Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sikap Orang yang Suka Merendahkan dan Meremehkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Merendahkan orang lain adalah perilaku yang tidak terpuji dan sebaiknya tidak dilakukan oleh siapap pun. Namun pada kenyataannya, banyak orang pernah mengalami perlakuan merendahkan dan meremehkan dari orang lain. Orang yang suka merendahkan orang lain biasanya memiliki rasa tidak percaya diri dan insecure dengan dirinya sendiri sehingga merasa perlu bersikap jahat kepada orang lain agar merasa dirinya lebih baik dari orang yang ia remehkan.

Orang-orang seperti ini jugalah yang punya kepribadian buruk karena berusaha menjadi superior dengan menjatuhkan orang lain. Kita bisa melihat apakah seseorang suka meremehkan orang lain jika menunjukkan sekian tanda berikut ini.

1. Selalu mencari kekurangan orang lain

Orang yang sering meremehkan atau merendahkan orang lain biasanya selalu fokus mencari kelemahan atau kekurangan orang lain, bukannya melihat kebaikan mereka. Ia terbiasa mengkritik dan menghakimi orang lain sebelum mengenal dengan baik, atau bahkan sengaja menjatuhkan seseorang karena ia tahu banyak tentang orang tersebut. Orang macam ini tidak segan untuk mengkritik, baik secara langsung maupun di belakang orang yang dikritik.

2. Mengecilkan prestasi orang lain

Sikap meremehkan dan merendahkan akan selalu berujung pada sikap menecilkan prestasi, pencapaian atau pun kesuksesan orang lain. Ada rasa iri atau insecure yang sebenarnya sedang tumbuh subur di hati orang ini sehingga ia tidak pernah mengakui pencapaian orang lain dan selalu berusaha untuk meremehkannya. Orang ini merasa terancam oleh kesuksesan orang lain dan berusaha untuk menjatuhkannya. Karena itulah, ia tidak merasa perlu menunjukkan rasa hormat.

3. Kata-katanya negatif dan menyakitkan hati

Ketika seseorang punya tendensi meremehkan dan merendahkan orang lain, ia akan sering menggunakan kata-kata yang bersifat negatif, menyakitkan dan kasar untuk didengar sehingga orang lain jengah dengan kalimat yang mereka ucapkan. Ia merendahkan seseorang dengan tujuan membuat orang tersebut merasa malu dan tidak berharga. Orang seperti ini tidak peduli dengan perasaan orang lain dan hanya ingin membuat dirinya sendiri merasa lebih baik.

4. Selalu bicara tentang diri sendiri

Kebiasaan yang selalu muncul pada seseorang yang suka meremehkan orang lain biasanya adalah merasa paling baik dan unggul. Mereka tidak menghargai pendapat orang lain dan selalu merasa paling benar. Orang seperti ini juga selalu ingin menjadi pusat perhatian dan tidak pernah mau mendengarkan orang lain. Ia hanya tertarik pada cerita dan pengalamannya sendiri dan tidak peduli dengan apa yang ingin dikatakan orang lain karena egonya begitu tinggi.

5. Sombong dan angkuh

Ketika seseorang merasa dirinya lebih baik dan lebih tinggi derajatnya ketibang orang lain, sikap yang selalu muncul pertama kali adalah sombong dan angkuh. Ia berusaha menunjukkan bahwa dirinya memiliki segalanya, punya hal-hal yang lebih baik daripada orang lain, dan sering membandingkan diri dengan orang lain yang sekiranya kurang darinya. Ia sering merasa iri dengan kesuksesan orang lain sehingga terdorong untuk mengolok-olok dan menghina demi menaikkan rasa angkuhnya.

6. Tidak bisa menerima kritik

Ciri khas umum orang yang suka meremehkan orang lain adalah tidak mampu menerima kritik dan saran. Ia selalu merasa defensif ketika dikritik dan menyangkal apa pun yang dikatakan orang lain. Ia selalu merasa dirinya paling baik dan benar, sekaligus tidak mau mengakui kesalahan ketika bersalah. Karena egonya yang tinggi, ketika melakukan kesalahan, is justru suka menyalahkan orang lain. Ia tidak mau mengakui kesalahannya sendiri.

7. Suka bergosip dan menebar rumor

Senang membicarakan orang lain, membahas gosip dan menyebar rumor adalah beberapa kebiasaan buruk yang sering dikembangkan orang yang suka merendahkan orang lain. Ia tidak mau mendengarkan pendapat orang lain dan selalu berusaha untuk memaksakan kehendaknya. Ia suka bicara di belakang orang yang dimaksud dan menyebarkan rumor tidak benar. Ia tidak peduli dengan konsekuensi dari tindakannya dan hanya ingin membuat orang lain terlihat buruk.

Itu dia beberapa tanda jika seseorang suka merendahkan dan meremehkan orang lain. Sebaiknya jangan terlalu sering bergaul dengan mereka jika tak ingin sakit hati.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading