Sukses

Lifestyle

7 Tanda Harga Dirimu Diremehkan dan Diinjak-Injak Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Sebaiknya jangan terlalu bangga jika ada orang yang menganggapmu adalah "orang yang terlalu baik". Justru perlu waspada, karena siapa tahu sikap baikmu justru menjadi boomerang yang bisa merugikanmu, salah satunya adalah membuatmu menjadi lebih mudah diinjak-injak harga dirinya oleh orang lain. Setiap orang pasti mampu menoleransi sikap buruk orang lain dalam taraf tertentu, tapi sebaiknya tidak untuk menginjak-injak harga diri. Karena setiap orang pantas dihargai dan dihormati sesuai dengan haknya sebagai manusia secara umum.

Beberapa orang mungkin tidak peka atau kurang sadar tentang sikap buruk orang lain. Tapi ternyata ini tanda-tandanya jika harga dirimu sedang diinjak-injak oleh orang lain.

1. Mengiyakan segala permintaan

Satu hal yang sering membuat orang lain mudah menginjak harga dirimu adalah ketika kamu mengiyakan segala permintaan yang bahkan tidak kamu sukai. Dengan niatan untuk bersikap baik, sopan atau tidak menyakiti hati orang lain, kamu justru mengabaikan batasanmu sendiri untuk menolak hal-hal yang tidak sesuai kehendakmu. Pada akhirnya, orang akan berpikir kamu "mudah" diperdaya.

2. Diam saja ketika diperlakukan buruk

Orang akan mudah menginjak-injak harga dirimu ketika kamu membiarkan mereka memperlakukanmu dengan buruk. Mereka akan terus mempermalukanmu, membuatmu ketakutan atau gelisah setiap kali bertemu karena sikap buruk mereka tidak dilawan dan diberi ketegasan. Penting untuk bersikap berani dan mempertahakankan hakmu ntuk dihargai. Bersikap baik itu harus, tapi bersikap tegas juga perlu.

3. Sering didahului karena bersikap pasif

Penurut untuk hal-hal yang baik tentu akan berdampak positif, tapi sebaiknya jangan membiarkan orang lain mengendalikan kehidupanmu, apalagi bersikap baik untuk mereka yang tak bisa menghargai kebaikanmu. Dan salah satu sikap yang perlu dikurangi adalah pasif, karena orang akan mendahuluimu tanpa merasa bersalah. Sedangkan kamu bisa saja bersikap lunak untuk hal-hal yang bisa merugikan dirimu sendiri.

4. Tidak didengar saat bicara

Tanda pasti jika seseorang tidak menghargai dan menginjak harga dirimu adalah ketika tidak memerhatikan ketika kamu berbicara, menyelamu saat mengatakan sesuatu atau bahkan mengabaikan apa pun yang sedang kamu ceritakan. Mereka akan sibuk dengan kegiatannya karena merasa kamu "tidak penting-penting" amat untuk diperhatikan dan digubris.

5. Orang tidak tertarik pada hidupmu

Kehidupanmu sama pentingnya dengan kehidupan orang lain, tapi jika lingkup pertemananmu justru tak pernah memperhatikanmu, tida pernah bertanya tentang apa yang telah kamu lalui, apa yang bisa dibantu atau bahkan tidak tertarik sama sekali dengan hidupmu, sebaiknya hentikan pertemanan dengan mereka atau cari teman-teman lain. Orang-orang seperti ini seringkali merasa hidupnya paling penting dan mengabaikan kepentingan orang lain.

6. Selalu merasa bersalah meski tak salah

Perasaan bersalah bisa muncul jika kamu memang melakukan kesalahan. Namun jika mudah merasa bersalah padahal tidak pernah melakukan kesalahan, atau hanya melakukan kesalahan kecil, bisa jadi kebaikanmu sedang dimanfaatkan oleh mereka dan harga dirimu dianggap remeh. Berusahalah menjadi pribadi yang baik tapi tidak lemah dalam menilai keadilan.

7. Merasa lelah fisik dan mental

Seharusnya berkumpul dengan teman-teman akan membuatmu merasa tenang, senang, segar, bahagia dan menciptakan kenangan yang indah. Tapi jika sebaliknya, pasti ada hal yang tidak beres sehingga membuatmu merasakan hal tersebut. Orang yang sering diremehkan atau diijak harga dirinya akan cenderung mudah merasa lelah fisik dan mental ketika bertemu orang-orang yang tidak disukai atau tidak membuanya nyaman. Namun karena "terlalu baik", ia membiarkan saja hal itu terjadi.

Jadi jika sudah melihat tanda-tanda di atas, sebaiknya cari jalan keluar untuk membatasi interaksi atau sikapi dengan tegas dan buat Batasan. Tunjukkan alasan mengapa kamu tak lagi bisa menoleransi sikap tidak menghargai dari mereka.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading