Sukses

Lifestyle

Intip Spesifikasi yang Wajib Dimiliki HP Kamu di Tahun 2024, Bare Minimum Banget Nih!

Fimela.com, Jakarta Pasar smartphone di tahun 2024 memang semakin menarik perhatian seiring dengan banyaknya produk baru yang bermunculan. Mulai dari entry level, middle range, hingga flagship, masing-masing memiliki keunggulannya sesuai dengan segmentasi yang dibidik. Berniat buat upgrade smartphone tahun ini, tapi bingung dengan banyaknya pilihan yang ada? Penting banget nih buat mengenali spesifikasi wajib HP di tahun 2024 yang jadi bare minimum saat ini. 

Dengan mengecek ragam spesifikasi dan melakukan perbandingan antar brand di Tokopedia Catalog, bisa jadi rekomendasi buat kamu menemukan smartphone yang tepat. Yuk, kenali dulu satu per satu aspek apa yang wajib diperhatikan!

Layar Besar dengan Refresh Rate Tinggi

Memasuki tahun 2024, smartphone dengan layar yang besar masih banyak diminati. Hal ini sesuai juga dengan kebutuhan pengguna yang memakai smartphone nggak hanya untuk komunikasi saja, tapi juga buat bekerja dari mana saja sekaligus media entertainment. 

Untuk memenuhi kebutuhan ini, minimal kamu memilih smartphone dengan layar AMOLED seluas 6,7 inch. Jangan lupa pertimbangkan refresh ratenya juga yang membuat pergerakan scrolling hingga main game semakin mulus. Standarnya sih di atas 60 Hz, bahkan kini sudah banyak yang menawarkan refresh rate 120 Hz.

Chipset Mumpuni

Perhatikan juga chipset yang digunakan pada smartphone yang akan dibeli. Ibarat 'otak', chipset adalah komponen yang berperan penting menjalankan berbagai fungsi pada smartphone agar tetap mulus saat membuka aplikasi, bikin konten, bahkan main game sekalipun. 

Di tahun 2024 ini, chipset Snapdragon 782g masih jadi standar minimum yang all rounder alias memenuhi semua kebutuhan pengguna. Lakukan pengecekan Daftar Spesifikasi Handphone Lengkap sebelum membelinya untuk mendapatkan berbagai informasi, termasuk chipset yang digunakan dalam HP yang akan kamu beli.

RAM dan Kapasitas Penyimpanan Internal

Aplikasi di smartphone sering mengalami crash ketika digunakan atau malah sering mendapatkan notifikasi "memori penyimpanan penuh" ketika akan mendownload foto atau video dari WhatsApp Group? Well, inilah gambaran pentingnya memperhatikan RAM dan kapasitas penyimpanan internal sebuah smartphone.

Di tahun 2024 ini, idealnya kamu memiliki HP dengan RAM minimal 8GB dan kapasitas penyimpanan di atas 128GB. Soalnya, banyak aplikasi yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar dan dikombinasikan dengan RAM yang tinggi juga agar bisa berjalan lancar. Terlebih buat pencinta mobile game nih, zaman sekarang banyak game berat yang performanya bisa tersendat kalau HP kamu nggak mumpuni.

Baterai Tahan Lama

Last but not least, tips memilih handphone yang nggak kalah penting lainnya adalah memperhatikan daya tahan baterai yang disematkan. Seiring dengan gaya hidup pengguna yang melakukan banyak aktivitas dengan smartphone, maka kapasitas minimal yang diperlukan sekitar 5000 mAh. 

Selain itu, perhatikan juga kemampuan dan kecepatan dalam mengisi ulang baterai. Smartphone dengan dukungan fitur fast charging juga diperlukan, biar nggak perlu menunggu lebih lama saat ingin mengisi ulang HP di tengah padatnya aktivitas sehari-hari. Sejak tahun lalu, sudah banyak HP yang mendukung fitur pengecasan super cepat mulai dari 30 Watt, 45 Watt, hingga 100 Watt. Hal ini tentunya mendukung aktivitas pengguna yang bisa mengisi ulang baterainya hanya dalam waktu kurang dari 1 jam. 

Buat yang ingin mengganti HP di tahun ini, beberapa spesifikasi yang wajib dimiliki HP di tahun 2024 di atas penting banget diperhatikan. Dengan memenuhi bare minimum HP, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas digital dengan maksimal, sehingga mendukung produktivitas! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading