Sukses

Lifestyle

6 Tanda Kamu Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Seiring Berjalannya Waktu

Fimela.com, Jakarta Seringkali tidak mudah menjadi pribadi yang lebih baik seiring berjalannya waktu, apalagi terkadang kita tak bisa menilai diri sendiri dengan baik. Hanya orang lain yang mungkin lebih jeli dalam menilai kita karena tindakan serta ucapan kita. Namun ada beberapa tanda yang bisa menjadi acuan bahwa diri ini ternyata mengalami perkembangan yang positif, atau paling tidak sudah menjadi pribadi yang lebih baik seiring bertambahnya pengalaman, usia dan berjalannya waktu.

Menjadi pribadi yang lebih baik juga menjadi tujuan yang positif meski memerlukan usaha serta introspeksi diri yang dilakukan secara terus-menerus. Perubahan ini tidak terjadi dalam semalam, tetapi melalui proses yang panjang dan bertahap. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang berkembang menjadi versi dirimu yang lebih baik seiring waktu.

1. Tidak Mudah Menghakimi Orang Lain

Ketika kita tidak lagi hobi menghakimi, berasumsi atau membuat penilaian kasar terhadap orang lain secara sembarangan, itu tanda bahwa kita sedang berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Perilaku itu mungkin sering kita lakukan tanpa menyadarinya. Itu adalah cara belajar tentang kehidupan yang alami, namun pada akhirnya kita menyadari bahwa berpikiran terbuka dan menghakimi orang lain tidaklah baik, maka kita menjadi lebih hati-hati dan dewasa dalam menilai karena bisa saja penilaian kita salah dan memalukan.

2. Kemampuan Mengelola Emosi

Seiring berjalannya waktu, kemampuan untuk mengelola emosi adalah tanda bahwa kamu telah berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu mungkin menemukan dirimu lebih mampu menahan amarah, mengatasi kecemasan, melepaskan kendali atas hal yang tak bisa kamu kendali, bersabar menghadapi orang yang menjengkelkan atau pandai menghadapi situasi stres dengan lebih tenang. Ini menunjukkan bahwa kamu telah belajar bagaimana mengontrol respon emosionalmu dan tidak membiarkan emosi negatif menguasaimu.

3. Melatih Tanggung Jawab

Berjalannya waktu dan bertambahnya usia ternyata juga mampu mengajarkanmu untuk mengambil tanggung jawab besar dengan lebih baik. Kamu tidak lagi lari dari kenyataan, menghindari konsekuensi yang sudah kamu pilih dan bahkan menyesali karena tindakan masa lalu yang tak bertanggung jawab ternyata merugikan orang lain. Kesadaran untuk melatih tanggung jawab itulah yang menandakan kamu pada akhirnya menjadi lebih dewasa dalam hidupmu. Kamu bertanggung jawab atas tindakanmu, keputusanmu, dan dampaknya terhadap orang lain.

4. Tidak Lagi Egois

Meski sekilas egoisme menjadi salah satu hal akan selalu melekat pada diri setiap manusia, namun kadarnya mungkin berbeda antara dulu dan sekarang. Jika dulu kamu selalu berambisi untuk selalu menjadikan dirimu sendiri nomor satu, selalu tak ingin kalah dan mengambil cara yang buruk untuk menjegal orang lain agar tak menghalangi jalanmu mencapai tujuan, belakangan ini kamu menjadi lebih rileks merespon apa yang memang tak menjadi "jalan takdirmu". Kamu tak lagi memikirkan dirimu sendiri, tapi juga bertoleransi terhadap orang lain.

5. Introspektif dan Semakin Sadar Diri

Kemampuan introspeksi diri atau berkaca pada perilaku diri sendiri menjadi pertanda kuat bahwa kamu berkembang menjadi versi dirimu yang lebih baik. Pada akhirnya kamu tidak lagi menyalahkan keadaan, situasi atau orang lain atas hal-hal yang tidak terjadi sesuai keinginanmu. Kamu bisa berdamai dengan masa lalu dan kekecewaan, lalu melihat ke dalam diri sendiri, apa yang harus diperbaiki agar tidak menjadi angkuh dan bisa melanjutkan kehidupan dengan lebih positif.

6. Tidak Gampang Tersinggung

Ternyata tingkat ketersinggungan terhadap segala hal dalam hidup juga bisa menjadi pertanda apakah kamu menjadi pribadi yang lebih baik atau tidak. Jika kamu sudah tidak mudah merespon segala hal dengan kemarahan, kekesalan atau keluhan, berarti kamu menjadi pribadi yang lebih baik saat ini. Kamu tidak lagi bereaksi terhadap setiap ketidaknyamanan kecil atau komentar yang tidak enak didengar. Kamu menyikapi itu dengan lebih santai, tidak terganggu dan tidak selalu defensif maupun agresif. Kamu justru lebih banyak bersyukur sehingga lebih tenang.

Menjadi lebih dewasa seiring berjalannya waktu memang tak mudah, tapi bukan hal yang mustahil. Ini menunjukkan bahwa kamu telah menjadi lebih dewasa dan siap untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih pelik. Selamat jika sudah memiliki semua pertandanya ya, Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading