Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sikap Orang Karismatik yang Tak Suka Menyombongkan Diri

Fimela.com, Jakarta Untuk menilai seseorang sebagai sosok karismatik di mata orang lain, tentu perlu memenuhi kriteria tertentu. Ada kekaguman nyata jika seseorang dianggap karismatik oleh banyak orang, seperti tingkat kepercayaan diri, caranya memimpin kelompok, ketegasan sikap dan lain sebagainya. Terkadang, ketika seseorang terlalu dijunjung tinggi dengan sikap karismatiknya, akan timbul pula kesan sombong dan angkuh dari dalam dirinya.

Tapi tentu tidak semua orang karismatik akan jadi sombong. Karisma adalah daya tarik dan pesona yang dimiliki seseorang sehingga mampu menarik perhatian dan memengaruhi orang lain. Akan selalu ada orang-orang karismatik yang rendah hati. Berikut ini tanda-tanda jika seseorang memiliki karisma natural sejak lahir tapi tidak suka menyombongkan diri.

1. Lebih banyak mendengar ketimbang berbicara

Orang-orang karismatik biasanya memiliki kebiasaan tidak banyak bicara, melainkan lebih banyak mendengar. Ia menjadi pendengar yang baik untuk orang-orang di sekitarnya. Bukan berarti ia pasif, tapi justru karena ia ingin tahu dan ingin memahami perspektif orang lain sehingga ia lebih banyak memberikan perhatian ketimbang wejangan. Kemampuan mendengarkan inilah yang membuatnya lebih mudah disegani dan dapat dipercaya banyak orang.

2. Percaya diri

Pembawaan diri yang penuh percaya diri adalah ciri khas alami orang yang karismatik. Ia yakin dengan kemampuan dirinya dan tidak ragu menunjukkan bakat dan kemampuannya dalam melakukan sesuatu, tapi hal itu dilakukan bukan bertujuan untuk pamer. Ia juga tidak terlihat insecure dengan apa pun yang ada di dalam dirinya, karena penerimaan dirinya sudah di level yang tak bisa diganggu dan digoyahkan orang lain. Kepercayaan diri inilah yang membuatnya terlihat bermartabat, kuat dan tak bisa diremehkan.

3. Menujukkan ketulusan

Orang yang lahir karismatik secara natural akan menunjukkan ketulusan dalam sikap, tindakan dan ucapan. Ketika ia ingin tahu sesuatu, ia akan menunjukkan sikap antusias yang positif. Ia memerhatikan apa yang orang katakan, merespon dengan baik dan tidak selalu menghakimi. Ia memiliki energi positif yang menular dan menciptakan rasa nyaman sehingga membuat orang lain ingin berada di dekatnya lebih lama. Sisi karismatik inilah yang menarik dan inspiratif.

4. Sikap dewasa dan bijaksana

Orang dengan aura karismatik biasanya menunjukkan sisi kedewasaan dan kebijaksanaan yang kuat. Ia bukan tipe orang yang gampang tersinggung atau marah-marah karena hal-hal kecil yang tidak sesuai ekspektasinya. Justru sedari awal, ia tak menetapkan ekspektasi apa pun terhadap sesuatu sehingga bisa belajar hal baru dan memiliki penerimaan yang lebih luas dan terbuka. Bagaimana pun, pengalaman mampu memberikan makna dan pengingat alami sehingga ia bisa memperbaiki diri.

5. Memancarkan empati dan aura positif

Orang karismatik natural memiliki kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain. Ia juga memiliki bahasa tubuh yang positif sehingga mudah disukai banyak orang. Ia mampu melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain dan menunjukkan empati terhadap mereka. Orang ini memiliki kepekaan yang baik sehingga dapat menempatkan diri dalam berbagai situasi. Kesopanan dan kesantunan menjadi salah satu sikap khas orang karismatik dengan sisi kebijaksanaan yang mendalam.

6. Rendah hati dan bersahaja

Orang karismatik natural adalah komunikator yang baik. Ia mampu menyampaikan ide dan pemikiran dengan jelas, terbuka, tidak berbeit-belit dan juga mudah dipahami. Mudah saja bersikap sok pintar di depan banyak orang, tapi susah bersikap tetap menarik dengan sikap sabar dan damai. Orang karismatik bukan hanya terlihat tegas dan kuat, tapi juga lembut dengan hati yang bersahaja. Justru di situlah ia lebih disegani karena pembaannya yang tidak congkak.

7. Tegas dan berani

Salah satu ciri khusus yang mudah dilihat dari orang karismatik adalah sikapnya yang tegas, teguh, tangguh, disiplin, dan berani. Ia tidak takut untuk mengambil risiko, apalgi membela yang benar karena ia perlu menegakkan keadilan. Ia memiliki penilaian yang didasarkan pada hati nurani sehingga apa yang menjadi opini dan keyakinannya merupakan perwakilan dari kebenaran yang diyakini pula oleh banyak orang. Karena keberaniannya berbicara lantang inilah yang menjadikannya karismatik.

Itu beberapa tanda jika seseorang menunjukkan sikap karismatik tapi tidak suka menyombongkan diri. Ia tidak bersikap berlebihan hanya untuk membuktikan diri.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading