Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang yang Hanya Pura-Pura Baik Padamu, Jangan Mudah Tertipu

Fimela.com, Jakarta Orang yang baik biasanya akan bersikap ramah dan menyenangkan di hadapanmu. Namun, kita tak pernah tahu apakah kebaikan seseorang dilakukan secara tulus atau hanya sekedar modus. Banyak orang yang tampak baik namun ternyata hanya pura-pura baik. Sebaliknya, tak sedikit orang yang cuek dan kurang peduli namun nyatanya sangat baik hati. 

Mengenali orang yang tulus dan benar-benar baik bisa menjadi tantangan tersendiri. Terlebih untuk mengenali orang yang hanya pura-pura baik. Orang seperti ini mungkin memiliki agenda tersembunyi atau hanya ingin memanfaatkan kebaikan kita untuk keuntungan pribadinya. Umumnya, orang yang hanya pura-pura baik akan menunjukkan beberapa tanda. Dan tanda tersebut antaranya sebagai berikut.

Sikapnya Tidak Konsisten

Orang yang tulus akan menunjukkan kebaikan secara konsisten, terlepas dari situasi atau siapa yang sedang bersamanya. Sebaliknya, orang yang hanya pura-pura baik cenderung bersikap tidak konsisten. Orang ini mungkin sangat baik dan perhatian di depanmu, tetapi sikapnya berubah ketika di belakangmu. Perubahan sikapnya juga bisa dilihat dari perilakunya yang hanya manis dan perhatian, saat ia ada niat tertentu yang menguntungkannya.

Sering Memanfaatkan Situasi

Orang yang hanya pura-pura baik seringkali memanfaatkan situasi untuk keuntungannya sendiri. Ia cenderung bersikap baik saat dirinya membutuhkan sesuatu darimu. Selanjutnya, ia akan mengabaikan atau bahkan merendahkanmu saat ia merasa tidak ada lagi yang bisa diperoleh darimu. Pahami akan sikap ini agar kamu bisa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menghadapi orang-orang yang hanya pura-pura baik selama ini.

Suka Menggosipkan dan Bicara di Belakangmu

Seseorang yang benar-benar baik tidak akan berbicara buruk tentangmu di belakangmu. Jika kamu mendengar bahwa seseorang sering bergosip atau berbicara negatif tentangmu saat kamu tidak ada, itu bisa menjadi tanda bahwa kebaikan mereka di depanmu hanyalah sandiwara. Orang yang seperti ini cenderung suka berpura-pura baik dan bersikap manipulatif.

Sikapnya Berubah Saat Kamu Tidak Memperhatikannya

Orang yang pura-pura baik mungkin menunjukkan sikap yang sangat berbeda ketika ia tidak diawasi atau diperhatikan oleh orang lain. Jika kamu melihat mereka bersikap sangat berbeda di depan orang lain dibandingkan saat hanya bersama kamu, itu bisa menjadi petunjuk bahwa kebaikannya terhadapmu selama ini tidak benar-benar tulus. 

Tidak Tulus Saat Membantumu

Seseorang yang benar-benar baik akan memberikan bantuan tanpa mengharapkan imbalan atau tanpa pamrih. Namun, orang yang pura-pura baik justru mengharapkan sesuatu sebagai balasan atas bantuan yang ia berikan. Orang ini cenderung memberikan bantuan dengan syarat tertentu. Atau, secara terus-menerus ia mengingatkanmu akan bantuan yang telah dirinya berikan. Ia juga membicarakan hal ini ke semua orang dan berulang-ulang. 

Mengenali orang yang hanya pura-pura baik padamu memerlukan kepekaan dan kehati-hatian. Dengan memahami ciri-ciri di atas, diharapkan kita bisa lebih peka dan waspada dari orang-orang yang tak tulus. Penting utnuk diingat, bahwa hubungan yang sehat dan tulus dibangun atas dasar kejujuran dan saling menghormati satu sama lain. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading