Sukses

Lifestyle

4 Tips Biar Terhindar dari Orang-orang yang Suka Ghibah, Yuk Jadi Pribadi yang Lebih Positif

Fimela.com, Jakarta Dikelilingi oleh orang-orang yang suka ghibah memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Bila nggak bisa menahan diri dengan baik, bisa-bisa kamu juga akan terseret dalam kebiasaan negatif tersebut. 

Ya, ghibah atau menggosip merupakan aktivitas berbicara tentang orang lain tanpa sepengetahuannya. Adapun hal-hal yang dibicarakan ini cenderung negatif dan menjelek-jelekkan orang tersebut. Tentu, melakukan hal seperti ini sama saja dengan melakukan dosa yang besar. Apalagi karena agama manapun pasti melarang untuk berbuat sesuatu yang jahat dan sifatnya bisa merugikan orang lain.

Meskipun begitu, terkadang rasanya sulit banget untuk menghindari orang-orang yang suka ghibah ini. Mereka bisa ada di mana saja dan muncul kapan saja. Nah, buat kamu yang merasakan permasalahan serupa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga diri agar nggak terlibat dalam kebiasaan yang kurang sehat ini. Apa saja, ya?

1. Tetapkan Batasan dan Tegas

Membuat batasan yang jelas dengan orang-orang di sekitar kamu dapat menjadi tips pertama agar bisa terhindar dari kebiasaan buruk ini. Jika ada yang mulai mengajak ghibah, jangan ragu untuk mengungkapkan rasa ketidaknyamananmu. Ini bisa dilakukan dengan mengatakan, "Aku lebih suka nggak membicarakan orang lain seperti itu," atau "Mari kita bicara tentang hal lain yang lebih positif." Kuncinya ada di ketegasan. Bila hal ini dimiliki, maka pesan bahwa kamu nggak tertarik untuk terlibat dalam pembicaraan negatif tersebut akan bisa tersampaikan kepada mereka.

2. Ubah Topik Pembicaraan

Jika berada dalam situasi di mana orang-orang mulai ghibah, cobalah untuk mengubah topik pembicaraan ke arah yang lebih positif atau netral. Kamu bisa memulai dengan menanyakan tentang hobi mereka, buku yang baru mereka baca, atau acara terbaru yang mereka tonton. Dengan mengalihkan pembicaraan, kamu bisa menghindari ghibah dan tetap menjaga suasana percakapan lebih menyenangkan.

3. Jauhi Lingkungan yang Sering Ghibah

Menjauhi lingkungan tertentu yang sering menjadi tempat ghibah juga dapat menjadi cara ampuh selanjutnya agar terhindar dari aktivitas buruk ini. Misalnya, jika teman-teman di kantor sering bergosip saat makan siang, kamu bisa memilih untuk makan siang di tempat yang berbeda atau bergabung dengan kelompok lain yang lebih positif. Lingkungan yang sehat dan mendukung tentunya akan membantumu untuk tetap fokus pada hal-hal yang lebih konstruktif.

4. Jaga Pikiran dan Fokus pada Diri Sendiri

Ingatkan diri sendiri bahwa setiap orang memiliki kelemahan dan masalah masing-masing. Daripada fokus pada keburukan orang lain, lebih baik fokus pada diri kamu dan bagaimana caranya agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Latihlah pikiran positif dan empati. Dengan begitu, kamu akan lebih cenderung menghindari ghibah dan lebih fokus pada pengembangan diri.

Selain itu, cari pula aktivitas positif yang bisa mencegah diri dari hal-hal yang berbau gosip dan sejenisnya. Untuk satu ini, kamu dapat meluangkan waktu sejenak untuk bereksplorasi ke tempat-tempat menyenangkan yang edukatif dan berguna. Sebagai contoh, pergilah ke museum atau galeri seni terdekat. Mengeksplorasi tempat-tempat tersebut nyatanya akan membawakan ragam manfaat positif buat tubuh dan pikiranmu. Biar makin mudah, kamu bisa banget memesan tiketnya di platform traveling kesayanganmu.

Well, menghindari orang-orang yang suka ghibah memang nggak selamanya mudah.  Akan tetapi, sejumlah tips yang ada di atas dapat kamu coba agar nggak terlibat dari aktivitas ghibah dan menggosip. Ingatlah bahwa menjaga integritas dan sikap positif akan memberikan dampak yang lebih baik bagi diri kamu dan lingkungan sekitar. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading