalam menghadapi perbedaan. Ia memahami bahwa setiap orang memiliki pandangan dan kebutuhan yang berbeda, sehingga menciptakan pilihan dan keputusan hidup yang berbeda pula. Ia bersedia bernegosiasi dengan hal-hal di sekitarnya dan mencari solusi yang adil bagi semua pihak. Ia menghargai perbedaan dan mau belajar hal baru sehingga memperkaya wawasan dan rasa toleransinya.

Secara keseluruhan, kepribadian agreeableness mencerminkan sifat-sifat positif yang sangat dihargai dalam interaksi sosial. Jika kamu memiliki semua tanda-tanda di atas, kemungkinan besar kamu juga seseorang yang memiliki kepribadian agreeableness, Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading