Sukses

Lifestyle

7 Tanda Akhirnya Seseorang Sembuh dari Rasa Sakit Masa Lalunya

Fimela.com, Jakarta Hidup terkadang berjalan tak sesuai harapan dan itu dapat menciptakan luka hati. Ada kalanya hidup memberi pengalaman menyakitkan yang membantu kita belajar bertumbuh. Meskipun pengalaman-pengalaman ini bisa sangat sulit dihadapi, terkadang hal itu juga bisa membantu kita memahami diri sendiri dan dunia di sekitar dengan lebih baik. Akan selalu ada orang-orang yang butuh waktu untuk sembuh dari rasa sakit masa lalu, karena proses hidup setiap orang dalam mengolah rasa pasti berjalan berbeda-beda.

Namun pada akhirnya, pilihan satu-satunya yang paling baik adalah membiarkan waktu menyembuhkan luka. Seseorang yang pulih dari rasa sakit masa lalu akan menunjukkan tanda-tanda seperti ini.

1. Memiliki Kedamaian Batin

Merasa tenang dan damai adalah salah satu tanda bahwa seseorang sudah sembuh dari luka hati masa lalu. Kedamaian dan ketenangan itu dapat terlihat baik dari dalam maupun luar diri. Ia tidak lagi dihantui oleh rasa sakit, amarah, atau ketakutan sehingga bisa berdamai. Orang yang berhasil merasakan hal ini juga menandakan bahwa ia mampu memaafkan apa pun yang telah berlalu, baik memaafkan orang-orang yang telah menyakitinya, maupun memaafkan diri sendiri. Memaafkan bukan berarti melupakan, tetapi membebaskan diri dari emosi negatif di hati.

2. Cara bicaranya menjadi lebih positif

Terkadang orang tak sadar bahwa dirinya sedang diliputi energi negatif, dan itu bisa tercermin dari caranya bicara. Orang-orang yang pada akhirnya bisa move on dari masa lalu yang menyakitkan biasanya akan mengubah pilihan kata-katanya saat berbicara menjadi lebih positif dan menyenangkan. Itu pertanda bahwa ia tidak lagi terjebak dalam kenangan masa lalu dan mampu menerimanya sebagai bagian dari cerita hidup yang memang sudah digariskan.

4. Lebih sering tersenyum dan tertawa

Orang yang sudah berdamai dengan masa lalu, biasanya jadi lebih sering tersenyum dan tertawa lepas. Ada raut wajah sumringah yang tergambar jelas. Wajahnya yang semula selalu murung dan ada kesan kesedihan yang mendalam menjadi lebih ceria dan berseri-seri. Ada rasa syukur atas apa yang telah ia jalani dalam hidup, dan ia tidak lagi terpaku pada hal-hal yang tidak dapat ia ubah. Fokusnya beralih pada hal-hal positif dalam hidup dan menghargai setiap momen.

5. Mulai peduli dan merawat diri

Orang yang sudah "lulus" dari trauma atau luka hati masa lalu akan mulai menunjukkan kemauan untuk merawat tubuh dan peduli terhadap diri sendiri. Ia jadi lebih rajin dandan, lebih bersemangat menyambut hari dan bahkan menjadwalkan lagi olahraga rutin yang pernah ia tinggalkan. Begitulah cara orang menghargai diri sendiri ketika sudah move on dalam hidup. Ia jadi memiliki rasa percaya diri dan mencintai diri sendiri apa adanya. Ia juga tidak tertarik membandingkan diri dengan orang lain karena jalan hidup memang tak pernah sama.

6. Tidur nyenyak di malam hari

Seringkali orang tak sadar bahwa pertanda bahwa dirinya sudah move on dari rasa sakit masa lalu adalah ketika dirinya bisa tidur nyenyak di malam hari. Tidak ada lagi keluhan susah tidur, menangis di malam-malam hari, atau insomnia sepanjang malam. Pikiran yang tenang akan berpengaruh terhadap pola tidur setiap malam. Jadi jika sudah bisa tidur nyenyak dan tenang di malam hari, berarti hatimu sudah damai dan tak lagi menyesali apa pun yang sudah berlalu.

7. Fokus Membuat Rencana Masa Depan

Sikap optimis akan terpancar jelas ketika seseorang sudah move on dari masa lalu. Ia tak lagi melihat ke belakang, namun mengarahkan mata ke masa depan. Ia fokus menetapkan tujuan dan impian bahkan memiliki target yang ingin dicapai. Ia tidak lagi terbelenggu oleh masa lalu dan siap menyambut hal-hal baru dalam hidup.

Itu dia beberapa tanda jika seseorang pada akhirnya, berdamai dan tenang melepaskan luka hati masa lalunya. Tentu Pengalaman-pengalaman ini dapat membantu kita membangun kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan kita untuk menghadapi tantangan di masa depan. Tapi segalanya tetap butuh proses.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading