Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Hidup dalam Kekangan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang sehat seharusnya memberikan dukungan, kasih sayang, dan kebebasan kepada kedua belah pihak. Namun, tidak jarang kita mendengar tentang hubungan yang justru menjadi sumber stres dan kekangan. Ketika pasanganmu mulai mengendalikan setiap aspek kehidupanmu, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu hidup dalam kekangan. Hidup dalam kekangan tentunya tak akan terasa menyenangkan. Ini meningkatkan risiko rusaknya hubungan di kemudian hari. Kalau pun kamu memaksa bertahan, kamu akan merasa sangat sakit dan rapuh sendirian. Seperti apa kiranya hidup dalam kekangan pasangan? 

Ada beberapa hal yang bisa menandakan jika kamu hidup dalam kekangan pasangan atau tidak. Adapun tanda tersebut antaranya sebagai berikut. 

 

 

Kontrol Berlebihan

Pasangan mungkin selalu ingin tahu di mana kamu berada, dengan siapa, dan apa yang kamu lakukan. Mereka mungkin sering memeriksa ponselmu atau melarang kamu bertemu dengan teman atau keluarga. Ketika hari-harimu terlalu dikontrol dan harus nurut semua kata pasangan, ini menandakan bahwa hidupmu berada dalam kekangannya. Hubungan yang sehat tetap memberi kesempatan buatmu untuk bahagia dengan caramu. Ini juga memberimu kebebasan untuk bertumbuh dan berkembang jadi pribadi yang lebih baik. 

 

Kurangnya Kebebasan Pribadi

Jika selama ini kamu merasa tidak memiliki ruang atau waktu untuk diri sendiri, tanya apakah hubunganmu sehat? Ketika setiap keputusan yang kamu buat harus melalui persetujuan pasangan, bisa jadi hidupmu berada di dalam kekangan pasangan.

 

Terlalu Dikendalikan

Pasangan yang mungkin menggunakan rasa bersalah atau ancaman untuk mengendalikanmu, bisa jadi kamu berada dalam kekangan pasangan. Besar kemungkinan pasangan mengatakan bahwa kamu tidak peduli atau tidak mencintainya jika kamu tidak mengikuti keinginannya. Pasangan yang mengekangmu, kerap memanipulasimu dalam hubungan yang kalian jalani. 

 

Merasa Terisolasi dari Sekitar

Kamu mungkin merasa terisolasi dari teman dan keluarga karena pasanganmu tidak menyukai mereka. Pasangan yang mengekangmu akan cenderung melarangmu berhubungan dengan orang-orang terdekatmu. Bagi pasangan, kamu harus selalu bersamanya dan jangan sampai dekat dengan siapapun. Bahkan jika itu keluarga dan sahabat-sahabatmu sebelumnya. Hubungan yang seperti ini jelas merupakan hubungan yang tak sehat. 

 

Menurunnya Rasa Percaya Diri

Kritik terus-menerus dan kurangnya dukungan dari pasangan, bisa membuatmu merasa tidak berharga dan tidak mampu membuat keputusan sendiri. Ketika kamu mengalami penurunan rasa percaya diri, besar kemungkinan kamu bersama orang yang salah. Bisa jadi kamu memiliki pasangan yang terlalu mengekangmu atau membuatmu berada di dalam hubungan tak sehat. 

 

Hidup dalam kekangan pasangan adalah situasi yang sulit dan menyakitkan. Mengenali tanda-tanda kekangan dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya, bisa menjadi langkah penting untuk mendapatkan kembali kebebasan dan kesejahteraanmu. Ingatlah bahwa hubungan yang sehat adalah hubungan yang memberikan dukungan, kasih sayang, dan kebebasan kepada kedua belah pihak. Jika kamu merasa terjebak dalam hubungan yang mengendalikan pun mengekang, jangan ragu untuk mencari bantuan atau mengambil tindakan untuk memperbaikinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading