Sukses

Lifestyle

4 Rutinitas Pagi Hari untuk Membuat Hidup Panjang Umur

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat dan umur panjang. Banyak yang percaya bahwa faktor genetik memainkan peran utama dalam menentukan harapan hidup.

Namun, sebenarnya pengaruh gen tidak sebesar yang sering dibayangkan. Justru, lingkungan dan kebiasaan hidup sehari-hari, seperti pola makan dan gaya hidup, sangat berpengaruh.

Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin adalah cara efektif untuk memperpanjang umur. Sebaliknya, kebiasaan negatif seperti makan berlebihan, konsumsi alkohol, dan merokok dapat meningkatkan risiko penyakit.

Menurut wellandgood.com, studi tentang rahasia panjang umur mengungkap kebiasaan pagi yang dijalani oleh penduduk di The Blue Zones, wilayah yang terkenal karena usia panjang penduduknya. Dan Buettner, penulis dan peneliti yang memperkenalkan konsep Blue Zones, mengungkapkan beberapa kebiasaan pagi yang berkontribusi pada umur panjang.

Berikut ini adalah kebiasaan pagi yang dapat membantu memperpanjang usia, sebagaimana dikutio dari berbagai sumber pada Selasa (18/6).

Mulai Pagi dengan Ucapan Positif kepada Orang Pertama yang Ditemui

Mengawali hari dengan menghargai orang lain sangatlah penting, selain menjalankan kebiasaan sarapan sehat dan berolahraga selama 20 menit setiap pagi.

Berikan pujian atau kata-kata positif kepada orang pertama yang Anda temui setiap hari. Ini tidak hanya mempererat hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda, tetapi juga dapat memberikan dampak positif yang luas di lingkungan sekitar.

Hubungan interpersonal yang baik terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan, memperpanjang umur, dan menciptakan kebahagiaan yang lebih besar.

Menikmati Kopi di Pagi Hari

Penelitian dari American Heart Association menunjukkan bahwa konsumsi kopi, baik yang berkafein maupun tidak, berkaitan dengan penurunan risiko kematian secara keseluruhan.

Meski begitu, penting untuk memperhatikan tambahan pemanis seperti satu sendok teh gula atau alternatif seperti susu nabati, misalnya susu oat atau almond. Selain kopi, teh juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk dinikmati di pagi hari.

Jangan Abaikan Pentingnya Sarapan Sehat

)Menurut Buettner, pola makan sehat memiliki dampak besar pada umur panjang. Mengonsumsi makanan sehat, seperti pola makan berbasis tumbuhan atau diet Mediterania, dapat berkontribusi pada kehidupan yang lebih panjang dan berkualitas.

Salah satu elemen kunci adalah sarapan pagi, yang memainkan peran penting dalam memulai hari dengan baik dan memberikan energi untuk berbagai aktivitas.

Temukan 'Ikigai'

Apa yang memotivasi kamu untuk bangun dari tempat tidur setiap pagi? Apa yang memberikan semangat dan tujuan dalam hidupmu? Memiliki arah yang jelas dalam hidup dapat menjadi dorongan besar untuk memulai hari, terutama saat kita menua.

Dalam bukunya, Awakening Your Ikigai, ahli saraf dan penulis Ken Mogi menjelaskan bagaimana kita bisa memanfaatkan kekuatan spiritual dengan mengikuti lima prinsip penting.

Prinsip-prinsip ini meliputi, memulai dari hal-hal kecil, menerima diri sendiri sepenuhnya, membangun hubungan dengan orang lain dan lingkungan, menemukan kebahagiaan dalam kesederhanaan, dan tetap hadir dalam setiap momen kehidupan.

3 Hal Apa yang Harus Ada dalam Hidup?

Mind, body, and soul (pikiran, tubuh, dan jiwa). Pertama-tama, pikiran memerlukan kejujuran dalam pertimbangan untuk menjadi individu yang selalu bersyukur. Selanjutnya, tubuh membutuhkan perawatan yang baik agar dapat mendukung pikiran dan jiwa.

Kebiasaan Sehat Apa Saja?

Salah satu contohnya adalah memonitor asupan gizi dan menjaga pola makan yang sehat, berolahraga, serta terlibat dalam aktivitas positif untuk mengatasi stres, dan masih banyak lagi.

Perilaku Sehat itu Seperti Apa?

Berbagai langkah yang berpengaruh terhadap kesehatan termasuk pola makan, rutinitas berolahraga, menghindari merokok, memastikan istirahat yang cukup, mengelola stres, serta menghindari alkohol dan obat-obatan, dan gaya hidup yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Apa yang Dimaksud dengan Panjang Umur?

Umur panjang merujuk pada hidup lebih lama dan sehat. Ini mencakup lamanya seseorang hidup dan kondisi kesehatannya di masa depan. Umur panjang juga bisa diartikan sebagai kondisi dimana seseorang hidup lebih dari ekspektasi umur rata-rata.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading