Sukses

Lifestyle

8 Tanda Persahabatan Pudar karena Kehidupan yang Semakin Dewasa

Fimela.com, Jakarta Memiliki persahabatan yang tulus dengan beberapa orang tentu menjadi hal yang menyenangkan, apalagi manusia secara alami memiliki dorongan untuk membutuhkan manusia lainnya di dunia ini. Bahkan dapat dikatakan bahwa persahabatan adalah salah satu hubungan yang paling berharga dalam hidup. Namun, seperti hubungan lainnya, persahabatan juga bisa menghadapi lika-likunya sendiri, apalagi seiring bertambahnya usia dan kedewasaan yang dijalani. Ada tantangan dan konflik yang mungkin terjadi sehingga persahabatan berisiko bubar jalan.

Sebelum benar-benar selesai, ketahui apa saja tanda persahabatan mulai terasa hambar. Berikut tanda-tanda jika persahabatanmu mulai pudar seiring berjalannya kehidupan dewasa ini.

1. Komunikasi yang semakin berkurang

Salah satu tanda bahwa persahabatan mulai retak adalah berkurangnya komunikasi. Mungkin hanya berkomunikasi karena ada hal-hal penting saja untuk dikatakan. Jika kamu dan sahabatmu jarang berbicara atau bertukar pesan, ini bisa menjadi indikasi bahwa ada masalah. Mungkin salah satu dari kalian merasa tidak didengarkan atau tidak dihargai, sehingga menciptakan ketidaknyamanan yang tidak terungkapkan. Padahal komunikasi adalah fondasi dari hubungan pertemanan itu sendiri, tanpa itu persahabatan bisa goyah.

2. Lingkungan dan prioritas yang berbeda

Terkadang faktor sederhana seperti tempat kerja yang berbeda, memulai hubungan pernikahan hingga punya teman-teman baru menjadi salah satu jembatan yang sulit disebrangi untuk sahabat yang dulunya sangat dekat. Ketika sudah banyak perbedaan yang muncul, akan cukup sulit menemukan kenyamanan yang sama seperti dahulu. Dahulu kalian memiliki banyak hal yang dirasakan bersama atau relatable terhadap pengalaman dan keadaan satu sama lain. Prioritas dan sikapnya mungkin juga sudah mengalami banyak perubahan sehingga kalian bingung untuk saling menyamakan.

3. Kehilangan minat yang sama

Persahabatan seerat apa pun bisa saja runtuh ketika tidak ada lagi ketertarikan dan minat yang sama terhadap kegiatan tertentu yang dulunya menyatukan kalian bersama. Memiliki banyak kesamaan sering kali menjadi pengikat dalam persahabatan. Jika kalian mulai kehilangan minat yang sama atau tidak lagi menikmati kegiatan yang dulu sering dilakukan bersama, ini bisa menjadi tanda bahwa persahabatan Anda mulai merenggang. Perubahan minat adalah hal yang wajar, tetapi jika tidak ada usaha untuk menemukan minat baru bersama, hubungan bisa mulai retak.

4. Jarak yang memisahkan

Bukan hanya soal prioritas dan lingkup pertemanan saja yang bisa meretakkan persahabatan, hal nyata secara fisik seperti jarak yang memisahkan juga sangat bisa memudarkan persahabatan. Kamu di Jawa Tengah dan dia di Sumatra, sudah bisa menjauhkanmu dari interaksi dan bertukar kabar setiap hari. Kamu punya rutinitasmu sendiri, begitu pula dengannya, sehingga tidak ada cara yang tepat untuk bisa saling berkomunikasi secara intens seperti dahulu. Apalagi jika di tempat masing-masing kalian menemukan banyak teman-teman baru, hal yang wajar jika persahabatan memudar.

5. Kecemburuan dan kompetisi

Rasa cemburu dan ingin bersaing menjadi hal yang sangat bisa menjadi faktor tidak sehat dalam persahabatan. Jika kamu merasa bahwa temanmu selalu ingin menandingi pencapaianmu, membuat jarak bahkan menyebar rumor yang tak benar untuk menjatuhkanmu, itulah tanda persahabatanmu retak. Atau mungkin kamu yang mulai merasa tersaingi sehingga tak menyukai lagi temanmu yang sepertinya mulai bersikap acuh tak acuh dan menjauh. Persahabatan seharusnya menjadi sumber dukungan dan kegembiraan, bukan persaingan dan kecemburuan.

6. Perasaan tidak dihargai

Jika salah satu pihak merasa tidak dihargai atau diabaikan dalam persahabatan, ini bisa menjadi tanda bahwa hubungan tersebut mulai retak. Perasaan tidak dihargai bisa muncul dari berbagai hal, seperti kurangnya validasi dan pengakuan atas kebaikan atau usaha yang telah dilakukan atau hal lain yang kamu butuhkan dalam persahabatan. Ketika seseorang merasa tidak dihargai, ia mungkin akan mulai menarik diri dari hubungan tersebut.

7. Pengkhianatan

Jelas sekali, kepercayaan adalah elemen kunci dalam setiap hubungan persahabatan. Jika ternyata salah satu di antara kalian ada yang mengkhianati, tentu rasa sakit itu tak akan bisa dengan gampang terobati sehingga persahabatan itulah yang menjadi korbannya. Konflik yang tidak terselesaikan selalu bisa menghancurkan persahabatan. Kamu tidak bisa lagi mempercayai temanmu, bahkan setelah ia berulang kali meminta maaf. Jika ada banyak konflik yang tidak terselesaikan atau kalian sering bertengkar tanpa menemukan solusi, itulah tanda retaknya persahabatan.

8. Tidak ada saat mengalami kesulitan

Persahabatan yang sehat adalah hubungan yang seimbang, di mana kedua belah pihak merasa bahwa mereka sama-sama memberi dan menerima. Jika ternyata kamu justru diabaikan dan ditinggalkan ketika mengalami musibah, saat itulah retaknya persahabatan bisa terlihat. Kepercayaan yang sudah terlukai akan dengan mudahnya memutus persahabatan yang sudah berjalan bertahun-tahun. Ketidakseimbangan dukungan emosional inilah yang justru bisa menyebabkan perasaan frustrasi dan kebencian terhadap sahabat sendiri.

Kesimpulan Persahabatan adalah hubungan yang dinamis dan memerlukan usaha dari kedua belah pihak untuk tetap kuat dan sehat. Jika mengalami sekian tanda di atas, sudah pasti hubungan persahabatanmu retak dan mungkin kandas dalam waktu dekat.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading