Sukses

Lifestyle

7 Sikap Tegas yang Harus Dimiliki agar Tidak Diremehkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Berhadapan dengan banyak orang tentu membuat kita banyak belajar, tentang kepribadian dan sifat yang berbeda-beda, atau cara menghadapi perbedaan tersebut. Seringkali sikap seseorang tidak cocok dengan kita, dan itu wajar adanya apalagi dalam menunjukkan isi hati dan pikiran. Tapi terkadang ada situasi di mana seseorang akan meremehkan orang lain karena suatu perbedaan. Tentu tak menyenangkan menghadapi orang-orang seperti ini, apalagi mau bersikap baik tapi justru tak dihargai.

Akan ada situasi-situasi tertentu di mana kamu harus bersikap tegas agar tidak diremehkan, karena menunjukkan sikap dan pendirian juga membantu membuatmu lebih dihargai oleh orang lain. Ini dia sekian momen ketika kamu harus bersikap tegas dalam beberapa hal agar tidak diremehkan.

1. Membuat batasan yang jelas

Dalam semua hubungan, baik pertemanan, rekan kerja, keluarga atau percintaan, penting membuat batasan yang jelas. Menetapkan batasan bukan tentang membatasi sikap orang lain, tetapi menghargai diri sendiri. Batasan ini akan membantu mendefinisikan apa yang bisa kamu toleransi dan apa yang tidak. Bagaimana kita mengizinkan orang lain memperlakukan kita dan bagaimana kita akan memperlakukan mereka. Dalam situasi seperti ini, bersikap asertif atau tegas sangatlah penting.

2. Menolak menerima tanggung jawab tambahan

Dalam pekerjaan, kita tentu sudah tahu apa jobdesk kita dan itulah yang menjadi tanggung jawab utama untuk diselesaikan. Namun di dunia kerja yang penuh kesibukan, sering kali sulit mengatakan tidak ketika seseorang meminta bantuan atau menumpuk tugas tambahan. Apalagi jika kamu orang yang gampang khawatir akan mengecewakan orang lain atau cemas dianggap tidak suka membantu. Tapi menolak itu perlu, terutama jika tugasmu sudah banyak dan merasa kewalahan. Bersikap tegas dalam situasi ini berarti menghargai waktu dan energimu sendiri.

3. Menentang ketidakadilan

Menegakkan keadilan adalah suatu bentuk empati dan kepedulian kuat terhadap orang lain maupun diri sendiri. Ini adalah kenyataan yang tidak menyenangkan, namun kita semua pasti pernah melihat atau mengalami situasi di mana seseorang diperlakukan tidak adil, didiskriminasi, atau tidak diberi hak yang seharusnya. Pada saat inilah kamu perlu bersikap tegas, misalnya menegur orang yang tidak adil atau berani melawan ketidakadilan. Orang akan berpikir ulang jika ingin memperlakukanmu secara tidak adil di kemudian hari.

4. Menghindari orang-orang yang menyulitkan

Kita mungkin pernah bertemu dengan orang-orang yang menyulitkan, dan energi kita habis karena menghadapi sikap mereka yang tidak menyenangkan. Bersikap tegaslah untuk hal ini, ketika seseorang mencoba membuatmu merasa kesal, maka bersabar dahulu. Jika sikapnya sudah kelewat batas, ingatkan dengan jelas. Semisal ia masih saja melakuakn hal-hal menyebalkan, jangan bersikap terlalu baik padanya. Abaikan atau tinggalkan saja, tak perlu membuang waktu menghadapi orang seperti ini.

5. Tunjukkan kelebihanmu

Menunjukkan kelebihan, sikap baik, dan dewasa adalah cara yang baik untuk mencegah sikap meremehkan dari orang lain. Seringkali orang akan bersikap meremehkan karena kamu tampak lemah di depan mereka. Jika kamu menunjukkan kelebihanmu, memberikan kesan baik dan bahkan bersikap berkelas dalam segala situasi, maka sikap meremehkan itu akan perlahan terkikis. Buat orang lain menghargaimu karena kepribadianmu yang baik.

6. Minta maaf secukupnya

Sebisa mungkin jangan melakukan kesalahan agar tak perlu minta maaf, tapi jika kesalahan tak disengaja dan tak terhindarkan, secara terbuka dan dewasa meminta maaflah dengan baik. Tapi bukan berarti terus meminta maaf untuk hal-hal kecil, kemudian menjadi permisif karena terlalu merasa bersalah. Apa yang sudah terjadi, jadikan pelajaran. Tapi jangan memberi kesempatan orang lain untuk memanfaatkan rasa bersalahmu. Bersikap tegaslah agar kesalahanmu tak dijadikan senjata untuk menjatuhkanmu.

7. Melawan penindasan

Beberapa orang mengalami penindasan atau bullying karena mereka tidak berani melawan. Sejak awal, tunjukkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri sehingga orang lain tidak berani macam-macam mencari masalah denganmu. Fokus pada urusanmu, tidak perlu mengganggu siapa pun dan beri batasan yang jelas. Perlihatkan bahwa kamu tidak terpengaruh dengan sikap intimidatif dan buruk apa pun, karena kamu akan dengan tegas melawan dan metegur ketika orang lain bersikap buruk.

Itu dia beberapa sikap tegas yang harus dimiliki jika kamu tidak ingin diremehkan siapa pun.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading