Sukses

Lifestyle

7 Cara Mengatasi Susah Tidur agar Tidak Senewen Mengantuk di Pagi Hari

Fimela.com, Jakarta Mengalami kesulitan tidur bisa menjadi masalah yang mengganggu keseharian dan kesehatan siapa pun. Padahal tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Kurang tidur bisa menyebabkan banyak sekali ketidaknyamanan bahkan memicu gangguan kesehatan. Karena itu, penting sekali bisa mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk membantu mempermudah kesulitan tidur.

Jika kamu termasuk yang sering kesulitan tidur, mungkin sekian cara berikut bisa secara efektif mengatasi masalah sulit tidur dan membantumu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

1. Menciptakan Rutinitas Tidur yang Konsisten

Salah satu kunci terbaik untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan membangun dan membiasakan rutinitas tidur yang konsisten. Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan. Rutinitas yang konsisten membantu mengatur jam biologis tubuh sehingga memudahkan kita untuk tertidur dan bangun dengan lebih mudah secara disiplin. Waktu tidur yang tidak teratur akan mengacaukan jam biologis tubuh sehingga sulit memulai tidur.

2. Buat Lingkungan Tidur yang Nyaman

Lingkungan tidur yang nyaman perlu disiapkan agar rasa kantuk dan keingin tidur itu muncul. Pastikan kamar tidur bernuansa gelap, sejuk, dan tenang. Gunakan tirai tebal untuk menghalangi cahaya dari luar, atur atur suhu kamar yang nyaman, jika suka keadaan tubuh dingin, lebih baik mandi sebelum tidur agar tidak gerah dan panas. Pertimbangkan juga penggunaan aroma terapi atau suara penenang untuk mengondisikan kamar menjadi lebih nyaman. Selain itu, pastikan kasur dan bantal juga harus mendukung postur tubuh yang baik.

3. Batasi Paparan Cahaya Biru Sebelum Tidur

Hal yang penting tapi sering diabaikan adalah membatasi waktu memakai gawai. Paparan cahaya biru dari layar gawai seperti ponsel, tablet, dan komputer dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang penting untuk tidur. Hormon ini akan memicu rasa kantuk, tapi sayangnya sinar dari layar gadget bisa mengganggunya. Usahakan untuk menghindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. Jika harus menggunakan gadget, aktifkan mode malam atau gunakan aplikasi yang dapat mengurangi emisi cahaya biru.

4. Hindari Konsumsi Kafein dan Makanan Berat Sebelum Tidur

Kafein yang terdapat dalam kopi, teh, dan beberapa minuman bersoda dapat membuatmu tetap terjaga karena efeknya yang justru meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan otak. Hindari konsumsi kafein setidaknya 3 jam sebelum tidur. Selain itu, hindari makan makanan berat atau pedas beberapa jam sebelum tidur, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang dapat mengganggu waktu tidur.

5. Lakukan Aktivitas Relaksasi Sebelum Tidur

Sebisa mungkin, selesaikan pekerjaanmu di kantor dan jangan membawanya pulang ke rumah. Jika kamu teta bekerja ketika seharusnya sudah waktunya tidur, akan lebih lama memulai jam tidur. Sebaiknya lakukan aktivitas relaksasi sebelum tidur sehingga dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Cobalah untuk tidak overthinking dan letakkan dahulu apa yang kamu cemaskan. Teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga bisa membantu membuat tubuh santai sehingga mudah mengantuk. Membaca buku dan mendengarkan musik yang menenangkan juga bisa menjadi pilihan yang baik.

6. Batasi Tidur Siang

Terkadang susah tidur di malam hari dipicu oleh kebanyakan tidur di siang hari. Tidur siang yang terlalu lama atau terlalu dekat dengan waktu tidur malam dapat mengganggu pola tidur yang normal. Karena otak masih dalam mode terjaga dan belum terlalu lelah, maka akan susah tidur di malam hari karena ia merasa bahwa kamu masih butuh banyak beraktivitas agar merasa lelah. Jadi usahakan untuk tidur siang tidak lebih dari 20-30 menit dan lakukan sebelum jam 3 sore. Tidur siang yang singkat dapat memberikan energi tambahan tanpa mengganggu tidur malam.

7. Mengelola Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan yang tinggi bisa menjadi penyebab umum dari kesulitan tidur di malam hari. Mengelola stres dan kecemasan dengan baik dapat membantumu tidur lebih baik. Coba temukan teknik manajemen stres seperti menulis jurnal, nonton film, nonton video lucu, berbicara dengan teman atau melakukan aktivitas yang bisa kamu nikmati untuk merasa rileks dan tekhibur. Secara alami kadar stres akan menurun sehingga tidak menghalangi hormon melatonin untuk keluar dan membuatmu mengantuk.

Dengan mencoba beberapa atau semua cara di atas, kamu dapat meningkatkan kualitas tidur dan merasa lebih segar serta bugar setiap hari.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading