Sukses

Lifestyle

10 Tanda Sikap Orang Menyebalkan yang Selalu Bikin Capek Hati

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin tidak bisa sepenuhnya menghindari orang-orang dengan sikap menyebalkan. Setiap orang pasti pernah berurusan dengan pribadi yang memiliki sikap menyebalkan. Orang-orang seperti ini sering kali membuat kita merasa jengkel dan tidak nyaman. Meski memang perbedaan seringkali terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ada kalanya beberapa hal cukup sulit ditoleransi dan dikompromikan karena terlalu mengganggu.

Masing-masing orang mungkin punya kriterianya sendiri tentang seperti apa orang-orang yang dianggap menyebalkan. Namun secara general, sepertinya sepuluh tanda sikap seperti ini yang bisa mendefinisikan orang menyebalkan dan sering bikin jengkel hati.

1. Sering memotong pembicaraan

Sikap paling umum yang menjadi tanda menyebalkan adalah kebiasaan memotong pembicaraan orang lain. Orang ini selalu tidak sabaran menunggu giliran berbicara dan merasa bahwa apa yang dia katakan lebih penting daripada orang lain. Ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga menunjukkan rasa kurang menghargai atau menghormati lawan bicaranya. Biasanya sikap suka menyela dan memutus pembicaraan juga diikuti dengan tidak mau mendengarkan. Ia sibuk dengan ponselnya atau hal lainnya.

2. Selalu ingin jadi pusat perhatian

Orang yang selalu ingin menjadi pusat perhatian sering kali memonopoli percakapan dan situasi sosial. Ia berusaha keras untuk menarik perhatian dengan cara yang berlebihan, seperti bercerita panjang lebar tentang dirinya sendiri atau melakukan hal-hal yang mencolok. Sikap ini lebih menjengkelkan lagi jika dilakukan saat ada orang yang serius bicara. Itu bisa sangat menyebalkan dan menguras energi orang lain bahkan membuat suasana menjadi tidak nyaman. Dan orang seperti ini biasanya tidak merasa dirinya salah.

3. Mengeluh tanpa henti

Mengeluh sesekali tentu hal yang wajar, tetapi jika orang yang sama terus-menerus mengeluh tentang segala hal dalam hidupnya, bahkan untuk hal-hal kecil dan sepele, itulah yang sangat menyebalkan. Tipe orang dengan negative aura ini selalu punya ekspektasi tinggi dan ingin semua berjalan sesuai keinginannya. Tampaknya ia tidak pernah puas dengan apa pun dalam hidupnya dan selalu menemukan alasan untuk merasa tidak bahagia. Sikap kurang bersyukur inilah yang bisa merusak mood orang-orang di sekitarnya.

4. Sering telat saat janjian

Tidak menghargai waktu orang lain bisa menjadi kebiasaan yang sangat menyebalkan. Orang-orang ini tidak mengerti betapa pentingnya waktu orang lain. Si A menyempatkan untuk datang tepat waktu, meluangkan waktu yang mungkin bisa ia gunakan untuk rebahan dan bersantai, tapi karena sudah punya janji, maka ia menepati. Sedangkan si B enak saja datang terlambat atau bahkan membatalkan janji di menit-menit terakhir. Meski tampak sepele, tapi ini bisa menyebabkan sakit hati bagi orang yang sudah disia-siakan waktunya. Sikap ini menunjukkan kurangnya empati dan rasa tanggung jawab.

5. Suka meremehkan orang lain

Mengkritik sesekali tentang keburukan orang lain mungkin biasa, tapi jika sudah masuk taraf merendahkan dan meremehkan, itulah yang menjengkelkan. Ketika orang menjadikan kritikan sebagai kesempatan untuk menjatuhkan, kamu tahu bahwa wataknya buruk. Ia mungkin membenci orang yang sedang ia bicarakan, punya dendam tersendiri, atau bahkan punya rasa iri. Ia cenderung fokus pada hal-hal negatif dan jarang menunjukkan kebaikan orang yang ia bicarakan. Jangan ikutan energi negatifnya ya, karena siapa tahu kamu pun dijelekkan saat kamu tak bersamanya. 

6. Egois ingin selalu didahulukan

Sikap egois adalah tanda jelas dari orang yang menyebalkan. Ia hanya peduli pada kebutuhan dan keinginannya sendiri dan sering kali mengabaikan kebutuhan dan perasaan orang lain. Misalnya dalam mengantre toilet atau kasir, semua orang pasti tak suka menunggu, tapi bukan berarti bisa menyerobot antrean dan ingin didahulukan, apalagi dengan sikap sok dan pamer bahwa ia "orang penting". Ini bisa menunjukkan bahwa ia memiliki tabiat dan temperamen yang buruk sehingga kurang bisa berempati dengan kepentingan orang lain.

7. Suka memulai dan menyebar gosip

Orang yang suka memulai dan menyebarkan gosip sering kali membuat suasana menjadi tidak nyaman dan penuh ketidakpercayaan. Ia bukan hanya menyebar energi negatif, tapi juga mengajak orang lain untuk nyinyir dan menghujat orang dengan penuh tuduhan dan kecurigaan. Kita mungkin tak tahu kebenarannya, dan bisa jadi hanya akan berprasangka buruk terhadap orang yang bahkan tidak kita kenal dengan baik. Berhentilah berkumpul dengan orang-orang menyebalkan ini karena suka menyebarkan informasi yang tidak benar.

8. Tidak mau mengakui kesalahan

Semua orang membuat kesalahan, tetapi orang yang menyebalkan jarang mengakui kesalahannya. Ia selalu mencari pembenaran atas tindakannya, dan jahatnya, seringkali menyalahkan orang lain atas tindakannya. Mental playing victim mungkin sudah mendarah daging di dalam dirinya sehingga tidak ada perasaan bersalah meskipun dia yang salah. Sikap ini menunjukkan kurangnya kedewasaan dan kesadaran diri. Ia mungkin percaya diri tapi berlebihan hingga menyebalkan.

9. Ingin selalu menang

Kompetisi sehat bisa menjadi motivator yang baik, tetapi orang yang terlalu kompetitif sering kali membuat orang lain merasa tidak nyaman. Mereka mungkin selalu mencoba untuk mengalahkan orang lain dalam segala hal dan tidak bisa menerima kekalahan dengan baik. Sikap ini bisa merusak hubungan baik dan menciptakan permusuhan, bahkan kebencian yang sebenarnya alasannya ada pada dirinya sendiri. Rendahnya sikap legowo atau menerima keadaan membuatnya semakin menyebalkan.

10. Suka memicu perdebatan

Ketika ngobrol santai, mungkin ada saja orang-orang yang terlalu serius dan kaku dalam mengungkapkan pendapat. Ia merasa segala opini orang lain harus ditackle atau didebat, padahal sebenarnya tidak ada benar dan salah dalam hal itu. Semua berhak mengeluarkan unek-uneknya dan mereka hanya ingin didengarkan. Tapi jika bertemu tipe teman yang selalu mengkritik apa yang kamu katakan, tentu itu menyebalkan bukan? Orang-orang seperti ini biasanya kurang empati dan kepekaan emosional.

Itu dia beberapa tanda sikap menyebalkan yang bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman. Jangan memiliki semua pertanda di atas ya, Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading