Sukses

Lifestyle

7 Tips untuk Tetap Konsisten Makan Sehat Walaupun Sedang Berlibur

Fimela.com, Jakarta Mengubah gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat adalah tantangan yang cukup besar. Perjalanan menuju perubahan ini membutuhkan tekad yang kuat dan komitmen jangka panjang. Konsistensi merupakan kunci utama untuk meraih keberhasilan dalam mengubah pola makan.

Apalagi jika Sahabat Fimela hendak berlibur, tantangannya semakin bertambah. Kamu akan tergoda untuk mencicipi kuliner lokal. Tidak masalah jika kamu ingin mencoba makanan khas setempat, tapi kamu tidak boleh berlebihan.

Lalu, bagaimana caranya agar tetap makan makanan sehat saat berlibur atau traveling? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.  Melansir dari Lifesum dan GoodRX Health.

1. Mulailah Hari dengan Sarapan

Memulai hari dengan sarapan sehat yang kaya protein dan serat dapat membantu mengisi bahan bakar selama beraktivitas kata ahli diet terdaftar Danielle Venhuizen, RDN.  Dia menambahkan bahwa sarapan bergizi juga dapat membuat kamu lebih cenderung memilih makanan bergizi secara umum. Selain itu, sarapan dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mencapai pola makan seimbang dengan lebih baik. Berikut rekomendasi sarapan untuk menjelajahi tempat kamu berlibur: 

  • Telur rebus
  • Havermut
  • Buah
  • Yoghurt tanpa pemanis dan granola gandum utuh

2. Bawa Sebotol Air Putih 

Selanjutnya, Sahabat Fimela harus membawa kebiasaan hidrasi yang baik saat berlibur. Ini menjadi cara untuk mengekang nafsu makan.  Daripada menghabiskan uang untuk membeli air kemasan yang mahal, bawalah botol air yang dapat digunakan kembali ke mana pun Sahabat Fimela pergi. Membatasi minuman berkafein dan beralkohol juga merupakan ide bagus, karena dapat mengganggu tidur. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi. Jadi, usahakan hindari kedua hal itu ya. 

3. Aktif Menjelajah dengan Berjalan Kaki 

Apabila tujuan destinasi Sahabat Fimela berada dalam jarak dekat dan memungkinkan untuk berjalan kaki, maka cobalah hal itu. Jika sedikit lebih jauh, cobalah mengendarai sepeda.Ini cara sederhana untuk membakar kalori serta menghemat ongkos untuk naik taxi. Selain itu, Sahabat Fimela bisa menikmati setiap sudut kota yang sedang dikunjungi. Mengasyikkan bukan? 

4. Kemas Camilan Bergizi

Saat berjalan kaki menjelajahi kota yang dikunjungi, pastinya Sahabat Fimela tergiur dengan ragam kuliner.  Namun, toko-toko lokal cenderung menjual makanan ringan yang banyak mengandung karbohidrat dan gula, yang meskipun lezat, dan bisa mengacaukan konsistensi pola makan sehat. Kamu bisa membuat bekal camilan sehat favorit sebelum setiap jalan-jalan sehingga hawa nafsu untuk mencicip makanan yang ditemui bisa terkontrol. 

5. Pilih Menu Makan yang Seimbang 

Ahli diet terdaftar Mia Syn, MS, RDN menyarankan untuk memilih makanan yang mencakup keseimbangan protein tanpa lemak, karbohidrat kaya serat, dan sayuran . Ini dapat membantu Anda mendapatkan beragam nutrisi dan merasa kenyang.

“Pilihlah hidangan yang dipanggang, dikukus, atau dipanggang daripada yang digoreng untuk mengurangi jumlah lemak tidak sehat dalam makanan Anda. Dan jangan malu untuk mengonsumsi sayuran, baik dalam salad, lauk pauk, atau sebagai bagian dari hidangan utama,” tambahnya. 

6. Tanyakan Akses Lemari Es dan Microwave di Tempat Menginap 

Jika Sahabat Fimela merencanakan tempat menginap di villa, maka tanyakan akses terhadap lemari es dan tempat memasak. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk membuat makanan sehat sendiri. Apabila di hotel, kamu bisa cek terlebih dahulu. Jika tidak ada, maka Sahabat Fimela bisa menanyakan ke staf hotel. Mereka akan siap membantu. 

7. Teliti Restoran yang Akan Dikunjungi 

Sebelum Sahabat Fimela mencoba restoran trendi yang pernah kamu dengar, lihat menu mereka untuk mengetahui pilihannya. Apakah ada makanan pembuka yang sehat atau semuanya diisi dengan mentega dan keju? Meskipun kamu tidak perlu memesan salad setiap kali makan, memilih restoran dengan makanan sehat akan membuat Sahabat Fimela siap membuat pilihan yang baik di meja makan. Kamu bisa melakukan riset melalui internet dan melihat ranting penilaiannya agar kamu tidak menyesal. 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading