Sukses

Lifestyle

4 Tips Memulai Olahraga Lari yang Tepat Agar Semangat

Fimela.com, Jakarta Menjalani gaya hidup sehat seringkali tidak semudah yang dibayangkan, terutama saat memulai olahraga lari. Tantangan seperti rasa malas seringkali menjadi penghalang utama. 

Namun, rasa malas tersebut harus dihempaskan karena lari merupakan salah satu bentuk latihan yang paling mudah diakses dan memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kebugaran kardiovaskular hingga mengurangi stres. 

Berikut empat tips memulai olahraga lari untuk pemula. Simak sampai habis ya, Sahabat Fimela!

1. Pilih Sepatu yang Nyaman dan Tepat, Adidas Running Menjadi Rekomendasinya

Pertama pilihlah sepatu yang nyaman. Rekomendasinya adalah seri terbaru adidas running, koleksi Adizero SS24 yang terdiri dari Adizero Takumi Sen 10, Adizero Adios Pro 3, dan Adizero Boston 12. Koleksi ini menampilkan pembaruan pada masing-masing sepatu dengan tampilan warna baru, dengan Takumi Sen 10 sebagai produk unggulannya. Sepatu dalam koleksi ini didesain untuk mendukung penuh pelari dalam berlatih serta menampilkan performa terbaik pada turnamen.

Adizero Adios Pro 3, yang dirancang untuk memecahkan rekor, dilengkapi dua lapisan Lightstrike Pro dan Energy Rods 2.0 untuk memaksimalkan energi serta karet ContinentalTM untuk traksi maksimal. Adizero Boston 12, dengan teknologi midsole Lightstrike Pro & Lightstrike 2.0, juga dilengkapi Energy Rods 2.0 dan material mesh untuk sirkulasi udara optimal. Ketiga sepatu ini hadir dalam colorway menarik dengan sentuhan warna orange, putih, dan merah.

Memilih sepatu yang kamu sukai akan menambah semangat utuk berlari. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan tips pertama ini ya. 

2. Dapatkan Motivasi

Melansir dari Runner’s World, kegiatan berlari harus menjadi kebiasaan sama seperti kegiatan sehari-hari seperti menyikat gigi atau berbelanja kebutuhan poko. Charles Duhigg, penulis buku "The Power of Habit," menjelaskan bahwa ketika berolahraga sudah menjadi kebiasaan, maka akan terasa lebih mudah dan tidak memerlukan banyak usaha meskipun Sahabat Fimela sedang tidak bersemangat.

3. Buat Rencana

Selanjutnya, setelah Sahabat Fimela menemukan motivasi maka buatlah rencana latihan yang jelas dan terstruktur. Tentukan jadwal lari, mulai dari hari dan waktu yang konsisten setiap minggunya. Sahabat Fimela juga bisa menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, seperti jarak yang ingin dicapai atau kecepatan yang ingin ditingkatkan. Rencana ini akan membantu Sahabat Fimela tetap fokus dan termotivasi.

4. Temukan Rute yang Aman dan Bebas Kemacetan

Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan rute lari. Temukan beberapa rute lari lokal yang bisa Sahabat Fimela gunakan dalam berbagai kondisi cuaca, dan usahakan rute tersebut bebas dari lalu lintas kendaraan. Jika Sahabat Fimela terpaksa harus berlari di jalan raya yang tidak ada trotoar atau jalur khusus pejalan kaki, pastikan untuk berlari melawan arah lalu lintas agar lebih mudah melihat kendaraan yang mendekat. Namun, jika Sahabat Fimela mendekati tikungan yang tidak terlihat, sebaiknya berpindah sisi jalan hingga aman untuk menyeberang kembali.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading