Sukses

Lifestyle

8 Desain Taman Rindang Sekitar Rumah, Bikin Suasana Makin Asri

Fimela.com, Jakarta Halaman yang rindang tidak hanya mempercantik tampilan rumah, tetapi juga menciptakan ruangan yang menenangkan dan menyegarkan. Suasana rumah yang asri dan sejuk bisa memberikan banyak manfaat serta berpengaruh positif dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga.

Ada banyak trik dan model yang bisa dijadikan inspirasi untuk membuat halaman rumah yang rindang. Kunci utamanya adalah mengisi halaman dengan berbagai jenis dan warna tanaman untuk menghasilkan penampilan yang menarik.

Berikut ini adalah 8 inspirasi desain taman rindang di rumah yang menarik dan nyaman, dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (27/06/2024).

Taman Rindang Samping Rumah

Inspirasi desain taman rindang yang pertama adalah halaman hijau di sisi samping rumah. Jalanan rindang di samping rumah yang tersambung dengan halaman depan atau belakang bisa menjadi cara menarik untuk memaksimalkan lahan sisa di rumah. Jalan setapak yang rapi dan tanaman rimbun di bagian dinding luar rumah menjadi daya tarik utama dari taman ini.

Taman Rindang di Dalam Rumah

Tak hanya di samping, taman rindang juga bisa diadaptasikan untuk ruang kosong yang ada di dalam rumah. Tidak perlu menggunakan banyak elemen untuk mengisi kekosongan taman di dalam rumah. Cukup gunakan rumput gajah, tanaman rimbun, dan satu pohon besar yang bisa menciptakan suasana asri dan rindang sekaligus. Pohon kamboja atau pohon tabebuya adalah jenis pohon cantik dan kuat yang paling cocok untuk taman ini.

Taman Rindang Depan Rumah

Taman rindang di rumah tidak harus selalu tampil dipenuhi dengan rumput basah atau rumput gajah. Ada juga taman rindang yang menggunakan semen dan paving, sekaligus dikelilingi pohon-pohon besar yang rindang dan segar. Desain satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menggabungkan taman dan garasi di satu lahan luas.

Taman Rindang Ala Tropis

Taman rindang ala tropis ini termasuk salah satu pilihan favorit yang sering dijadikan inspirasi oleh banyak orang. Tinggal di Indonesia yang beriklim tropis memang membuat desain taman tropis yang asri dan hijau ini menjadi pilihan sempurna. Biasanya, taman ala tropis ini menggunakan banyak variasi tanaman, mulai dari pohon besar sampai ke berbagai jenis rumput.

Taman Rindang Sederhana

Desain taman rindang satu ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat taman di rumah. Taman di depan rumah yang sederhana ini hanya membutuhkan beberapa hal untuk disulap menjadi lebih asri, seperti rumput sintetis, pohon-pohon kecil, dan pohon besar. Daya tarik utama dari taman rindang ini nantinya akan tampak dari pohon berukuran besar yang meneduhkan.

Taman Rindang dengan Atap

Inspirasi desain taman rindang ini sangat cocok jika kamu ingin memaksimalkan kerindangan dan menciptakan suasana sejuk yang kental di halaman depan rumah. Atap kayu berjeda dipadukan dengan tanaman rimbun yang menjalar membentuk atap hidup untuk melindungi taman. Selain atap hidup, taman rindang ini juga dilengkapi dengan berbagai tanaman berdaun besar.

Taman Rindang dengan Kolam Ikan

Selain dipenuhi dengan tumbuhan, taman rindang satu ini juga dilengkapi dengan kolam ikan sebagai salah satu elemen menyenangkan. Bagian belakang rumah adalah tempat yang paling pas untuk taman rindang ini, karena bisa memberikan akses yang lebih bebas.

Taman Rindang Teduh

Inspirasi desain taman rindang yang terakhir adalah taman di belakang rumah dengan konsep modern minimalis dan sangat dinamis. Beberapa bagian taman ini menggunakan rumput dan sisanya menyambungkan lantai semen dengan keseluruhan bagian halaman lainnya. Taman rindang satu ini tidak menggunakan banyak tanaman berukuran besar. Atap kayu bercelah yang menawan menghiasi dan memberikan keteduhan maksimal di taman ini.

Apa yang Dimaksud dengan Taman Kering?

Taman kering merupakan tipe taman yang mempertahankan kondisi kering, sehingga perawatannya tidak membutuhkan banyak air. Permukaan taman juga ditutupi oleh batu hias seperti granit, candi, split, flagstone atau batu lainnya.

 

Tanaman Apa yang Boleh Ditanam di Depan Rumah Menurut Islam?

Menurut ajaran Islam, tanaman yang dianjurkan untuk ditanam di depan rumah adalah jahe, pohon kenanga, pohon talas besar, dan pohon kelor.

Bagaimana Cara Merawat Tanaman di Taman?

Selalu menjaga kebersihan taman dengan menyapu daun atau ranting yang telah kering dan jatuh di tanah. Agar warna hijau taman tetap indah dan tidak tertutup oleh sampah daun. Taman yang bersih akan terlihat asri. Kalau ini, kita lakukan setiap hari, agar taman tetap bersih dari sampah.

Taman Kering Pakai Batu Apa?

Pada umumnya, jenis batuan yang digunakan untuk taman dengan konsep taman kering yaitu batu koral tabur atau batu koral sikat.

 

Apa Perbedaan Taman dan Kebun?

Kebun digunakan untuk komoditas dan fokus pada produksi, misal kebun teh, kopi, kina, nanas, tebu dan lain-lain. Taman lebih terpusat pada keindahan dan hiburan. Misal taman bunga, taman safari, taman mini dan sebagainya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading