Sukses

Lifestyle

Mitos atau Fakta: Perempuan Lebih Pintar dalam Mengatur Keuangan

Fimela.com, Jakarta Uang adalah hak yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, Sahabat Fimela harus pintar mengatur keuangan agar gaji tidak habis begitu saja. Kalau Sahabat Fimela adalah seorang perempuan, kamu beruntung. Konon, perempuan lebih pintar mengatur keuangan dibanding laki-laki. Benarkah begitu?

Dilansir dari Business Insider, penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa hal, perempuan sebenarnya lebih baik dalam berinvestasi, menabung, serta mempersiapkan masa depan.

''Saat melihat lebih dekat pada data kami dan rujuk silang dengan sumber data lain, kami melihat bahwa perempuan yang bekerja penuh waktu di Amerika Serikat memperoleh sekitar 23% lebih sedikit pendapatan dari pada laki-laki. Namun, bahwa perempuan mengambil langkah-langkah untuk mengelola keuangan mereka lebih baik dari pada laki-laki,'' ujar Michele Raneri, Wakil Presiden Analitik di Experian, dalam sebuah pernyataan yang menyertai Studi Biro Kredit 2013 tentang perbedaan gender.

Selain itu, sudah banyak sudut pandang mengenai statementperempuan lebih pintar dalam mengatur keuangan’. Mengutip dari beberapa lansiran, berikut beberapa alasan tentang kenapa perempuan sesungguhnya lebih pintar mengatur uang dibanding laki-laki.

1. Cermat dan teliti

Perempuan cermat dan teliti dalam mengatur keuangan, membuat mereka lebih baik dalam menyusun anggaran dan mengelola uang.

 

2. Kompetisi

Laki-laki lebih sering menghadapi situasi kompetisi, yang dapat membawa mereka pada situasi yang tidak menguntungkan secara ekonomi. Sementara itu, membuat perempuan lebih unggul dalam mengelola keuangan.

 

3. Peran dalam keluarga

Perempuan biasanya lebih memperhatikan dan mempersiapkan dana dengan semaksimal mungkin, membuatnya lebih pintar dalam mengatur keuangan.

 

4. Investasi

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan lebih efektif dalam berinvestasi dan menabung, serta mempersiapkan masa depan. Mereka cenderung lebih hati-hati dan konservatif dalam mengambil risiko.

 

5. Kekayaan global

Perempuan memiliki rata-rata 40% kekayaan global, yang meningkat dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 7,2% pada tahun 2023. 

 

Dengan demikian, perempuan lebih pintar dalam mengatur keuangan karena mereka lebih cermat, teliti, dan konservatif dalam mengelola uang. 

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading