Sukses

Lifestyle

10 Inspirasi Desain Balkon Minimalis dan Model Terbuka, Cocok Jadi Tempat Bersantai

Fimela.com, Jakarta Balkon minimalis terbuka dapat menjadi tempat istimewa untuk bersantai dan menikmati udara segar di rumah. Banyak orang memilih balkon sebagai cara utama untuk menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah.

Dengan berbagai ukuran, balkon adalah area yang mudah diubah dan dikreasikan menjadi tempat yang nyaman dan estetis.

Berikut ini adalah 10 inspirasi desain balkon rumah terbuka yang cocok untuk bersantai, dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (24/06/2024).

Desain Balkon Terbuka dengan Tanaman Kaktus

Balkon terbuka yang dilengkapi dengan tanaman kaktus adalah perpaduan sempurna antara desain modern dengan keindahan alam. Kaktus menjadi tanaman yang paling pas untuk balkon terbuka di atas rumah ini, karena tanaman satu ini tidak membutuhkan banyak perawatan namun tetap menambahkan sentuhan hijau menyegarkan.

Desain Balkon Terbuka dengan Tanaman Merambat di Dinding

Balkon terbuka yang dilengkapi tanaman rambat di dinding bisa memberikan nuansa menyegarkan dan alami. Tanaman rambat tidak hanya menambah sentuhan hijau yang indah, tetapi juga menciptakan suasana yang lebih sejuk dan alami di sekitar balkon. Desain balkon satu ini sangat sempurna untuk mengistirahatkan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

Desain Balkon Terbuka dengan Rak Dinding

Balkon terbuka dengan rak pada dinding bisa menjadi solusi untuk memaksimalkan ruang terbatas namun tetap menjaga keindahan estetika. Rak-rak di dinding balkon ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang praktis, tetapi juga bisa menjadi tempat ideal untuk menampilkan tanaman hias atau dekorasi lainnya.

Desain Balkon Terbuka dengan Lantai Vinyl

Balkon terbuka yang menggunakan lantai vinyl adalah pilihan paling pas untuk menciptakan suasana santai dan nyaman. Lantai vinyl bisa memberikan tampilan modern dan bersih, sekaligus menambah kesan hangat dan santai dibandingkan dengan jenis lantai keras lainnya. Dengan tekstur yang lembut dan nyaman di bawah kaki, lantai vinyl akan membuat tubuh merasa lebih rileks saat berada di balkon.

Desain Balkon Terbuka Minimalis Elegan

Balkon terbuka dengan sentuhan warna earth tone dan suasana mewah bisa menghadirkan kesan elegan dan memikat. Pilihan warna earth tone seperti coklat, krem, dan abu-abu menciptakan pondasi yang hangat dan alami, juga menciptakan dasar sempurna untuk suasana yang mewah. Lengkapi balkon dengan furnitur atau aksesoris yang memiliki detail dan tekstur halus, seperti kayu solid atau kain dengan motif yang elegan untuk menambahkan kesan mewah.

Desain Balkon Terbuka dengan Kursi Gantung

Balkon terbuka dengan kursi gantung yang menghiasi merupakan kombinasi sempurna antara keunikan dan kenyamanan. Kursi yang menggantung dari atap memberikan kesan unik pada balkon, sekaligus menambah daya tarik visual yang menawan. Kursi gantung bisa menjadi tempat bersandar paling pas untuk menghilangkan penatmu.

Desain Balkon Terbuka dengan Rumput Sintetis

Balkon terbuka dengan rumput sintetis bisa membawa sentuhan alami dan kesegaran tanpa perlu ribet merawat rumput sungguhan. Meskipun sering dianggap sebagai alternatif yang lebih mudah, rumput sintetis memiliki daya tarik tersendiri. Di dalam ruangan, rumput sintetis bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan santai.

Desain Balkon Terbuka dengan Lampu LED

Balkon terbuka yang dilengkapi dengan lampu LED merupakan pilihan sempurna untuk menciptakan suasana hangat dan nyaman di luar ruangan. Dengan sentuhan lampu LED, atmosfer hangat dan cozy bisa tercipta di balkon rumah, terutama saat malam hari.

Desain Balkon Terbuka Natural Modern

Menciptakan balkon rumah natural tidak selalu harus dengan penggunaan material kayu dan berbagai dekorasi tanaman. Penggunaan rumput sintetis juga bisa menjadi alternatif untuk memberikan kesan natural yang tak kalah menarik pada balkon. Kombinasikan dengan perabot outdoor dengan material seperti rotan sintetis yang akan memberikan komposisi ruang sempurna.

Desain Balkon Terbuka Minimalis Klasik

Menghidupkan elemen-elemen klasik pada balkon rumah bisa dilakukan dengan cara menggunakan material seperti railing besi dengan detail ulir yang klasik, serta plang sebagai material lantai kayu. Sempurnakan balkon dengan perabot dan dekorasi bernuansa klasik lainnya, seperti lampu taman, kursi besi, kursi goyang, dan aksesoris interior lainnya.

Lantai Balkon Pakai Apa?

Beton digunakan terutama untuk membuat lantai dasar balkon. Penggunaan material ini juga dapat memastikan bahwa balkon yang dibuat awet dan tahan terhadap perubahan cuaca apa pun. "Biasanya untuk balkon itu menggunakan material beton.

 

Berapa Lebar Balkon?

Balkon Kecil: Biasanya memiliki lebar sekitar 1 hingga 2 kaki (sekitar 30 hingga 60 cm). Balkon kecil sering kali ditemui pada apartemen atau rumah dengan ruang luar yang terbatas. Balkon Sedang: Lebar balkon sedang dapat berkisar antara 4 hingga 6 kaki (sekitar 1,2 hingga 1,8 meter).

Apa Itu Balkon Kamar?

Secara definisi bahasa, balkon kamar adalah serambi atau teras pada rumah tingkat atau apartemen yang terhubung dengan kamar tidur. Tak hanya menjadi tempat khusus untuk nongkrong, kehadiran balkon pada kamar juga bisa menjadi tempat melepas penat sambil menikmati udara segar.

Kanopi Balkon Itu Apa?

Kanopi balkon merupakan perpaduan antara kanopi dengan balkon yang kerap ditemukan pada rumah modern minimalis dua lantai. Pada area tersebut, struktur atap kanopi bisa digunakan sebagai balkon yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai hingga teras rooftop yang berisi berbagai jenis tanaman hias.

 

Apa Bedanya Teras dan Balkon?

Seringkali merupakan konstruksi yang sepenuhnya berdiri sendiri, teras dibangun dari bawah ke atas dan diakhiri dengan permukaan beraspal, ubin, atau papan kayu. Sebaliknya, balkon ditinggikan dari tanah dan harus dipasang pada bangunan atau rumah dengan menggunakan struktur pendukung (seperti pilar atau kolom).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading