Sukses

Lifestyle

Jangan Dipotong! Ini Cara Atasi Kutikula Kuku yang Tumbuh Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Kutikula adalah lapisan kulit tipis transparan yang ada di tepi sekitar kuku. Dilansir dari Healthline, kutikula pada kuku berfungsi sebagai pelindung bagi kuku baru dari bakteri-bakteri ketika ia tumbuh. Area sekitar kutikula merupakan area yang rapuh, sehingga mudah kering, rusak, bahkan infeksi. Penting sekali untuk menjaga area sekitar kuku agar tetap bersih dan kuku tetap sehat.

Walaupun kutikula kuku yang tumbuh berlebihan tidak terlalu menimbulkan masalah, hal tersebut tidak boleh dibiarkan. Jika tidak diperhatikan, kutikula dapat terus tumbuh dan menimbulkan permasalahan yang lain. Dilansir dari Healthline, inilah penyebab dari pertumbuhan kutikula yang berlebih.

Alasan utama mengapa kutikula kuku dapat tumbuh berlebihan adalah kurangnya perawatan yang diberikan pada kuku dan area sekitarnya. Selain memberikan perhatian pada kuku, penting juga untuk kita memperhatikan kulit yang ada di sekitar kuku. Apabila tidak terawat, kutikula akan tumbuh melebihi ukuran yang seharusnya.

Jangan pernah memotong atau menghilangkan kutikula pada kuku. Hal tersebut hanya akan membuatnya tumbuh lebih cepat lagi dan membuatnya menjadi lebih panjang. Alih-alih memotong, Sahabat Fimela dapat mendorongnya ke belakang agar tidak terlalu panjang ke depan.

Permasalahan Sistemik

 

Walaupun tidak  umum terjadi, tetapi permasalahan sistemik di dalam tubuh dapat menyebabkan kutikula pada kuku untuk tumbuh berlebih juga. Tingkat stres yang sangat tinggi dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Hormon kortisol yang berlebihan dapat memberikan dampak pada banyak bagian tubuh, seperti kulit, rambut, bahkan kuku.

Sebetulnya belum diketahui hubungan jelas yang terjadi antara permasalahan sistemik dan kutikula kuku yang tumbuh berlebihan. Namun, stres yang diderita dalam jangka waktu panjang biasanya merupakan penyebab dari pertumbuhan kutikula yang tidak wajar.

Cara mendorong mundur kutikula kuku

  • Sebelum memulai, rendam kuku di air hangat yang sudah diberi sabun untuk melunakkan kutikula kuku. Rendam selama 10 menit dan keringkan dengan handuk bersih.
  • Aplikasikan beberapa tetes minyak zaitun, cuticle oil, atau essential oil di area kuku dan kutikula. Pijat perlahan agar meresap baik ke dalam kulit, diamkan selama 15 menit.
  • Gunakan cuticle stick untuk mendorong kutikula mundur secara perlahan dengan dimulai dari bagian pangkal kuku. Lakukan secara perlahan agar kuku tidak terangkat atau kutikula rusak. Jika masih ada kulit sisa, Sahabat Fimela dapat menggunakan gunting kuku untuk menghilangkannya, tetapi jangan memotong kutikula.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading