Sukses

Lifestyle

7 Tanda Kamu Membiarkan Orang Lain Memperdaya dan Memanfaatkanmu

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu bersikap baik, terkadang ada beberapa respon yang bisa ditunjukkan orang lain terhadapmu, yaitu menghargai dan berterima kasih ata kebaikan hatimu, atau justru berniat memanfaatkan kebaikan hatimu. Jenis yang kedua seringkali tampak baik di awal tapi sebenarnya sangat manipulatif dan berniat jahat padamu.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa bersikap baik padamu hanya karena kamu baik pada mereka. Ada kalanya kamu akan bertemu dengan orang-orang yang manipulatif dan mendekat hanya untuk memanfaatkanmu. Begini tanda-tanda jika seseorang mendekat atau berteman padamu hanya untuk memanfaatkanmu, dan kamu membiarkan mereka memperlakukanmu dengan buruk.

1. Sering berada di situasi tak nyaman

Kamu sering sekali menemukan dirimu berada dalam situasi yang tak nyaman untuk dirimu sendiri, entah merasa tertekan, terpaksa, tertindas, terabaikan atau bahkan dirugikan. Jika kamu membiarkan orang melanggar batasan yang kamu tetapkan, maka mereka akan terus merasa dirimu bisa melakukan itu lagi di kemudian hari sehingga tak merasa tindakan mereka salah. Inilah tanda kamu membiarkan orang lain memperlakukanmu buruk.

2. Sering mendahulukan kepentingan orang lain

Orang-orang sepertinya mudah mengatakan apa yang ia inginkan dan butuhkan. Tapi kamu justru merasa kesulitan memenuhi kebutuhanmu sendiri karena terlalu sering mendahulukan kepentingan orang lain. Kamu tak ingin mengecewakan mereka, dan tak ingin menyakiti hati atau mungkin ingin melihat mereka bisa berterima kasih padamu. Tapi yang kamu dapat justru permintaan dan perintah berulang tanpa tahu terima kasih.

3. Kesulitan mengungkapkan perasaan

Jika tak suka atau tak ingin melakukan sesuatu karena bersebrangan dengan nilai moral dan prinsipmu, sebaiknya katakan tidak atau tolak dengan tegas. Kesulitan mengekspresikan perasaan, kebutuhan, dan keinginan seringkali menjadi tanda bahwa kamu akan dengan mudah dimanfaatkan dan diperlakukan buruk oleh orang lain karena kamu lemah dalam mempertahankan diri. Kamu hanya akan merasa kesal di dalam hati, tetapi sulit mengekspresikan diri, itu hanya memperparah masalah.

4. Tidak merasa dihargai

Seberapa banyak kebaikan dan pertolongan yang kamu berikan, akan dengan mudah diabaikan dan tidak dianggap oleh mereka yang tidak menghargaimu. Jadi sebaiknya keluarlah dari lingkup pertemanan itu. Seringkali alasan mereka tak menghargaimu adalah, dirimu tak bisa menghargai diri sendiri. Kamu selalu membiarkan orang memotong pembicaraanmu, mendahuluimu, atau memberikan sesuatu kepada orang lain karena mereka meminta padahal kamu juga butuh.

5. Orang hanya datang karena butuh bantuan

Percayalah, tanda jika kamu membiarkan orang lain memanfaatkanmu adalah ketika kamu "tak pernah terlihat" oleh mereka selama ini, namun tiba-tiba mereka datang untuk meminta bantuanmu ketika dihdapkan situasi mendesak. Orang-orang ini akan dengan seenaknya pergi dan tidak bisa dihubungi ketika kamu yang gantian butuh bantuan. Kamu membantunya saat butuh uang, butuh pekerjaan atau yang lainnya, tapi tak pernah datang membantu.

6. Kamu berpikir mereka akan berubah

Hentikan anggapan dan pikiran bahwa mereka akan berubah sikap dan perilaku seiring berjalannya waktu ketika kamu bersikap baik padanya. Jangan pernah berpikir "kamu bisa mengubah sifat mereka" dan berekspektasi bahwa mereka pasti berubah setelah ini dan itu. Faktanya, tak akan ada perubahan dan kamu hanya akan menelan kekecewaan. Orang tak akan berubah jika tak ada keinginan tulus dari hati, apalagi mereka tak akan berubah hanya karena kamu ingin mereka berubah.

7. Sering menyalahkan diri sendiri

Tanda lain jika kamu membiarkan orang lain memanfaatkanmu atau memperlakukanmu dengan buruk adalah ketika kamu terlalu sering menyalahkan diri sendiri atas keburukan yang terjadi. Kamu juga menerima saja ketika disalahkan orang lain, kamu tidak mengelak atau menyangkal. Justru mudah menormalisasi tindakan mereka. Toleransi boleh saja, tapi tidak dengan menuduh tanpa bukti, apalagi itu bisa merugikan dirimu sendiri.

Itu dia beberapa tanda bahwa kamu membiarkan orang lain memperlakukanmu dengan buruk.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading