Sukses

Lifestyle

Kenali Daging Sapi Grass-Fed dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh hingga Kulit

Fimela.com, Jakarta Kita mungkin familier dengan daging sapi sebagai bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Secara umum, terdapat dua jenis daging, yaitu daging merah dan daging putih. Daging merah merupakan daging sapi, kambing, hingga kerbau. Sementara itu, daging putih berupa daging ayam, ikan, dan unggas lainnya.

Daging merah yang berasal dari sapi terbagi lagi ke dalam dua jenis, yaitu sapi grass-fed dan sapi grain-fed. Perbedaan dari keduanya adalah jenis makanan yang dikonsumsi sapi sepanjang hidupnya. Daging sapi grass-fed memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Dilansir dari Healthline, inilah perbedaan antara sapi grass-fed dan sapi grain-fed.

Makanan menentukan nutrisi yang terkandung di dalam daging

Makanan yang dikonsumsi seekor sapi selama hidupnya memiliki dampak yang besar akan komposisi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi dalam daging sapi dapat berbeda-beda tergantung dengan apa yang dimakan oleh sapi tersebut.

Tidak ada definisi yang pasti mengenai sapi grass-fed dan sapi grain-fed karena metode peternakan di setiap negara berbeda-beda. Namun, sapi grass-fed biasanya mengonsumsi rumput dan sapi grain-fed mengonsumsi pakan yang tidak natural. Untuk memaksimalkan pertumbuhannya, sapi sering sekali diberi antibiotik dan penambah hormon.

Biasanya, daging sapi grass-fed memiliki lemak yang cenderung lebih sedikit daripada daging sapi grain-fed. Maka dari itu, kalori yang ada di dalam daging sapi grass-fed lebih sedikit daripada daging sapi grain-fed. Daging sapi grass-fed juga lebih tinggi akan vitamin A seperti beta karoten, vitamin E, dan juga antioksidan.

Manfaat kesehatan dari daging sapi grass-fed

Dilansir dari Bland Family Farm, berikut adalah sederet manfaat kesehatan dari daging sapi grass-fed.

Kaya akan nutrisi

Daging sapi grass-fed terkenal berkat nutrisinya. Daging tersebut adalah rumah dari berbagai nutrisi, termasuk vitamin, mineral, hingga antioksidan. Jika dibandingkan dengan daging sapi grain-fed, daging sapi grass-fed mengandung nutrisi-nutrisi penting, seperti vitamin E, beta karoten, hingga omega 3. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berperan penting dalam mendukung sistem imun tubuh, menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit, dan mengurangi inflamasi pada tubuh.

Mendorong kesehatan jantung

Salah satu keunggulan dari daging sapi grass-fed adalah kadar omega 3 yang tinggi. Kadar omega 3 yang tinggi baik bagi kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi daging sapi grass-fed, Sahabat Fimela dapat berkontribusi pada kadar kolesterol yang lebih sehat dengan meningkatkan kadar omega 3 yang ramah jantung. Selain itu, akan hadir pula keseimbangan rasio antara omega 3 dan omega 6 yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Menghindarkan dari lemak jahat

Daging sapi grass-fed cenderung memiliki total lemak yang lebih rendah daripada daging sapi grain-fed. Lemak yang ada pada daging sapi grass-fed juga lebih  sehat dengan proporsi lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi. Lemak tersebut memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan pada kadar kolesterol dalam darah.

Tinggi akan antioksidan

Antioksidan memiliki peran yang penting dalam melawan stres oksidatif, sebuah proses yang terkait dengan berbagai penyakit kronis dan penuaan. Daging sapi grass-fed cenderung memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi. Dengan mengonsumsi daging sapi grass-fed, Sahabat Fimela dapat memberikan pertahanan yang lebih kuat terhadap stres oksidatif, sehingga dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Penulis: Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading