Sukses

Lifestyle

7 Bahan Masakan yang Harus Ada di Dapur Anak Kos

Fimela.com, Jakarta Hai, Sahabat Fimela! Hidup sebagai anak kos memang penuh tantangan, terutama soal masak memasak. Tak hanya untuk berhemat, memasak sendiri juga dapat membantumu hidup sehat.

Kadang-kadang, kita harus kreatif dan pintar-pintar mengatur bahan makanan agar tetap bisa makan enak dan sehat. Nah, buat kamu yang lagi atau akan jadi anak kos, ada beberapa bahan masakan yang wajib banget kamu stok di dapur.

Yuk, simak tujuh bahan masakan yang harus selalu ada di kosanmu. Dengan memiliki ketujuh bahan masakan ini, harapannya kamu tidak bingung lagi saat memilih menu untuk dimasak!

Telur Ayam

Telur adalah bahan makanan super serbaguna yang harus selalu ada di dapur anak kos. Selain harganya yang murah, telur juga bisa diolah jadi berbagai macam masakan. Mulai dari telur dadar, telur mata sapi, omelet, hingga rebus. Selain itu, telur juga kaya akan protein yang baik untuk tubuh.

Tips Penyimpanan Telur:

  1. Simpan telur di dalam kulkas agar lebih awet.
  2. Jangan mencuci telur sebelum disimpan, karena lapisan alami di cangkang membantu menjaga kesegarannya.

Mie Instan

Siapa sih yang nggak kenal sama mie instan? Makanan sejuta umat ini memang jadi penyelamat di saat darurat. Praktis, cepat, dan rasanya enak. Tapi jangan kebanyakan ya, Sahabat Fimela, karena makan mie instan setiap hari kurang baik untuk kesehatan.

Tips Penyajian Mie Instan:

  1. Tambahkan sayuran segar seperti sawi, wortel, atau bayam agar lebih bergizi.
  2. Bisa juga menambahkan telur atau daging ayam untuk variasi rasa dan nutrisi.

Beras

Nasi putih adalah makanan pokok yang nggak boleh ketinggalan. Simpan beras secukupnya di kosan dan masak sesuai kebutuhan. Kalau nggak punya rice cooker, kamu bisa beli nasi putih matang di warung atau menggunakan magic com kecil yang praktis.

Tips Penyimpanan:

  1. Simpan beras di wadah kedap udara agar terhindar dari kutu dan tetap kering.
  2. Masak nasi secukupnya agar tidak cepat basi.

Sayuran Segar

Sayuran segar seperti bayam, kangkung, sawi, dan wortel juga penting untuk stok di dapur kosan. Selain murah, sayuran ini mudah diolah dan kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tips Penyimpanan Sayur:

  1. Simpan sayuran di dalam plastik atau wadah kedap udara di kulkas agar lebih awet.
  2. Cuci sayuran sebelum disimpan untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.

umbuInstan

Bumbu instan seperti bumbu nasi goreng, rendang, soto, dan lainnya sangat membantu untuk memasak cepat dan praktis. Dengan bumbu instan, kamu bisa masak makanan enak tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Kamu bisa menyetok bumbu nasi goreng untuk makan malam praktis atau bumbu soto untuk sup yang hangat dan lezat.

Minyak Goreng

Minyak goreng adalah bahan dasar yang wajib ada di dapur kosan. Selain untuk menggoreng, minyak juga bisa digunakan untuk menumis sayuran atau bahan makanan lainnya.

Tips Penyimpanan Minyak:

  • Simpan minyak goreng di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung agar tidak cepat tengik.
  • Gunakan minyak secukupnya dan gantilah secara rutin untuk menjaga kesehatan.

Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dan bawang merah adalah bumbu dasar yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Aroma dan rasanya yang khas membuat masakan jadi lebih sedap.

Tips Penyimpanan Bawang:

  1. Simpan bawang di tempat yang kering dan sejuk
  2. .Bisa juga menyimpan bawang yang sudah diiris atau dihaluskan di dalam freezer agar lebih praktis.

Nah, itulah tujuh bahan masakan yang wajib kamu stok di dapur kosan. Dengan bahan-bahan ini, kamu bisa masak berbagai macam makanan enak dan bergizi tanpa perlu keluar banyak uang. Telur, mie instan, nasi putih, sayuran segar, bumbu instan, minyak goreng, dan bawang adalah bahan dasar yang bisa diolah jadi banyak masakan. Selain praktis, bahan-bahan ini juga mudah ditemukan di pasar atau minimarket terdekat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading