Sukses

Beauty

Hindari Iritasi pada Kulit Kepala, Yuk Kenali Sampo Non SLS

Fimela.com, Jakarta Saat memilih sampo, kita harus teliti akan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Sesuaikan produk sampo dengan kebutuhan kulit kepala dan rambut. Selain sesuai dengan kebutuhan kulit kepala dan rambut, sampo juga harus cocok dengan tipe rambut dan kulit kepala. Dengan formula yang tepat, Sahabat Fimela akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Dilansir dari Living Proof, terdapat beberapa bahan yang terbukti memiliki dampak buruk bagi rambut dan juga tubuh, salah satunya adalah sulfat. Sulfat terdiri atas beberapa jenis, tetapi beberapa di antaranya, yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laureth Sulfate (SLES) dapat menghilangkan kotoran, minyak, serta menghasilkan busa yang dapat memberikan kesan bersih kesat.

Namun, kini terdapat banyak penelitian yang meneliti apa dampak sulfat bagi rambut. Sulfat dapat menyebabkan iritasi dan paparan karsinogen pada rambut dan kulit kepala. Maka dari itu, lebih baik menghindarkan diri dari sampo yang mengandung sulfat dan mulai mencari sampo yang bebas darinya.

Apa itu sampo bebas sulfat?

Seperti namanya, sampo bebas sulfat adalah sampo yang tidak mengandung sulfat di dalamnya. Terdapat lebih dari satu jenis sulfat yang mungkin ditemukan dalam sebuah produk sampo. Walaupun ada beberapa perbedaan antara keduanya, keberadaan Sodium Lauryl Sulfate dan Sodium Laureth Sulfate dapat merusak rambut dan harus dihindari.

Jika Sahabat Fimela menemukan sampo dengan label “bebas sulfat” atau “non SLS”, pastikan juga bahwa betul-betul tidak ada kandungan sulfat di dalamnya dengan melihat pada label kemasan yang ada pada botol. Pastikan tidak ada kandungan Sodium Lauryl Sulfate dan Sodium Laureth Sulfate serta Sodium Dodecyl Sulfate (SDS) yang merupakan kode untuk SLS.

Sampo non SLS memiliki berbagai dampak baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala karena sifatnya yang lebih lembut. Sampo non SLS tidak menyebabkan iritasi yang nantinya juga akan memunculkan ketombe pada kepala.

Fungsi sampo non SLS

Menjaga warna rambut

Sulfat memiliki sifat yang dapat membersihkan rambut dengan kekuatan penuh. Hal tersebut berarti sampo dengan kandungan sulfat dapat dengan cepat melunturkan cat rambut. Menjaga warna rambut yang baru selesai dicat di salon agar tetap terjaga dengan baik adalah hal yang sulit. Dengan menggunakan sampo bebas sulfat, Sahabat Fimela akan menghindarkan diri dari biaya ekstra untuk pergi ke salon dan melakukan retouch.

Melembapkan rambut dan kulit kepala

Sebagai bahan yang dapat membersihkan dengan maksimal, sampo yang mengandung sulfat di dalamnya dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering. Saat menggunakan sampo dengan sulfat, rambut dapat menjadi kasar, rapuh, dan rentan patah, terlebih saat sering digunakan. Sampo non SLS dapat membuat rambut tidak kering dan mempertahankan minyak yang ada di kulit kepala yang berfungsi menjaga kelembutan dan kelembapan kulit kepala.

Melindungi kulit kepala

Jika Sahabat Fimela memiliki kulit sensitif, mungkin Sahabat Fimela tidak cocok menggunakan sampo yang mengandung sulfat. Sulfat dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan rasa gatal, ketombe, hingga bercak-bercak merah. Lindungilah kulit kepala dari sulfat dengan menggunakan sampo non SLS.

Menghindarkan dari bahan kimia keras

Penggunaan sampo non SLS dapat menghindarkan diri dari bahan-bahan kimia yang keras bagi kulit dan rambut. Sampo non SLS jauh lebih lembut bagi kulit, mata, dan rambut, serta memberikan dampak baik bagi lingkungan rumah. Menghindarkan diri dari bahan kimia keras juga dapat membantu kita menghindarkan diri dari bahaya-bahaya kesehatan kulit kepala yang mengintai.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading