Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sikap Sebenarnya Temanmu Tidak Suka Melihatmu Sukses

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan, kita sering kali dikelilingi oleh orang-orang yang kita anggap sebagai teman. Kita bisa saja bertemu dengan orang yang baik dan tulus sehingga bisa berteman dengannya secara menyenangkan. Tapi terkadang, kita juga bisa bertemu dengan teman yang tidak tulus, bahkan tidak suka melihat kita mencapai kesuksesan. Buruknya lagi jika teman yang kita anggap dekat ternyata tidak memiliki niat baik terhadap kita.

Beberapa dari mereka mungkin diam-diam berharap kita gagal. Pasti tak menyenangkan jika tahu fakta itu. Ada beberapa tanda bahwa temanmu mungkin sebenarnya tak suka melihatmu sukses dan bahkan ingin melihatmu gagal. Cek ciri-ciri sikapnya sehingga bisa membantumu mengenali dan mengatasi situasi yang tidak sehat dalam hubungan pertemanan.

1. Tidak Mendukung Impian dan Tujuanmu

Seorang teman sejati akan mendukung impian dan tujuanmu selama itu positif dan mampu membawa kebahagiaan bagi dirimu. Ia tidak mendukung atau bahkan mencegahmu untuk mengejar impianmu karena khawatir jika itu berhasil, maka kamu akan lebih sukses dari dirinya. Ia mungkin degan sengaja meremehkan keinginanmu, dan mencari alasan mengapa kamu harus melepask tujuanmu. Ini bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak ingin melihatmu berhasil.

2. Selalu Mengkritik dan Jarang Memberi Pujian

Kritik yang membangun adalah hal yang baik apalagi jika disampaikan secara objektif. Tetapi jika seorang teman selalu mengkritik tanpa pernah memberikan pujian bahkan sering memberikan komentar negatif atau membuatmu merasa bersalah karena memiliki impian tersebut, bisa jadi ini tanda yang perlu diwaspadai. Ia mungkin mengkritik untuk menjatuhkanmu. Ia mengungkit kesalahan kecilmu dan mengabaikan prestasi besarmu.

3. Selalu Meremehkan Prestasimu

Teman yang tulus akan merayakan keberhasilanmu, selama kamu bahagia tentang itu. Jika temanmu selalu meremehkan pencapaianmu atau membuatnya terkesan sepele, ini bisa menjadi tanda bahwa ia tidak ingin kamu sukses. Ia mungkin mengatakan hal-hal seperti, "semua orang bisa melakukan itu, tak perlu dibesar-besarkan", atau selalu mengubah topik pembicaraan begitu kamu membahas pencapaianmu. Ia selalu meremehkan prestasimu, dan itu ia lakukan untuk merusak kepercayaan dirimu, membuatmu merasa tidak cukup baik dan meragukan kemampuanmu sendiri.

4. Tidak Mau Berbagi Informasi atau Kesempatan

Jika berteman dengan teman-teman yang baik, maka kamu tak akan ketinggalan informasi dan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan, bakat atau kemampuanmu. Tapi nyatanya, kamu selalu ketinggalan berita dan ketinggalan kesempatan sedangkan teman-temanmu maju duluan. Padahal kalian selalu bertemu dan dekat sekali, tapi seakan mereka sengaja menyembunyikan informasi penting itu untuk mencegahmu maju. Mereka mungkin merasa terancam oleh potensi kesuksesanmu dan mencoba untuk menghalangi jalanmu.

5. Menghindarimu saat Kamu Berhasil

Ketika mencapai sesuatu yang besar, seorang teman yang tulus dan baik hati akan berada di sana untuk merayakan bersamamu. Namun, jika teman-temanmu tiba-tiba menghilang, menghindar atau keluar berama-sama tanpa mengajakmu, ini adalah tanda bahwa mereka tidak senang dengan keberhasilanmu. Mereka tampak tidak tertarik mendengar kabar baikmu. Jika ini perlakuan yang kamu terima, sebaiknya pikirkan lagi untuk mempertahankan pertemanan dengan mereka. Mereka mungkin merasa iri atau cemburu dan lebih memilih menjauh daripada merayakan bersamamu.

6. Mendekat dan Senang Melihatmu Gagal

Jika ada teman-teman yang justru datang padamu untuk melihatmu gagal, maka hentikan pertemanan dengan mereka. Mereka tidak akan ada untuk mendukungmu melalui masa-masa sulit dan membantumu bangkit kembali. Justru mereka senang melihatmu gagal, dan tampak puas harapan mereka terkabul. Tanpa kamu ketahui, bisa saja mereka memberikan komentar yang menyakitkan atau bahkan tertawa di belakangmu. Kenali dengan baik sikap tulus orang-orang terhadapmu.

7. Menyabotase Upayamu

Tanda terakhir dan paling jelas bahwa temanmu tak ingin melihat dirimu sukses adalah secara terus terang atau diam-diam mencoba mencoba menyabotase upayamu. Mungkin tiba-tiba ada orang-orang yang mendengar rumor buruk tentangmu, memutus kontrak kerja denganmu atau menghindarimu padahal awalnya baik-baik saja. Ini bisa terjadi karena ada seseorang yang menyebar fitnah untuk menyabotase upayamu untuk sukses. Orang-orang yang datang berkedok teman padahal suka menghalangi kesempatan sebaiknya tak lagi kamu jadikan teman.

Itu dia beberapa tanda kembali hubungan pertemananmu tak baik, karena mereka justru ingin melihatmu gagal dan tak suka melihatmu sukses. Hati-hati bertemu teman seperti ini ya Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading