Sukses

Lifestyle

4 Dampak Buruk dari Kesepian, Yakin Masih Mau Sendirian?

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak sih kamu mengalami kesepian di tengah-tengah menjalani kehidupan? Kesepian sendiri sebenarnya bisa terjadi pada siapapun, tanpa pandang usia maupun gender. Nah, biasanya, hal seperti ini dapat muncul akibat kecenderungan seseorang yang suka menyendiri dan nggak mau bergaul atau bersosialisasi dengan orang lain. 

Akan tetapi, tahukah dirimu kalau kesepian sendiri bisa membawakan dampak yang buruk, lho. Mulai dari mengganggu kesehatan tubuh hingga mengurangi kebahagian dalam hidup. Inilah mengapa, penting untuk nggak menarik diri dari kehidupan sosial. Apalagi karena manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yang membutuhkan bantuan serta peran dari orang lain. 

Buat kamu yang penasaran apa saja dampak buruk dari kesepian, yuk baca dulu informasi berikut ini.

1. Menurunkan Fungsi Otak

Siapa sangka jika kesepian bisa berdampak pada penurunan fungsi otak. Yup, menurut penelitian, kesepian yang dibiarkan berlarut-larut akan bisa menyebabkan gangguan kognitif, salah satunya adalah demensia. Jika ini sampai terjadi, bisa-bisa kamu akan kesulitan untuk mengingat dan berkonsentrasi. 

2. Melemahnya Daya Tahan Tubuh

Nggak hanya menyerang fungsi otak saja, nyatanya kesepian pun juga dapat melemahkan daya tahan tubuh. Sebab, di saat merasa kesepian, kamu mungkin akan lebih mengabaikan pola hidup sehat. Misalnya saja, kamu jadi sering makan yang nggak sehat, lebih suka begadang, hingga terlalu banyak overthinking terhadap segala sesuatu. Jika diteruskan, mungkin imunitas tubuh kamu akan semakin melemah dan jadi lebih gampang terserang masalah kesehatan.

3. Mudah Stres dan Depresi

Bukan rahasia lagi kalau kesepian bisa menyebabkan stres hingga depresi. Ketika merasa kesepian, kamu pun pasti akan merasa kurang semangat dalam melakukan sesuatu. Entah itu di dalam pekerjaan, sekolah, atau bahkan aktivitas sehari-hari di rumah. 

Hal ini tentunya dianggap sangat berbahaya. Sebab, jika sudah di tahap seperti ini, seseorang mungkin saja bisa menjadi gelap mata dan melakukan hal-hal negatif yang nggak pernah dibayangkan sebelumnya. Inilah mengapa, penting untuk bersosialisasi dengan orang lain di sekitar. Tapi, ingat juga untuk tetap selektif, ya.  

4. Kurang Bahagia

Stress hingga depresi yang diakibatkan oleh kesepian ini tentu saja bisa berdampak pada kualitas kebahagian. Bayangkan saja bila kamu nggak memiliki satu orang dekat pun di sisimu, rasanya pasti sedih dan berat banget. Mau cerita tentang banyak hal jadi sesuatu yang sulit. Apalagi dengan sekedar membagi beban hidup yang dimiliki, bakal lebih sulit lagi. Jika sudah seperti itu, kehidupan pun akan menjadi sukar untuk dihadapi. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali menyepelekan kesepian yang kamu rasakan, ya.

Well, itu dia sejumlah dampak buruk dari kesepian. Jika sudah mengetahui hal tersebut, cobalah untuk mulai bersosialisasi dengan sesama mulai dari sekarang. Apabila dirasa berat untuk melakukannya di real life, kamu bisa banget mencoba bergaul dengan orang lain lewat aplikasi sosial yang kini sudah hadir sebagai solusi dari kesepianmu.

Lebih menarik lagi karena kamu bisa menemukan banyak orang dari seluruh penjuru dunia secara online di platform online ini. Kamu pun juga dapat memulai video percakapan secara langsung dengan orang-orang tersebut. Keren banget bukan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading