Sukses

Lifestyle

8 Tanda Sikap Sederhana agar Dapatkan Peace of Mind

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang menyadari pentingnya memiliki peace of mind atau ketentraman batin dan kedamaian pikiran. Padahal ketika kita bisa sedikit saja merenungi ke dalam, kita akan tahu apa yang penting untuk diperhatikan sehingga tidak terjebak dalam arus duniawi yang serba cepat dan fana.

Ketentraman batin atau peace of mind adalah keadaan pikiran yang tenang, bebas dari kekhawatiran, stres, dan kecemasan. Mencapai ketenangan pikiran sebaiknya menjadi tujuan banyak orang, namun seringkali terasa sulit dilakukan di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern. Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan peace of mind? Berikut beberapa sikap sederhana yang dapat membantu mencapai peace of mind atau ketentraman batin.

1. Melatih Bersyukur

Mengembangkan sikap bersyukur adalah langkah pertama menuju ketenangan pikiran. Dengan menghargai apa yang kita miliki alih-alih meratapi apa yang tidak dimiliki, menjadikan kita lebih mawas diri tentang hal-hal yang sudah kita nikmati selama ini. Pada akhirnya, kita akan lebih mudah bersikap menerima dan legowo sehingga dapat mengurangi stres maupun kecemasan. Luangkan waktu setiap hari untuk merenungkan hal-hal baik dalam hidup, dan menyukuri sekecil apapun nikmat Tuhan.

2. Hidup di Saat Ini

Kehidupan sering kali dipenuhi dengan penyesalan masa lalu dan kekhawatiran tentang masa depan. Mau tidak mau, sebagai manusia normal kita akan memikirkan itu sepanjang waktu. Tapi usahakan tidak fokus pada hal itu, karena hanya akan membuat overthinking. Sebaliknya, hidup dan fokuslah pada momen saat ini, apa yang sudah kamu gapai dan dapatkan, nikmati setiap detiknya. Praktikkan mindfulness atau meditasi untuk membantumu tetap di momen ini sehingga bisa merasakan ketenangan batin.

3. Mengatur Prioritas

Terkadang langkah penting yang perlu kita terapkan hanya satu, mengatur prioritas hidup. Mengetahui apa yang benar-benar penting dalam hidupmu dapat membantu mengurangi stres. Buatlah daftar prioritas dan fokuslah pada hal-hal yang benar-benar penting tersebut, misalnya pekerjaan, keluarga, sahabat terdekat atau waktu istirahmu. Dengan mengelola waktu dan energi secara efektif, kamu dapat menghindari perasaan kewalahan dan mencapai ketenangan pikiran.

4. Melepaskan Kontrol

Seringkali kita merasa cemas karena mencoba mengendalikan segala sesuatu di dunia ini. Padahal kita hanya makhluk kecil yang justru lebih sering mengikuti ketetapan yang dihadirkan semesta. Belajarlah untuk menerima bahwa ada hal-hal di luar kendalimu dan berpikirlah fleksibel dalam menyikapi hal-hal di luar ekspektasi. Fokuslah pada apa yang dapat kamu kendalikan, misalnya caramu menyikapi perubahan dan ketidaknyamanan. Ini akan membantumu merasa lebih damai dan tidak terbebani.

5. Luangkan Waktu untuk Liburan

Jangan abaikan keseimbangan hidup dan pekerjaan. Sesibuk apa pun, usahakan merencanakan waktu tenang untuk istirahat dan melepaskan penat, boleh dengan liburan atau cuti dua hari tanpa melakukan apa pun di rumah. Kesehatan fisik dan mental saling terkait, jadi semestinya dirawat dengan baik. Dengan menjaga tubuh tetap sehat melalui pola makan yang seimbang, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup, kamu dapat meningkatkan kesejahteraan mental dari dalam. Tubuh yang sehat membantu pikiran tetap tenang dan fokus.

6. Belajar Self-Love

Pentingnya belajar mencintai diri sendiri agar tak perlu membandingkan diri dengan kehidupan orang lain yang lebih baik darimu. Luangkan waktu untuk mengenali dan mengelola emosi dengan cara yang sehat. Jangan menekan atau mengabaikan perasaanmu, tetapi belajarlah untuk mengekspresikannya dengan cara yang konstruktif. Kemudian sadari bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik selama ini, bertahan dengan segala lika-liku kehidupan, jadi kamu hebat tanpa perlu dibanding-bandingkan.

7. Menjaga Hubungan Positif

Jaga sebaik mungkin hubungan sosial yang baik, positif dan sehat, baik dalam lingkup keluarga, pasangan, pekerjaan maupun pertemanan. Hubungan yang sehat dan positif dapat memberikan dukungan emosional yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Luangkan waktu untuk orang-orang yang membuatmu merasa bahagia dan dihargai, serta jauhilah hubungan yang beracun atau merugikan, karena dapat menguras energi dan mengganggu ketenangan pikiran. Ketahui siapa saja yang bisa menjadi prioritasmu, dan siapa yang tak perlu dipikirkan.

8. Mengembangkan Hobi dan Minat

Temukan kegiatan-kegiatan apa yang paling kamu suka, kamu nikmati dan memberikan kebahagiaan batin. Jadikan hobi sebagai pelepas stres dan penat. Melibatkan diri dalam aktivitas yang kamu nikmati juga dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan batin. Hobi dan minat yang positif bahkan dapat menjadi pelarian yang sehat dari stres sehari-hari dan membantumu merasa lebih bahagia dan kuat secara mental. Jadi tekuni hobimu di sela-sela kesibukan pekerjaanmu.

Itu dia beberapa sikap sederhana yang dapat membantu mencapai peace of mind atau ketentraman batin.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading