Sukses

Lifestyle

7 Cara Menghadapi Orang yang Suka Merendahkan dan Meremehkanmu

Fimela.com, Jakarta Sikap merendahkan tentu tidak akan enak diterima oleh siapa pun. Dan siapa pun tidak ada yang pantas menerima perlakuan buruk seperti itu. Terkadang ada orang-orang yang tidak sengaja bersikap buruk kepada orang lain, sebagian lainnya dengan sengaja bersikap tak menyenangkan karena tujuannya memang untuk menjatuhkan.

Jika ada seseorang yang menunjukkan sikap merendahkan, ada banyak cara yang bisa ditunjukkan agar tak perlu ikutan bersikap buruk kepada orang lain. Ini dia cara menghadapi orang-orang yang suka merendahkan orang lain.

1. Sikapi dengan santai

Kunci utama menyikapi orang yang suka merendahkan orang lain adalah tetap tenang dan jangan tersulut emosi. Sikapi dengan santai karena jika ikutan marah, berarti kamu membiarkan orang yang merendahkanmu untuk "menang". Cuek saja, karena kamu sadar dirimu lebih baik dari penilaiannya yang sembarangan. Tak perlu merasa tersinggung dengan sindiran atau sikapnya yang merendahkan, karena kamu tidak termasuk ke dalamnya.

2. Kuatkan rasa percaya diri

Seseorang yang suka bersikap merendahkan orang lain sebenarnya memiliki rasa insecure yang kuat di dalam dirinya sehingga ia butuh menjatuhkan orang lain agar merasa lebih baik saat melihat dirinya sendiri. Padahal jika kamu bersikap percaya diri dan tidak ambil hati atas perlakuan buruknya, justru orang yang merendahkanmu akan merasa kesal sendiri karena konfrontasinya tidak berhasil dan tidak berlaku padamu.

3. Lawan dengan candaan

Jika orang yang sama masih saja datang untuk merendahkan atau menghinamu dengan segala cara, sebaiknya jangan diam saja. Lawan dengan candaan, karena kamu tak perlu menjadi buruk untuk melawan sikap buruk. Kamu perlu menetapkan mindset bahwa tidak harus bersikap kasar dan tidak sopan untuk "membalas dendam". Kamu bisa balik membercandai dirinya dengan melempar fakta, membalikkan ucapannya dan lain sebagainya sehingga ia berhenti menunjukkan sikap buruk.

4. Berikan batasan yang jelas

Kamu juga bisa menyikapi dengan ketegasan jika masih saja orang lain merendahkanmu. Jika sikap sopan santun dan candaan tidak mempan, tunjukkan bahwa kamu punya pendirian dan sikap tegas sehingga terlihat kuat. Orang akan tetap memperlakukan buruk jika kamu membiarkannya, karena mereka berpikir kamu lemah, mudah dihadapi dan tak punya keberanian untuk melawan. Jadi jangan membiarkan orang lain menginjak-injak harga dirimu, apalagi kamu tak pernah memperlakukan mereka buruk. Karena kamu tak pantas menerima perlakuan tersebut.

5. Jaga jarak dengan mereka

Sebisa mungkin tak perlu bertemu orang-orang ini jika hanya bikin kesal. Jaga jarak dengan mereka yang suka merendahkanmu, karena hanya akan membuang-buang waktu dan menguras tenaga karena emosi semata. Tak perlu memberi kesempatan sekalian untuk mereka menghinamu karena mereka tidak layak mendapatkan waktu dan energimu. Jika mereka tak bisa menghargai dan menghormatimu maka tak perlu memperlakukan mereka dengan rasa hormat dan pernghargaan.

6. Fokus pada kelebihan dan bakatmu

Sakit hati karena hinaan dan sikap merendahkan orang lain tidak akan mengubah apa pun jika kamu sendiri tak mengubah cara berpikirmu. Fokus saja pada kelebihan, keterampilan dan bakatmu yang menkajubkan, karena omongan mereka tidak dapat dibenarkan karena hanya opini, bukan kenyataan. Pada kenyataannya, kamu lebih dari itu dan kamu tahu betul nilai dirimu yang lebih baik dari pikiran buruk mereka. Jadi tak perlu didengar.

7. Miliki support system yang bagus

Ketika kamu miliki support system yang bagus, seperti teman-teman, pasangan dan keluarga yang baik, pengertian dan bisa menerimamu dengan ketulusan sebagai dirimu apa adanya, maka itulah yang perlu kamu pertahankan dan jadikan prioritas. Bukan kata-kata buruk merendahkan yang perlu jadi fokus pikiranmu. Justru dengan tidak membalas keburukan, kamu akan terlihat lebih berkelas dan elegan daripada mereka.

Itu dia beberapa cara menghadapi sikap buruk orang-orang yang suka merendahkan. Tak perlu diambil pusing, karena kamu lebih dari yang mereka pikirkan.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading