Sukses

Lifestyle

3 Cara Mudah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Rumah untuk Kamu yang Memiliki Hewan Peliharaan

Fimela.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan di rumah bisa membawa kebahagiaan dan kesenangan tersendiri bagi setiap anggota keluarga. Sebuah riset dari Human-Animal Bond Research Institute. mengatakan bahwa mengadopsi hewan  peliharaan di rumah dapat berdampak positif terhadap kesehatan pemiliknya, seperti meningkatkan kesehatan mental maupun kesehatan personal. Tak mengherankan apabila dalam satu dekade terakhir adopsi hewan di Asia melesat, di mana 60% penduduk di benua ini mempunyai setidaknya seekor hewan peliharaan di rumah mereka

Namun, saat mengadopsi hewan peliharaan Sahabat Fimela harus menghadapi risiko rumah menjadi kotor akibat bulu yang rontok. Bulu yang rontok tidak hanya mengotori lantai dan perabotan, tetapi juga dapat membawa alergen yang berpotensi mengganggu kesehatan.

Selain itu, hewan peliharaan terkadang membawa kuman yang dapat menyebabkan penyakit pada penghuni rumah, terutama anak-anak, lansia, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Sahabat Fimela lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rumah bagi yang memiliki hewan peliharaan.

1. Jaga Kebersihan dan Kesehatan Anabul

Saat Sahabat Fimela memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, artinya kamu harus berani bertanggung jawab atas kebersihan dan kesehatan peliharaan. Karena menjaga kesehatan hewan peliharaan adalah salah satu cara untuk menghadirkan rumah bersih dan sehat, termasuk untuk melindungi kesehatan penghuninya.  Berikut beberapa langkah yang bisa Sahabat Fimela lakukan: 

  • Memandikan secara teratur untuk mengurangi bau dan kotoran.
  • Menyikat bulu setiap hari agar mengurangi kerontokan bulu dan mencegahnya bertebaran di rumah.
  • Membersihkan perlengkapan hewan secara rutin seperti tempat tidur, selimut, dan mainan dengan menggunakan deterjen yang aman.
  • Menjaga kebersihan mangkuk makanan dan air untuk mencegah pertumbuhan bakteri dengan membersihkan mangkuk secara berkala.
  • Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan untuk memastikan hewan peliharaan mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi secara teratur.
  • Menyediakan area khusus untuk hewan peliharaan agar kotoran dan bulu terpusat di satu tempat.
  • Membersihkan kaki hewan setelah bermain di luar dengan menggunakan lap basah untuk mengelap kotoran sebelum hewan masuk ke dalam rumah.
  • Melatih hewan peliharaan buang air pada tempatnya agar rumah tetap bersih dan nyaman.

2. Jadwalkan Pembersihan Rutin

Hewan peliharaan memang sangat menggemaskan, tetapi tidak ketika banyak bulu mereka menempel di perabotan rumah. Perawatan rutin dapat membantu mengurangi kerontokan, namun bulu tetap bisa menempel pada furnitur, karpet, pakaian, atau bertebaran di lantai. Untuk menjaga rumah tetap bersih dan sehat, tetapkan jadwal pembersihan rutin baik harian maupun mingguan. Pembersihan secara rutin akan mencegah penumpukan kotoran dan bulu di rumah. Sahabat Fimela bisa mengandalkan dua produk dari sambung 

Samsung POWERstick vacuum

Sahabat Fimela bisa menggunakan produk vacuum cleaner dari Samsung, yakni Samsung POWERstick Vacuum dengan CycloneForce™ yang mampu membersihkan ruangan secara menyeluruh dari bulu-bulu dengan daya hisap ekstrem, tiga kali lebih kuat daripada model konvensional. Teknologi EZClean-nya memudahkan Anda membuang kotoran cukup dengan menarik tuas, dan EZClean Brush dapat dengan mudah ditarik keluar dari drum.

 Samsung Robot Vacuum Cleaner

Selain itu, gunakan juga Samsung Robot Vacuum Cleaner yang dapat menyedot sekaligus mengepel lantai dengan takaran air yang tepat. Dengan baterai yang besar, robot ini bisa membersihkan ruangan hingga 150 menit nonstop. Desainnya yang ramping memungkinkan robot ini menjangkau sudut-sudut ruangan sehingga ruangan lebih bersih dari bulu dan kotoran. Robot Vacuum Cleaner ini bisa dikendalikan dari jauh, bahkan ketika Anda tidak sedang berada di rumah, dengan menggunakan fitur Wi-Fi Control yang terintegrasi dengan aplikasi smartphone. Anda bisa menyalakan, mematikan, mengatur jadwal pembersihan, menyesuaikan daya hisap, serta mengontrol kecepatan mengepel dan aliran air.

3. Singkirkan Bakteri dan Bau

Untuk mendapatkan rumah yang bersih dan sehat,  pastikan ada ventilasi yang baik untuk mengurangi bau dan memastikan sirkulasi udara yang sehat. Atau berinvestasilah pada perangkat pemurni udara (air purifier) yang dapat memurnikan udara dari berbagai polutan, bakteri, dan bau. 

Contohnya Samsung Air Purifier AX60 yang dilengkapi dengan teknologi 3 Way Air Flow untuk memurnikan udara secara menyeluruh di area yang luas dengan cepat. Air purifier ini dapat menghilangkan hingga 99,97% debu berukuran 0.3㎛ berkat sistem pemurnian multi-lapisannya. Lapisan pre-filter yang dapat dicuci menyaring serbuk sari dan bulu hewan, sementara Activated Carbon Deodorization Filter menghilangkan gas berbahaya dan bau tidak sedap. Ultrafine Dust Filter terakhir menangkap debu halus dan mengurangi bakteri, menjadikan udara di rumah lebih bersih dan sehat.

Selain keunggulannya dalam membersihkan udara, Samsung Air Purifier AX60 juga menawarkan kemudahan penggunaan. Dengan desain ramping dan roda tersembunyi, air purifier ini mudah dipindahkan ke berbagai ruangan. Dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone SmartThings, memungkinkan menyalakan atau mematikan perangkat, memeriksa kualitas udara, dan mengatur fungsi lainnya dengan mudah. Fitur auto mode memungkinkan air purifier untuk secara otomatis menyesuaikan daya dan kecepatan kipas berdasarkan deteksi polusi udara, sementara sleep mode menciptakan aliran udara yang tenang tanpa pencahayaan, cocok untuk waktu tidur atau saat ingin suasana lebih nyaman.

“Menjaga kebersihan rumah bagi mereka yang adopsi hewan peliharaan bukanlah persoalan rumit. Dengan cara dan perangkat yang tepat dapat menghadirkan rumah bersih dan sehat. Karena itu kami hadirkan Samsung air purifier dengan sistem pemurnian udara berlapis yang dapat menyaring bulu serta memurnikan udara dari 99,97% debu berukuran 0.3㎛, dan Samsung vacuum cleaner yang dapat menyedot debu dan kotoran sekaligus mengepel lantai. Anda jadi dapat memastikan rumah tetap bersih dan nyaman bagi hewan peliharaan dan keluarga,” kata Jimmy Tjan, Head of Home Appliances Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading