Sukses

Lifestyle

Bisa Dilakukan dengan Mudah! Ini 7 Tips Ampuh Tingkatkan Ketajaman Otak

Fimela.com, Jakarta Saat hendak pulang dari pusat perbelanjaan, kita sering lupa di mana kita memarkir kendaraan. Saat hendak pergi ke suatu tempat, kita sering lupa di mana dompet kita berada. Manusia adalah makhluk yang tidak bisa luput dari kata “lupa”. Namun, siapa sangka ketika lupa terus berulang, hal itu dapat menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan?

Memang tidak ada jaminan bahwa serangkaian hal dapat menjamin seseorang tidak akan lupa akan sesuatu lagi, tetapi Sahabat Fimela harus mencoba untuk membantu menajamkan kemampuan otak. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut 7 tips ampuh untuk bantu tingkatkan ketajaman otak!

Lakukan aktivitas fisik setiap hari

Aktivitas fisik dapat membantu mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak. Untuk Sebagian besar orang dewasa yang sehat, Department of Health and Human Services merekomendasikan setidaknya seseorang melakukan aktivitas aerobik yang normal selama 150 menit per minggu.

Apabila melakukan aktivitas aerobik yang lebih berat seperti jogging, setidaknya dapat dilakukan 75 menit per minggu. Jika Sahabat Fimela tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, cobalah berjalan kaki selama 10 menit di sela-sela kegiatan.

Asah kemampuan otak

Selain menjaga kebugaran tubuh, kebugaran otak juga harus dijaga demi melatih ketajaman ingatan. Terdapat beberapa aktivitas yang dapat membantu membentuk otak menjadi lebih tajam, seperti teka-teki silang. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat berlatih bermain alat musik, mencoba hobi-hobi baru, atau mencoba kegiatan baru seperti menjadi sukarelawan di komunitas tertentu.

Habiskan waktu bersama orang lain

Interaksi sosial dapat membantu menghilangkan depresi dan stres. Kedua hal tersebut dapat berkontribusi terhadap melemahnya ingatan. Sahabat Fimela dapat mencari kesempatan untuk sekadar berbincang-bincang dengan orang-orang terdekat atau kembali berkumpul bersama teman-teman lama. Jika Sahabat Fimela menginginkan suasana baru, Sahabat Fimela dapat mencari komunitas baru yang sesuai dengan minat yang dimiliki.

Jaga kerapihan

Kita akan mudah melupakan sesuatu saat barang-barang kita berantakan. Coba untuk menyusun catatan-catatan yang dimiliki, coba catat hal-hal yang perlu dilakukan dalam sehari atau seminggu menggunakan kalender atau buku agenda. Sembari menulis daftar tersebut, Sahabat Fimela juga dapat mengucapkannya dengan lantang untuk membantu mengingatnya. 

Jangan lupa untuk menjaga to-do list agar selalu update dengan kehidupan Sahabat Fimela. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mencoret daftar tersebut agar tidak tertukar dengan agenda yang lain. Selain itu, kurangi distraksi. Hindari melakukan banyak hal dalam satu waktu agar dapat mengingat dengan lebih optimal.

Istirahat yang cukup

Tidur yang kurang memiliki dampak pada ingatan yang melemah atau hilang ingatan, begitu juga dengan tidur yang tidak berkualitas. Pastikan Sahabat Fimela memprioritaskan tidur yang cukup dan berkualitas. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7—9 jam di malam hari untuk beristirahat. Jika saat tidur Sahabat Fimela mendengkur dan hal itu mengganggu tidur, coba konsultasi pada dokter karena dengkuran dapat menjadi salah satu tanda akan gangguan tidur.

Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat juga memberikan dampak baik bagi tubuh dan otak. Konsumsilah buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian utuh. Sahabat Fimela juga dapat mengonsumsi pilihan sumber protein yang rendah lemak, seperti ikan dan kacang polong. Selain makanan, minuman juga harus diperhatikan. Pastikan Sahabat Fimela mengonsumsi air mineral yang cukup untuk kebutuhan tubuh dalam satu hari. Hindari konsumsi alkohol secara berlebihan karena dapat menyebabkan otak menjadi linglung dan mudah lupa.

Obati penyakit kronis yang diderita

Apabila Sahabat Fimela menderita sebuah penyakit, selalu ikuti arahan dari dokter terkait. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, depresi, hingga obesitas memerlukan pendampingan dokter untuk proses penyembuhan dan pengobatan. Semakin baik Sahabat Fimela menjaga diri, maka akan semakin baik pula kemampuan memori di otak. 

Penulis: FIMELA Karina Alya 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading