Sukses

Lifestyle

Bentar Lagi Masuk Tahun Ajaran Baru Sekolah, Yuk Persiapkan Perlengkapan Pramuka Anak-Anak, Mom!

Fimela.com, Jakarta Anak-anak boleh menikmati libur sekolahnya, tetapi orang tua perlu mempersiapkan beragam kebutuhan anak sedini mungkin, agar tidak bingung saat masuk tahun ajaran baru nanti. Apalagi musim libur sekolah juga sisa beberapa hari saja, sehingga akan lebih baik jika segala kebutuhan sekolah anak mulai disiapkan.

Salah satunya yang tak boleh sampai luput disiapkan adalah perlengkapan pramuka. Seperti diketahui, gerakan pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari "Praja Muda Karana," yang memiliki arti "Orang Muda yang Suka Berkarya." 

Pramuka merupakan wadah proses pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter generasi bangsa. Gerakan pramuka memiliki beberapa tingkatan anggota, yaitu Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Adapun kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis dengan tujuan membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. 

Pramuka juga merupakan satu-satunya gerakan kepanduan yang ada di Indonesia, dan memiliki peran penting dalam pembinaan karakter generasi penerus bangsa serta memiliki jiwa kepemimpinan. Selain itu, pramuka juga memiliki peran dalam menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara. 

Nah, supaya anak-anak dapat mengikuti kegiatan pramuka dengan lancar di sekolah, persiapkan beberapa perlengkapan berikut ini, Mom!

Ring Kacu Pramuka

Perlengkapan pramuka yang pertama adalah ring kacu pramuka. Cincin atau ring ini digunakan sebagai bagian dari seragam pramuka. Ring kacu pramuka memiliki berbagai bentuk dan jenis, tergantung pada golongan anggota pramuka dan aturan yang berlaku. 

Pada umumnya, ring kacu Pramuka terbuat dari logam dan memiliki lambang tunas kelapa. Warna dasar ring kacu pramuka juga bervariasi sesuai dengan golongan usia anggota Pramuka. Misalnya, warna hijau untuk Siaga, merah untuk Penggalang, kuning untuk Penegak, dan cokelat untuk Pandega. 

Selain itu, ada juga jenis ring kacu pramuka lain yang terbuat dari rotan atau memiliki gambar tokoh kartun, binatang, lambang WOSM, atau lambang-lambang yang terkait dengan pramuka. Namun, tidak ada aturan khusus terkait pemakaian ring kacu pramuka.

Buku SKU Siaga

Buku SKU Siaga adalah buku syarat kecakapan umum yang wajib dimiliki oleh anggota pramuka golongan Siaga. SKU merupakan syarat kecakapan yang harus dipenuhi oleh setiap anggota Pramuka sebagai prasyarat untuk mendapatkan tanda kecakapan umum. 

Buku SKU Siaga berisi materi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat usia anggota pramuka golongan Siaga. Buku ini tidak hanya membantu dalam pengembangan keterampilan praktis, tetapi juga memupuk nilai-nilai kepramukaan yang mendasar. 

Dengan menggunakan buku SKU Pramuka Siaga secara bijak, anggota pramuka Siaga dapat tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab, kreatif, dan memiliki nilai-nilai kepramukaan yang baik.

Celana Pramuka PDL

Perlengkapan pramuka lainnya yang tak kalah penting untuk disiapkan adalah celana pramuka PDL. Sesuai namanya, celana ini merupakan bagian dari seragam pramuka dengan jenis PDL (Pakaian Dinas Lapangan). 

Celana PDL pramuka umumnya berwarna coklat tua dan panjang hingga garis pinggul. Celana ini dikenakan di luar celana dalam dan memiliki tanda pengenal gerakan pramuka sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Seragam pramuka, termasuk celana PDL, memiliki warna cokelat muda dan cokelat tua yang dipilih karena merupakan warna yang digunakan oleh para pejuang Indonesia pada masa perang kemerdekaan. Seragam pramuka berfungsi sebagai sarana pendidikan dan identitas bagi anggotanya untuk meningkatkan citra gerakan pramuka.

Itulah beberapa perlengkapan pramuka yang perlu disiapkan oleh orang tua buat anaknya, agar saat masuk sekolah nanti anak-anak tak bingung mencarikannya lagi dan siap mengikuti gerakan pramuka di sekolah secara optimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading