Sukses

Lifestyle

7 Tanda Orang yang Lapang Dada Menerima Keadaan dengan Ikhlas

Fimela.com, Jakarta Kehidupan dengan segala lika-likunya yang kita dapatkan seringkali mengajarkan banyak hal, termasuk lapang dada dalam menerima keadaan. Jika beberapa orang sering mengalami hal-hal buruk dalam hidupnya, rasanya penting belajar lapang dada agar tak perlu membenci kehidupan itu sendiri dan malah menciptakan energi negatif di dalam diri. Terkadang kita bisa bertemu dengan orang-orang lapang dada dari caranya bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Jika seseorang sudah bersikap lapang dada menerima keadaan seperti ini ciri-cirinya.

1. Menerima kenyataan dengan tenang

Orang yang lapang dada tidak berusaha melawan kenyataan, meskipun kenyataan itu pahit atau sulit diterima. Ia memahami bahwa hidup penuh dengan pasang surut dan bahwa tidak semua hal dalam hidup dapat berjalan sesuai keinginan. Penerimaan inilah yang menciptakan kedamaian di hati, karena ia tahu tak ada gunanya mendebat kenyataan. Ia hanya perlu melihat sisi baik dari pengalaman yang sudah berlalu.

2. Tidak menyimpan dendam

Kedamaian hati karena berlapang dada bisa tercipta jika seseorang tidak lagi menyimpan dendam kepada orang lain dan alam semesta atas takdir yang telah ia terima. Ia juga tak lagi menyimpan sakit hati dan keinginan untuk membalas kekesalan terhadap orang yang telah menyakitinya. Orang-orang seperti ini perlahan belajar memaafkan orang lain dan fokus menjalani hidupnya sendiri.

3. Bersyukur atas apa yang dimiliki

Tidak ada orang lapang dada yang tidak bisa bersyukur. Ketika sudah bisa menerima kenyataan dan berlapang dada dengan keadaan, ia pasti sudah memiliki kemampuan bersyukur yang baik, di atas level yang umum dimiliki orang lain. Tidak banyak lagi yang bisa ia keluhkan atas rezeki yang diberikan kepadanya. Ia sadar, apa yang dimiliki dan dinikmati, meskipun hal-hal kecil, tetap perlu disyukuri.

4. Mampu memaafkan diri sendiri

Orang yang lapang dada juga mampu memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang telah ia lakukan di masa lalu. Penyesalan terhadap masa lalu pasti ada, tapi ia tidak menahan itu berlarut-larut. Justru dari sebuah penyesalan, ia belajar untuk tak mengulangi hal yang sama. Ia belajar dari kesalahan dan memaafkan dirinya yang pernah salah. Ia juga tidak suka lagi membandingkan diri sendiri dengan kelebihan orang lain.

5. Selalu berpikiran positif

Bersikap lapang dada tidak akan mungkin tanpa pikiran positif. Itulah yang miliki seseorang yang lapang dada. Ia berusaha melihat sisi baik dari setiap situasi, bahkan jika kejadian buruk menimpanya. Ia fokus pada pikiran optimis dan percaya bahwa hal-hal baik akan datang di masa depan. Dari situlah ia lebih mudah mendapatkan kedamaian jiwa. Dia tidak fokus pada kelemahan atau kekurangan dirinya.

6. Tidak mudah marah atau kesal

Salah satu pertanda orang yang lapang dada adalah tidak mudah marah atau tersulut emosi. Ia mampu mengendalikan emosi dan tidak membiarkan keneatifan mengendalikan dirinya. Ia bertekad menjalani hidup dengan penuh ketenangan, dan ia bisa melepaskan emosi negatif dengan banyak hal, seperti menjalani hobi, curhat dengan teman atau tertawa melepaskan stres. Ia tidak terlalu khawatir tentang hal-hal di luar kendalinya.

7. Ringan tangan membantu orang lain

Jika seseorang sudah bisa berlapang dada dan berdamai dengan kehidupan, umumnya ia menjadi lebih mau membantu orang lain. Sikap ringan tangan dibutuhkan keikhlasan, jika seseorang merasa dunia tak adil padanya, tentu ia akan berusaha membuat hidup orang lain sesusah dirinya. Tapi jika sudah bisa berlapang dada, ia bersedia membantu orang lain yang membutuhkan tidak mengharapkan imbalan apa pun, karena memang baik hati saja.

Itu dia beberapa tanda yang bisa terlihat pada seseorang yang lapang dada. Jadi jika kamu memiliki semua tanda-tanda ini, kemungkinan besar kamu orang yang lapang dada dan mampu menerima keadaan dengan ikhlas.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading