Sukses

Lifestyle

7 Sikap yang Tepat Menghadapi Orang yang Tidak Menghargaimu

Fimela.com, Jakarta Bisa menghargai seringkali menjadi tolok ukur seberapa baik seseorang menunjukkan sikap terhadap orang lain. Tidak semua orang bisa menghargai orang lain dengan baik, bahkan setelah diperlakukan baik. Banyak orang justru meremehkan sikap baik orang lain dengan menunjukkan sikap acuh tak acuh dan seenaknya sendiri.

Tentu tak menyenangkan jika bertemu dengan orang yang tak bisa menghargaimu, namun ada kalanya kita bertemu tipe manusia seperti ini meskipun tak ingin. Lalu bagaimana cara menyikapi sikap buruk orang yang tak bisa menghargaimu? Beberapa cara berikut ini mungkin bisa dicoba.

1. Cuekin saja

Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah bersikap cuek. Terkadang sikap buruk hanya perlu diabaikan dan tak perlu digubris karena hanya akan menguras energi secara percuma dan memicu tumbuhnya perasaan negatif di hati. Ketika menganggap hal itu tidak ada, tidak akan ada efek negatif kepada diri sendiri. Apalagi untuk orang-orang yang mudah terpancing emosi, lebih baik menahan diri untuk tidak merespon sikap tidak menghargai dari orang lain.

2. Hindari terpancing emosi

Tentu ada rasa ketersinggungan ketika seseorang meremehkan dirimu dalam kadar tertentu, tapi akan selalu ada pilihan untuk merespon sesuatu yang bisa kamu kendalikan dari dalam diri, salah satunya adalah belajar sabar agar tak terpancing emosi. Karena seringkali orang yang kehilangan kesabaran dan marah-marah karena tindakan orang lain, hanya akan menurunkan citra baik dirinya sendiri. Jadi jika ingin bersikap elegan, hindari terpancing emosi.

3. Tetapkan batasan yang tegas

Dengan diam, sabar dan cuek, bukan berarti kamu takut menghadapi sikap kasar orang lain terhadapmu. Mau bagaimana pun, kamu tetap harus menetapkan batasan yang tegas, seberapa toleran kamu terhadap perilaku buruk mereka. Jika sudah masuk taraf yang sangat mengganggu dan disengaja secara berulang, tentu cara terbaiknya adalah mengomunikasikan permasalahan ini dengan orang yang tersebut, bicarakan pelan-pelan apa mungkin kamu pernah melakukan kesalahan.

4. Tanya apa masalah mereka

Pasti ada alasan mengapa seseorang tidak menghargai atau suka meremehkan orang lain, salah satunya adalah rasa insecure pada dirinya sendiri. Jika merasa terganggu dengan sikap buruk mereka, tanya secara langsung apa masalahnya. Seringkali orang yang suka meremehkan atau tidak menghargai orang lain akan takut sendiri ketika dikonfrontasi atau ditanya langsung secara tegas apa alasan mereka bersikap buruk, karena sebenarnya masalahnya adalah diri mereka sendiri.

5. Jaga jarak dari mereka

Daripada tersulit emosi dan kehabisan energi secara sia-sia karena kepikiran sikap buruk mereka, lebih baik lakukan tindakan pencegahan dengan menjaga jarak. Jauhkan diri dari mereka, tak perlu terlalu sering bertemu atau batasi bersinggungan urusan dengan mereka, karena pada dasarnya orang-orang ini membawa energi negatif, sehingga tidak cocok dengan dirimu yang mungkin sedang berusaha positif. Apa pun yang tidak sefrekuensi pasti tak akan cocok disandingkan.

6. Jaga rasa percaya diri

Selama dipelakukan buruk oleh orang lain, mau itu tidak dihargai atau diremehkan, satu hal yang perlu diingat dan dijaga dengan kuat adalah rasa percaya diri. Orang seringkali merasa down atau minder hanya karena perlakuan buruk orang lain padahal dia adalah orang yang baik dan positif. Ketahui nilai dirimu dan hargai diri sendiri lebih dulu. Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan rasa percaya diri tanpa tergoyahkan oleh sikap buruk orang lain terhadapmu.

7. Fokus pada orang yang menghargaimu

Daripada membuang waktu merespon orang yang tak menghargaimu, sebaiknya gunakan waktu untuk fokus pada orang-orang yang bisa menghargaimu. Sayangi orang-orang yang menghargai dan memperlakukanmu dengan rasa sayang. Itu sudah cukup. Waktumu terlalu berharga untuk dihabiskan bersama orang-orang yang salah dan tidak tepat, apalagi menularkan energi negatif.

Itu dia sekian cara sikap yang bisa dilakukan jika harus menghadapi orang-orang yang tidak menghargaimu.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading