Sukses

Lifestyle

8 Tanda Hatimu Tenang dan Diam-Diam sangat Bahagia Selama Ini

Fimela.com, Jakarta Ketika bicara tentang kebahagiaan, kita pasti akan berpikir apa saja yang perlu kita lakukan agar merasakannya. Banyak orang berpikir bahwa memiliki banyak harta adalah kunci bahagia, ada juga yang menganggap populer adalah intinya, atau bahkan punya pasangan yang serba bisa memanjakannya.

Tapi terkadang orang bisa merasa bahagia cukup dengan hidup sederhana, karena pada dasarnya kebahagiaan harus ditumbuhkan dari dalam diri. Ini sekian tanda jika hatimu tenang dan diam-diam sangat bahagia tanpa kamu menyadarinya.

1. Tidak mudah terpancing emosi

Orang-orang bahagia biasanya memiliki kendali emosi yang baik. Ia bersikap tenang, tidak tergesa-gesa, tidak meledak-ledak maupun tidak mudah tersulut emosi ketika sesuatu terjadi di luar ekspektasi. Ia mampu menalar segala sesuatu dengan logika sekaligus pengertian yang toleran sehingga tidak mudah terpancing oleh situasi atau komentar negatif dari orang lain.

2. Kamu tak mengatakan dirimu bahagia

Orang bahagia biasanya tidak koar-koar bahwa dirinya bahagia. Orang lainlah yang bisa melihatnya. Seringkali orang yang tidak bahagia mencoba mensugesti dirinya sendiri bahwa ia sedang bahagia apa pun yang terjadi, padahal ia hanya sedang membohongi diri sendiri dan tidak menghadapi perasaannya dengan jujur. Sebaliknya, orang bahagia akan tampak dari wajahnya yang segar, berseri dan penuh senyuman dari hati.

3. Kamu menjaga keseimbangan hidup

Ketika seseorang sulit menciptakan keseimbangan hidup yang teratur, seringkali ia tidak dalam kondisi mental yang baik. Ia merasa hidupnya hambar, pola tidurnya kacau, jam makannya tidak teratur atau bahkan mengalami penurunan produktivitas kerja sehingga ia tak bisa merasakan kepastian. Orang yang bahagia umumnya dapat mengatur waktu dengan baik sehingga tidak merasa terbebani oleh hal-hal di luar kendalinya.

4. Mudah kembali normal setelah mengalami musibah

Hidup selalu menghadapkan kita pada lika-liku. Ada kalanya hidup berjalan lancar dan menyenangkan, ada kalanya bermasalah dan menghadapi musibah. Orang yang bahagia akan mudah kembali menjadi dirinya sendiri dan menyeimbangkan kondisi mental dan emosionalnya setelah mengalami musibah. Sebaliknya, orang yang tak bahagia akan sulit kembali menjadi dirinya lagi meski masalah itu sudah usai.

5. Bisa merayakan keberhasilan orang lain

Tidak mudah bersikap senang secara tulus ketika melihat orang lain berhasil,banyak orang hanya berpura-pura bahagia dengan senyumnya yang mengembang ketika mengucap "selamat". Tapi orang yang benar-benar bahagia menunjukkannya bahwa ia puas dengan hidupnya sehingga tak perlu merasa iri dengan kehidupan orang lain. Ia tahu cara menghargai mensyukuri kehidupannya sehingga tak merasa tersaingi dengan keberhasilan orang lain.

6. Punya banyak keinginan untuk dilakukan

Orang-orang bahagia selalu punya banyak keinginan dalam hidupnya. Berbeda dengan orang yang depresi, biasanya lebih pesimis dalam melihat kehidupan.Orang yang bahagia akan lebih pandai memotivasi dirinya untuk melakukan segala sesuatu yang membuatnya penasaran. Ia terbuka terhadap segala tantangan dan ingin tahu banyak hal, seakan 24 jam tak pernah cukup untuk memenuhi semangatnya hidup.

7. Nyaman saat sendirian

Kehidupan menjadi sangat berbeda saat sendirian, ada orang-orang yang merasa kesepian dan ada juga orang-orang yang justru merasa nyaman ketika sendirian. Orang jenis kedua adalah yang bahagia karena ia tidak bergantung pada orang lain untuk menemukan kebahagiaan. Baik ekstrovert maupun introvert akan tetap nyaman menjalani apa pun sendirian, selama itu membuatnya senang, maka ia tak akan merasa kesepian.

8. Tidak terbiasa bersikap buruk

Kebahagiaan juga bisa terlihat dari cara seseorang bersikap atau berlaku setiap harinya. Apa pun yang ia lakukan selalu positif, entah caranya bicara kepada orang lain, caranya berterima kasih kepada orang yang membantunya, atau sekadar senyuman ramah ketika bertemu orang yang dikenal bahkan tak dikenal. Ia menunjukkan bahwa ia memiliki aura dan energi positif sehingga tidak terbiasa bersikap buruk atau negatif terhadap orang lain. Ia juga tidak mudah menghakimi orang lain secara kasar karena merasa dirinya yang paling benar karena ia memiliki kondisi mental dan psikologis yang tenang dan damai.

Itu dia sekian tanda jika kamu diam-diam merasa bahagia tanpa banyak kata. Cek berapa banyak tanda-tanda yang kamu temukan pada dirimu. 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading