Sukses

Lifestyle

10 Strategi Riset dan Persiapan yang Perlu Dilakukan untuk Sukses Memulai Usaha

Fimela.com, Jakarta Saat ini, semakin banyak orang yang memilih untuk membuka usaha mereka sendiri, melihat peluang bisnis yang beragam dan menarik di berbagai sektor. Apakah Sahabat Fimela pernah terlintas keinginan untuk memulai bisnis? Mungkin ide untuk memulai usaha sudah ada di benak, atau masih mencari inspirasi yang tepat. Terlepas dari jenis usaha yang diimpikan, yang pasti adalah bahwa setiap usaha harus memiliki peluang yang bagus dan prospek yang menjanjikan.

Memulai bisnis memang bukanlah perkara mudah, tetapi dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, kesuksesan bukanlah hal yang mustahil. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum terjun ke dunia bisnis. 

Berikut strategi riset dan persiapan dalam memulai usaha agar sukses mencapai tujuan. Melansir dari Business News Daily dan Business.com

1. Identifikasi Ide Kreatif

Hal pertama yang harus Sahabat Fimela lakukan adalah mengidentifikasi ide bisnis yang akan dikembangkan sebagai langkah awal riset. Ini adalah momen untuk memikirkan berbagai ide kreatif yang bisa menjadi landasan usaha yang potensial. Ide bisnis bisa datang dari berbagai sumber, seperti hobi, pengalaman pribadi, tren pasar, atau kebutuhan yang belum terpenuhi di masyarakat. 

2. Analisis SWOT 

Setelah menemukan ide bisnis yang menarik, langkah berikutnya adalah melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Analisis ini sangat penting untuk memahami industri yang akan dikembangkan dan menilai seberapa baik ide tersebut dapat bersaing di pasar. Meski ide yang dirancang terkesan unik, analisis SWOT harus tetap dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang posisi bisnis di pasar. 

3. Tulis Rencana Bisnis 

Selanjutnya, Sahabat Fimela bisa membuat rencana bisnis sebagai bentuk komitmen yang tulus dalam menjawab pertanyaan penting dalam proses pengembangan usaha. Rencana bisnis juga merupakan hal pertama yang diminta oleh calon investor. Ini akan memberi mereka gambaran rinci tentang usaha bisnis yang diusulkan, tingkat keahlian industri, serta pemahaman tentang peluang, persyaratan keuangan, dan potensi keuntungan.

Luangkan waktu untuk menyusun komponen-komponen utama, antara lain:

  • Deskripsi bisnis 
  • Daftar produk atau layanan Analisis pasar dan peluang saat ini
  • Daftar pengambil keputusan di perusahaan, beserta biodatanya
  • Rencanakan keuangan 

4. Tentukan Target Pemasaran

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan siapa target demografis yang diinginkan. Target audiens ini akan menjadi faktor pendorong dalam setiap keputusan yang diambil. Memahami siapa yang membutuhkan produk atau layanan dapat membantu menyempurnakan penawaran dan memastikan strategi pemasaran dan penjualan menjangkau orang yang tepat.

5. Tentukan Misi yang Kuat 

Menonjol bukanlah hal yang mudah, dan tidak ada formula ajaib yang menjamin hasil. Namun, mengetahui tujuan bisnis adalah hal penting dalam memandu keputusan ini. Memahami kekuatan, keunikan, dan tujuan bisnis, akan lebih mudah membuat pilihan yang tepat untuk memperluas layanan dan pasar secara harmonis. Misi yang kuat membantu bisnis tetap fokus dan terarah dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ada.

6. Pilih Struktur Hukum 

Saat membangun usaha, Sahabat Fimela perlu untuk memilih struktur hukum yang tepat sejak awal arena tidak mudah untuk mengubahnya di kemudian hari. Setiap jenis badan hukum mempunyai persyaratan dan batasan khusus, dan hanya jenis perusahaan tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan usaha. Jika memerlukan bantuan, pengacara perusahaan atau akuntan bisnis berpengalaman dapat menawarkan saran yang tepat waktu dan akurat untuk menciptakan struktur hukum yang tepat untuk perusahaan yang Anda usulkan. 

7. Identifikasi Lokasi Usaha 

Baik itu kantor pusat atau seluruh gedung, Sahabat Fimela perlu mengetahui di mana bisnis akan berlokasi sebelum meluncurkannya. Sebelum hari pertama operasi, kamu perlu menyiapkan hal-hal berikut:

  • Layanan telepon dan internet
  • Daftar direktori bisnis
  • Keperluan
  • Perjanjian sewa atau pembelian untuk ruang kerja 

Jika Sahabat Fimela belum mengidentifikasi atau mengamankan lokasi bisnis sebelum bertemu dengan investor, jangan khawatir. Investor, bankir, dan penasihat hukum pada umumnya tidak melihat kurangnya lokasi tertentu sebagai faktor penentu atau tanda bahaya. Apabila kamu ingin memulai bisnis dari rumah, tentu saja bisa. Hal diatas bisa dilakukan untuk mengembangkan usahamu. 

8. Petakan Keuangan

Memulai bisnis membutuhkan uang yang mungkin tidak akan kamu miliki saat itu juga. Inilah sebabnya mengapa Sahabat Fimela perlu mencari cara untuk memperoleh modal. Tempat pertama dan paling umum untuk mencari modal adalah bersama teman dan keluarga. Jika itu belum cukup, perluas pencarian ke angel investor dan pemodal ventura . Jika pilihan ini tidak memberikan jumlah yang dibutuhkan, maka ajukan pinjaman usaha melalui bank. Di Indonesia sendiri memiliki Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan beberapa persyaratan.

9. Dapatkan Asuransi yang Tepat 

Pemilihan asuransi bisnis yang sesuai untuk perusahaan bukanlah keputusan yang sederhana. Ada beberapa jenis asuransi yang harus dipertimbangkan, seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi direktur dan pejabat, asuransi tanggung jawab, asuransi jaminan kinerja, asuransi perjalanan (termasuk perlindungan terhadap kematian dan pemotongan karena kecelakaan), dan asuransi jiwa. Memilih asuransi yang tepat adalah langkah penting untuk melindungi aset dan menjaga kelangsungan bisnis dalam menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi.

10. Carilah Mentor atau Penasihat 

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah perjalanan yang mandiri, betapapun menggodanya hal tersebut. Menemukan orang-orang yang telah melakukan perjalanan ini sebelumnya dapat membantu menyiapkan Sahabat Fimela menuju kesuksesan. Berjejaringlah dengan profesional lain di industri, hadiri lokakarya dan acara khusus industri, dan hubungi para pemimpin pemikiran di industri untuk mempelajari pendekatan mereka. Alternatifnya, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyewa seorang pelatih yang dapat memberi Anda nasihat yang tepat.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading