Sukses

Lifestyle

Cara Menyeimbangkan Tubuh Selama Perubahan Musim dengan Terapi Holistik Ala Thailand

Fimela.com, Jakarta Hidup yang penuh dengan hiruk-pikuk sering kali menyebabkan stres, terutama dengan perubahan lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat. Pengobatan Tradisional Thailand dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor eksternal yang mengganggu keseimbangan tubuh, memberikan dampak positif pada kesehatan fisik dan mental individu.

Terletak tepat di luar Bangkok, RAKxa Integrative Wellness adalah retret kesehatan medis terkemuka di Thailand di mana tradisi, teknologi, dan alam bergabung untuk menawarkan penyembuhan yang mendalam. Integrasi harmonis antara pengobatan kuno dan obat-obatan mutakhir di retret ini menciptakan sinergi yang kuat yang memperkuat manfaatnya, memperkaya kehidupan para tamu dengan hasil yang mendalam. Diagnostik Integratif RAKxa menggali lebih dalam pemahaman tentang kesehatan seseorang dengan mengidentifikasi ketidakseimbangan yang mendasarinya.  

Berbagai tes dan penilaian komprehensif yang dilakukan oleh tim interdisipliner RAKxa membantu menciptakan dasar untuk rencana perawatan yang dipersonalisasi, yang terdiri dari integrasi kebijaksanaan yang telah teruji waktu dan pengobatan modern dari Ayurveda, Pengobatan Tradisional Cina, Pengobatan Tradisional Thailand, spa terapeutik, obat energi, dan banyak lagi.

Pengobatan Tadisional Thailand untuk Mencapai Keseimbangan

Sebagai salah satu modalitas terapi yang ditawarkan oleh RAKxa, Pengobatan Tradisional Thailand menekankan pentingnya memahami konstitusi unsur seseorang untuk mencapai keseimbangan optimal dan kesehatan yang baik. Pendekatan holistik kuno ini menganggap tubuh manusia sebagai kombinasi dari empat elemen utama: tanah, air, angin, dan api.

Setiap individu dianggap memiliki perpaduan unik dari elemen-elemen ini, yang mempengaruhi atribut fisik mereka, temperamen emosional, dan kecenderungan kesehatan potensial. Dengan memahami dan mengelola keseimbangan ini melalui pengobatan tradisional Thailand, RAKxa berkomitmen untuk mendukung tamu mereka dalam mencapai kesehatan holistik secara menyeluruh.

Bagaimana Perubahan Musim Mempengaruhi Tubuh?

Langkah pertama menuju penyembuhan yang dipersonalisasi adalah dengan mengidentifikasi susunan unsur seseorang. Praktisi Pengobatan Tradisional Thailand akan menggunakan bagan kelahiran tamu berdasarkan kalender lunar untuk mengidentifikasi unsur-unsur yang dominan dan memprediksi kecenderungan ketidakseimbangan berdasarkan waktu pembuahan dan kelahiran.

Selain itu, perubahan musim dapat menyebabkan gejala tertentu pada tubuh yang tidak dapat beradaptasi dengan baik terhadap perubahan eksternal, seperti berikut

Musim Semi / Musim Gugur

Kekeringan dan kedinginan musim dingin dapat membuat sistem pengaturan cairan (sistem Semha) tidak seimbang, menyebabkan peningkatan produksi lendir lengket pada sistem pernapasan, batuk lebuk, pilek dan infeksi saluran pernapasan seperti pilek dan flu biasa.

Musim dingin

Pergeseran angin dan variabilitas iklim musim hujan bersama dengan penyerbukan dapat mempengaruhi sistem bioelektrik (sistem Vata), mempengaruhi pergerakan usus dan menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal. Beberapa mungkin sakit di sekujur tubuh dan sakit kepala atau hidung tersumbat karena perubahan tekanan atmosfer.

Musim panas

Panas musim panas tidak diragukan lagi memperburuk sistem metabolisme (sistem Pitta), meningkatkan suhu tubuh dan membuat kita merasa tidak nyaman. Beberapa mungkin merasa terganggu, mudah lelah, dan mengalami kulit yang meradang dan teriritasi. Tubuh menjadi dehidrasi.

Solusi Integratif untuk Menyeimbangkan Kembali Elemen Tubuh

Musim Dingin untuk Semha Seimbang

  • Gizi:  Rasa pedas, pahit, dan makanan hangat disarankan, sementara rasa manis, asam, asin, dan makanan dingin sebaiknya dihindari. 
  • Latihan: Kardiovaskular seperti HIIT Re-energise Training atau Thai Boxing Exercise direkomendasikan untuk menyeimbangkan sistem Semha melalui peningkatan metabolisme dan tingkat energi. 
  • Terapi: Perawatan seperti Traditional Thai Herbal Steam atau Ya-Soom membantu mengkalibrasi ulang sistem Semha, menghilangkan gejala hidung tersumbat dan meningkatkan sirkulasi darah. Untuk lebih mendukung sistem Semha pada tingkat sel, Immune Myer IV bertindak sebagai pengobatan komplementer untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh,   mengurangi kerentanan terhadap infeksi dan mempercepat pemulihan tubuh ari penyakit.

Musim Semi untuk Harmonisasi Vata

  • Gizi: Makanan manis, asam, asin, dan berminyak disarankan, sementara rasa pahit, pedas, astringency, dan makanan mentah serta kering sebaiknya dihindari. 
  • Latihan: Pilates direkomendasikan untuk rasa membumi dan tenang, karena fokus pada pernapasan sambil meningkatkan kekuatan dan keseimbangan sistem Vata. 
  • Terapi: Pijat Minyak Tradisional Thailand dapat meningkatkan aliran darah dan melonggarkan otot serta sendi yang kaku dan tegang. Terapi Oksigen Hiperbarik membantu mengoksigenasi sel dan jaringan, menenangkan energi Vata dengan mendorong pembuangan limbah metabolik.

Musim Panas untuk Pitta yang Mengalir Bebas

  • Gizi: Makanan manis, asam, asin, dan berminyak disarankan, sementara rasa pahit, pedas, astringency, dan makanan mentah serta kering sebaiknya dihindari.
  • Terapi: Pitta yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dengan gejala seperti sakit kepala, stres, dan mata kering. Pijat terapeutik Tradisional Thailand jenis Ya-Pok direkomendasikan untuk mengurangi panas yang terkumpul di area mata dan kepala. Untuk permasalahan kulit akibat panas berlebih di tubuh lainnya, dianjurkan menggunakan Ya-Chae untuk menenangkan bagian luar tubuh yang bermasalah. Dalam menjaga kesehatan mental, Tai Chi atau yoga dapat dimasukkan ke dalam rutinitas untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading