Sukses

Lifestyle

IKAT Indonesia by Didiet Maulana Luncurkan Koleksi Resort “Love Letter for Wamena” di PIMFW 2024

Fimela.com, Jakarta IKAT Indonesia by Didiet Maulana sukses memukau para tamu undangan pada Plaza Indonesia Men’s Fashion Week 2024. Dengan koleksi resort terbarunya yang bertajuk “Love Letter for Wamena”. Diluncurkan pada 2 September 2024, koleksi ini menghadirkan perpaduan unik antara keindahan alam Indonesia dengan sentuhan modern. Terinspirasi dari lanskap alam Wamena yang menakjubkan, Didiet Maulana berhasil menciptakan busana ready-to-wear untuk pria dan wanita yang tidak hanya estetis, tetapi juga sarat makna. 

Dengan bangga mengangkat warisan budaya Papua, Didiet Maulana menyuguhkan pesona motif tenun khas Papua yang kaya akan simbolisme dalam koleksinya. Motif-motif yang terinspirasi dari alam Papua, dipadukan dengan teknik ikat modern, menciptakan karyai yang memukau. Setiap helai benang tenun seolah bercerita tentang kehidupan masyarakat Papua dan kekayaan alamnya. Detail seperti bordiran tangan yang rumit dan penggunaan penggunaan bahan alami semakin memperkaya keindahan setiap karya, menjadikan koleksi ini sebuah persembahan istimewa bagi pecinta fashion Indonesia.

Sesuai dengan visi IKAT Indonesia by Didiet Maulana dalam menciptakan busana modern yang kaya akan filosofi budaya Nusantara, rangkaian koleksi “Love Letter for Wamena” menampilkan karya terbaik untuk pria dan wanita dengan total 30 tampilan looks yang terdiri dari 22 look pria dan 8 look wanita yang mengikuti tren busana terkini.

Perpaduan Harmonis Budaya dan Estetika Modern

Pemilihan warna pada koleksi ini tercipta dari lanskap alam Indonesia sebagai negara tropis, dengan nuansa warna alam yang hangat seperti cokelat dan beige yang dipadukan dengan sentuhan warna yang fresh seperti kuning, terracotta, oranye. Berangkat dari pemilihan warna tersebut, IKAT Indonesia wujudkan koleksi ini dengan material bahan motif tenun Indonesia dan bersiluet leisure yang tetap modern dan memiliki cutting structured, seperti hawaiian shirt, lightweight jacket, outerwear, bermuda pants, boxer pants, trouser pants, dress, dengan motif tenun Indonesia. IKAT Indonesia juga mengeksplorasi bahan organza, silk, dan sifon dengan ragam motif Indonesia untuk menunjukan modern pada koleksi ini.

Koleksi “Love Letter for Wamena” merepresentasikan indahnya keberagaman budaya Indonesia yang dikemas dalam detail warna dan motif pada rancangan, serta eksplorasi aksesoris yang berasal langsung dari Wamena, Provinsi Papua Pegunungan. Penggunaan aksesoris ini mencerminkan pemanfaatan bahan alam menjadi aksesoris yang dapat digunakan dalam era modern ini. 

Pemilihan aksesoris, yang dirancang bersama perajin dari Wamena, meliputi tas rajut Noken, kalung dari batang bunga anggrek, dan inspirasi bunga khas asal Wamena yaitu, bunga Kurulu yang diimplementasikan menjadi bentuk bordiran pada rancangan koleksi ini. Sentuhan kontras juga ditambahkan pada detail koleksi dengan embellishment manik-manik dan bordir yang memberikan rasa urban pada motif tradisional ikat dikoleksi ini.

Apresiasi keberagaman dan kelestarian budaya

Nusantara, dengan kekayaan alam dan budaya yang begitu melimpah, senantiasa menjadi sumber inspirasi tak terbatas. IKAT Indonesia, berhasil menangkap keindahan dan keragaman Nusantara untuk dituangkan dalam setiap koleksinya. Koleksi terbaru ini menjadi bukti nyata akan kekayaan inspirasi yang dapat digali dari tanah air. 

Dengan mahir, IKAT Indonesia memadukan unsur-unsur tradisional dengan sentuhan modern. Penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti sutra, katun, dan tenun ikat asli, semakin memperkaya nilai estetika setiap koleksi. Setiap detail, mulai dari pemilihan warna hingga pemilihan aksesoris, dirancang dengan cermat untuk menghasilkan tampilan yang elegan dan berkelas.

Melalui koleksi terbarunya, IKAT Indonesia tidak hanya ingin menghadirkan busana yang indah, tetapi juga ingin memberikan kontribusi nyata bagi pelestarian budaya Indonesia. Dengan melibatkan para pengrajin lokal dalam proses pembuatan, IKAT Indonesia turut serta dalam upaya melestarikan keahlian tradisional dan memberdayakan masyarakat. Koleksi ini juga menjadi bentuk apresiasi terhadap keberagaman budaya Indonesia, yang begitu kaya dan inspiratif. Setiap busana yang dihasilkan adalah sebuah karya seni yang merepresentasikan keindahan dan kekayaan budaya Nusantara.

Nama Penulis: FIMELA Nadya Aufia

#Unlocking the Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading