Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Stres yang Menyebabkan Rambut Rontok, Terapkan Mulai dari Sekarang

Fimela.com, Jakarta Apakah stres menyebabkan rambut rontok? Tentu saja bisa. Rambut rontok sendiri bukan hanya bisa terjadi akibat perawatan yang kurang, melainkan juga dari gaya hidup sehari-hari, misalnya saja seperti stres yang berlebihan. Akan tetapi, kenapa rambut rontok banyak hanya karena stres dan apa saja cara mengatasi stres yang menyebabkan rambut rontok?

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa jenis kerontokan yang diakibatkan oleh stres. Pertama, ada telogen effluvium yang diakibatkan oleh stres yang tinggi. Kerontokan ini terjadi secara mendadak atau dalam waktu yang cepat. Kedua, ada alopecia areatat. Jenis kerontokan ini disebabkan oleh stres berlebihan, yang kemudian menyebabkan gangguan autoimun. Ketika imunitas tubuh terganggu, maka rambut akan menjadi rusak atau bahkan bisa menghambat pertumbuhan rambut yang baru.

Terakhir, ada trichotillomania. Berbeda dari yang lainnya, jenis kerontokan ini terjadi dengan disadari oleh penderitanya. Kerontokan seperti ini biasanya diakibatkan oleh orang-orang yang sengaja mencabut rambut mereka akibat mengalami stres yang berlebihan, depresi, hingga gangguan kecemasan yang nggak biasa. 

Nah, untuk ciri-ciri rambut rontok karena stres juga beragam. Mulai dari rambut yang mulai menipis di beberapa bagian kepala, munculnya kebotakan, volume rambut yang berkurang, hingga sisir yang dipenuhi oleh rambut. Jika sudah melihat ciri-ciri rambut rontok karena stres ini pada dirimu, sebaiknya segeralah mengatasinya agar nggak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan. Bagi yang masih bingung, kamu bisa memulainya dengan menerapkan ragam cara mengatasi stres yang menyebabkan rambut rontok. Apa saja, ya?

1. Ungkapkan Keluh Kesah kepada Orang Terdekat

Cara mengatasi stres yang menyebabkan rambut rontok nyatanya bisa kamu lakukan dengan mengungkapkan keluh kesah kepada orang terdekat. Kehidupan pada dasarnya memang penuh dengan hal-hal yang nggak terduga dan terkadang bisa bikin overthinking. Akan tetapi, jika kamu merasa berat dalam memikul beban tersebut, nggak ada salahnya untuk berbagi masalah itu dengan orang lain. 

Asal kamu tahu, alasan kenapa rambut rontok banyak adalah karena stres akibat dari kamu yang memendam terlalu banyak hal sendirian. Ketika semua hal tersebut sudah nggak lagi sanggup ditampung oleh pikiranmu, maka yang akan terkena dampaknya adalah nggak lain dan nggak bukan tubuh sendiri, termasuk pula rambut yang mengalami kerontokan. Jika sudah melihat ciri-ciri rambut rontok karena stres mulai terjadi padamu, mungkin itu pertanda bahwa kamu harus mengurangi beban pikiran sebanyak mungkin dan mulailah menikmati kehidupan dengan caramu sendiri. 

2. Olahraga Secara Rutin

Cara mengatasi stres yang menyebabkan rambut rontok selanjutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Bagi beberapa orang, olahraga merupakan salah satu aktivitas untuk melampiaskan rasa stres yang menumpuk. Tapi, apakah stres menyebabkan rambut rontok dan benarkah hal tersebut bisa diatasi dengan olahraga? Tentu saja bisa. 

Cara numbuhin rambut cepat dengan berolahraga pada dasarnya dapat membantu mengurangi beban pikiran dan sekaligus memperkuat imunitas tubuh, sehingga rambut rontok bisa perlahan-lahan diatasi. Ketika berolahraga, kadar endorfin yang merupakan hormon bahagia akan meningkat dan membuat kecemasan serta depresi semakin berkurang. Inilah mengapa, olahraga di saat sedang mengalami keterpurukan sangat direkomendasikan untuk dilakukan.

3. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Adapun cara mengatasi stres yang menyebabkan rambut rontok berikutnya yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Salah satu faktor kenapa rambut rontok banyak akibat stres sulit diatasi adalah karena kamu nggak memerhatikan apa yang dimakan sehari-hari. Ketahuilah bahwa makanan yang sehat dan memiliki gizi seimbang juga memiliki peran penting untuk mengurangi stres dan dampak negatif yang diberikan.

Lantas, apakah stres menyebabkan rambut rontok yang begitu parah dan apa dampak makanan sehat sebagai cara mengatasinya? Ya, tentu saja stres berat bisa berdampak pada parahnya kerontokan yang dialami. Semakin parah tingkat stres, maka semakin parah juga kerontokan rambut. Namun, nutrisi penting dalam makanan seperti multivitamin, mineral, zinc, hingga zat besi bisa banget diandalkan untuk mencegah kemungkinan terburuknya.

4. Lakukan Meditasi

Nggak kalah pentingnya, cara mengatasi stres yang menyebabkan rambut rontok berikut ini juga bisa kamu coba sendiri. Yup, hal tersebut adalah melakukan meditasi. Stres sebagai penyebab rambut rontok terkadang bisa datang dari pikiran diri sendiri. Nah, pikiran yang rumit dan kerap jadi beban itu bisa dihilangkan dengan melakukan meditasi secara rutin.

Percayalah, meditasi bisa menjadi penyembuh rasa stres, depresi, serta tekanan yang kerap kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila emosi-emosi negatif ini sembuh, pastinya rambut rontok pun juga akan ikut berkurang. Yuk, coba lakukan meditasi sebagai cara numbuhin rambut cepat dan mengatasi kerontokan yang nggak banget. 

5. Istirahat dengan Cukup

Apakah stres menyebabkan rambut rontok dan bisa diatasi dengan istirahat yang cukup? Bisa banget, karena istirahat dapat membuat imunitas tubuh meningkat dan mengurangi risiko masalah kesehatan pada dirimu. Asal kamu tahu bahwa stres yang menjadi penyebab rambut rontok juga bisa terjadi karena kurangnya waktu istirahat yang kamu miliki. Bahkan, seringnya begadang dan kualitas tidur yang nggak dijaga bukan hanya dapat mengganggu kesehatan rambut, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ketika kurang tidur, tubuh bisa menghasilkan kadar kortisol (hormon stres) yang menyebabkan kerontokan rambut. Inilah kenapa rambut rontok banyak bisa diatasi dengan mengimbangkan waktu tidur, pola makan yang benar, dan melakukan perawatan yang penting serta efektif.

6. Menjalani Hobi

Kenapa rambut rontok banyak? Bisa saja karena kamu menumpuk stres sampai ambang batas dan kurang menikmati hidup yang dimiliki. Selagi masih kuat dan punya waktu serta uang, nggak ada salahnya untuk menjalankan hobi yang disukai. Entah itu jalan-jalan, berbelanja barang kesukaan, atau makan makanan favorit sekalipun.

Akan tetapi, bila kamu nggak memiliki banyak uang sekalipun, masih ada hobi-hobi terjangkau lainnya yang bisa dilakukan. Misalnya saja dengan berolahraga, membaca buku, hingga menulis cerita. Menjalani hobi yang disukai ini nyatanya bisa jadi jawaban atas masalah stres yang kamu alami. Apabila level stres mulai berkurang, kerontokan rambut yang terjadi pun akan bisa teratasi.

Tips Mengatasi Rambut Rontok karena Stres

Mengatasi rambut rontok karena stres bisa banget dilakukan dengan berbagai cara yang mudah. Meski begitu, perlu diingat bahwa ragam cara mengatasi rambut rontok karena stres ini wajib dilakukan dengan benar dan penuh ketekunan. Lantas, apa saja cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh stres tersebut? Simak jawabannya berikut ini!

1. Ubah Pola Hidup yang Lebih Baik

Mengatasi rambut rontok karena stres akan bisa diwujudkan apabila kamu mengubah pola hidup yang lebih baik. Mengatur waktu tidur yang benar, membenahi pola makan, rajin berolahraga, hingga menghindari kebiasaan-kebiasaan yang nggak baik bisa menjadi cara agar rambut tidak rontok.

Cara mengatasi rambut rontok dengan mengubah kebiasaan sehari-hari ini memang nyatanya sulit banget dilaksanakan. Akan tetapi, bila kamu ingin rambut bisa tetap indah, berkilau, dan terbebas dari masalah kerontokan, maka hal ini mau nggak mau harus dijalankan. Sebagai tambahan informasi juga, cara numbuhin rambut cepat seperti ini pun bisa pula bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya, lho. Jadi, jangan malas untuk hidup lebih sehat dan baik.

2. Rutin Mencuci Rambut dengan Sampo yang Tepat

Jangan malas untuk mencuci rambut dengan rutin. Cara mengatasi rambut rontok karena stres satu ini bisa dilakukan dengan menggunakan shampo yang tepat dan menutrisi. Agar rambut tidak rontok dengan mudah, gunakanlah sampo yang berbahan alami dan memiliki formula yang lembut.

Sampo untuk rambut rontok yang seperti ini biasanya dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Tinggal kamu saja yang perlu lebih teliti untuk memperhatikan setiap kandungan di dalam produk yang tertera pada kemasannya. Selain itu, ingat pula untuk nggak keramas menggunakan sampo untuk rambut rontok dengan terlalu sering. Sebab, hal seperti ini justru dapat menyebabkan kulit kepala kering dan lebih rentan terkena ragam permasalahan.

3. Jaga Hidrasi Rambut dengan Memakai Kondisioner

Mengatasi rambut rontok karena stres juga bisa dilakukan dengan memberikannya hidrasi yang maksimal. Untuk urusan satu ini, kamu bisa memakai kondisioner dengan kemampuan melembapkan kulit kepala serta batang rambut. 

For your information, salah satu penyebab rambut rontok bisa terjadi adalah karena kurangnya hidrasi pada rambut dan kulit kepala. Permasalahan ini bisa semakin parah apabila diiringi dengan rasa stres berlebih yang nggak kunjung diatasi. Inilah mengapa, selain wajib mengatasi emosi negatif seperti rasa stres, kamu pun juga perlu melakukan perawatan yang efektif agar rambut tidak rontok terus-menerus.

4. Andalkan Vitamin Rambut yang Mampu Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut

Dalam mengatasi rambut rontok karena stres, maka pemakaian vitamin rambut jadi sesuatu yang sangat diperlukan. Selain karena stres, ternyata penyebab rambut rontok semakin parah juga bisa terjadi karena kamu malas memberi nutrisi pada rambut lewat rangkaian produk perawatan yang tepat. Setidaknya, kamu wajib memanfaatkan vitamin rambut untuk memelihara kesehatan dan keindahannya.

Nah, agar rambut tidak rontok dan patah dengan mudah, kamu bisa banget menggunakan produk ini sehabis keramas (kondisi rambut hampir kering) atau sebelum menggunakan alat-alat hair styling. Pemakaian vitamin rambut yang dilengkapi dengan heat protection akan sangat berguna untuk melindunginya dari efek samping alat-alat pemanas, seperti catokan, hair dryer, dan lainnya.

5. Gunakan Serum Rambut yang Mampu Mengurangi Berbagai Kerusakan  

Cara mengatasi rambut rontok akibat stres yang terakhir yaitu dengan mengandalkan serum. Penyebab rambut rontok seperti kurangnya nutrisi dapat diatasi dengan bantuan serum rambut yang tepat. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih produk serum berkualitas agar rambut tidak rontok dengan mudah.

Untuk memilih serum sebagai cara numbuhin rambut cepat, kamu bisa mencari produk berdasarkan jenis rambut yang dimiliki. Rambut kering, berminyak, normal atau rusak pastinya membutuhkan produk serum yang berbeda. Oleh karena itu, wajib untuk mengetahui jenis rambut kamu terlebih dahulu sebelum membeli produk serum yang diinginkan. 

Selain itu, pilih juga serum yang mengandung bahan-bahan alami dan nggak memiliki kandungan kimia berbahaya di dalamnya. Kamu bisa langsung membaca kandungan produk yang ada pada kemasan untuk bisa memastikan apakah serum tersebut aman digunakan atau nggak.

Well, itu dia sejumlah cara mengatasi stres yang mengakibatkan rambut rontok. Separah apapun kerontokan yang kamu alami, tetaplah berusaha untuk mengendalikan level stres dan lakukan beberapa tips perawatan rambut yang tepat seperti di atas. Jangan lupa pula untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis atau praktisi kecantikan rambut profesional bila kerontokan yang kamu alami sudah di luar batas normal. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading