Sukses

Lifestyle

Selain Deactivate Akun Media Sosial, Ini Dia 7 Cara Mengatasi Distraksi saat Belajar

Fimela.com, Jakarta Hayo siapa yang suka menonaktifkan akun media sosialnya alias deactivate? Mungkin dari kalian banyak yang melakukan cara ini karena terbukti efektif untuk mengurangi intensitas bermain media sosial yang berlebih.

Nyatanya, menonaktifkan akun media sosial nggak sepenuhnya bisa menjamin kita jadi lebih produktif, terutama bagi para pelajar yang memiliki tanggung jawab untuk belajar dan menyelesaikan tugas yang diberikan.

Kalau begitu, hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi distraksi saat belajar? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan menerapkan beberapa 7 cara di bawah ini! 

Selain Deactivate Akun Media Sosial, Ini Dia 7 Cara Mengatasi Distraksi saat Belajar

Nyalakan Mode Do Not Disturb

Sadar atau tidak, salah satu hal yang bikin kita jadi gampang ke-distract saat belajar adalah notifikasi yang berseliweran di handphone. Untuk mengakalinya, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang nggak begitu penting.

Selain itu, kamu juga bisa mengotak-atik fitur-fitur yang disediakan oleh ponselmu, seperti focus mode do not disturb yang bisa kamu aktifkan. Bagi sebagian orang, fitur ini dinilai efektif untuk menciptakan suasana yang tenang dan fokus untuk belajar.

Luangkan Waktu untuk Istirahat

Belajar memang jadi salah satu kegiatan positif yang identik dengan pelajar. Namun, belajar tanpa henti juga bisa membuat kamu merasa bosan dan jenuh. Kalau hal itu sudah terjadi, maka fokus dan produktivitas mu pun jadi lebih menurun. Nggak hanya itu, belajar terus menerus juga dapat  membuat kita jadi lebih teralihkan oleh distraksi.

Oleh karena itu, usahakan untuk meluangkan waktu untuk beristirahat. Istirahat sejenak dapat memberikan kesempatan untuk melepas tekanan dan stres yang mungkin kamu rasakan saat belajar. Dengan mengistirahatkan pikiran sejenak, kamu dapat kembali segar dan lebih siap untuk fokus pada tugas belajar setelahnya.

Selain Deactivate Akun Media Sosial, Ini Dia 7 Cara Mengatasi Distraksi saat Belajar

Atur Timeline Sebaik-baiknya

Sama seperti pelajar pada umumnya, mengatur timeline sudah bukan jadi hal yang asing lagi. Mengatur timeline jadi salah satu strategi penting yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi distraksi, lho!

Ketika sudah memiliki agenda-agenda yang terstruktur, maka kamu punya panduan untuk menyelesaikan beberapa tugas yang menumpuk. Jadi, timeline yang sudah kamu atur tersebut dapat memfokuskan perhatian pada tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan alias deadline.

Selain itu, mengatur timeline juga membuat kita jadi lebih terdorong dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas sesegera mungkin. Nah, hal ini tentu dapat membuat kita terhindar dari prokrastinasi atau hobi menunda-nunda pekerjaan yang bikin kamu terlalu lama menyerap materi belajar tertentu. Wah, sayang banget ya waktunya!

Cari Tempat Belajar yang Tenang dan Nyaman

Bagi sebagian orang, ada yang sudah terbiasa untuk belajar di situasi dan kondisi apapun, namun sebagian lainnya butuh tempat belajar yang sepi dan sunyi untuk menciptakan ketenangan. Nah, tempat yang tenang biasanya dapat membuat kamu jadi lebih produktif dan nyaman saat belajar.

Nggak hanya itu, tempat yang tenang juga dapat menciptakan asosiasi positif sehingga kamu jadi lebih termotivasi untuk melanjutkan tugas dan membantu mempertahankan kebiasaan belajar yang baik.

Selain Deactivate Akun Media Sosial, Ini Dia 7 Cara Mengatasi Distraksi saat Belajar

Belajar Sambil Mendengarkan Brown Noise

Siapa yang belum tahu dengan istilah brown noise? Yup, brown noise merupakan salah satu jenis bunyi dengan karakter frekuensi yang unik. Brown noise punya energi yang tinggi, namun frekuensinya rendah. Nah, melodi inilah yang biasanya digunakan untuk relaksasi dan meditasi karena dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi gangguan dari suara lingkungan sekitar.

Sebagai pelajar, kamu juga bisa menggunakan brown noise saat belajar, lho! Hal ini karena  karena suara yang konstan dari brown noise dapat membantu menutupi suara-suara yang mengganggu, sehingga kamu dapat lebih fokus dan berkonsentrasi selama belajar atau menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Gunakan Aplikasi Penunjang Produktivitas

Mungkin kedengarannya cukup sepele, namun aplikasi yang ada di smartphone mu bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi distraksi saat belajar. Tentunya aplikasinya pun nggak sembarangan, kamu harus memilih aplikasi yang dapat menunjang produktivitas, lengkap dengan fitur pengaturan waktu.

Di aplikasi tersebut, kamu bisa menggunakan timer atau pengingat untuk mengatur jeda istirahat dan waktu fokus. Nah, hal ini lah yang dapat membantu kamu untuk membagi waktu dengan lebih efisien antara belajar dan istirahat, serta menghindari distraksi yang tidak perlu selama sesi belajar.

Beberapa aplikasi memiliki fitur blocking distractions yang berguna untuk membatasi akses ke situs web atau aplikasi yang bisa menjadi sumber distraksi, seperti media sosial atau game. Dengan memblokir akses ini selama sesi belajar, kamu bisa jadi lebih fokus dan berkonsentrasi mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Selain Deactivate Akun Media Sosial, Ini Dia 7 Cara Mengatasi Distraksi saat Belajar

Boost Mood Belajarmu dengan Diffuser

Diffuser alias aromaterapi memang terbukti ampuh untuk membuat tubuh jadi lebih fresh dan rileks. Namun, diffuser juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan, lho. Beberapa aroma tertentu, seperti lavender atau peppermint, diketahui memiliki efek yang baik untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Dengan menyalakan diffuser dengan aroma tertentu juga dapat memengaruhi mood dan suasana hati. Kalau kamu merasa lesu atau kurang termotivasi untuk belajar, aroma yang menyegarkan atau menghidupkan semangat dari diffuser dapat membantu meningkatkan mood dan membuatmu jadi lebih siap untuk belajar.

Gimana? Kamu jadi terpacu buat semakin produktif, kan? Untuk memotivasi dan menunjang keproduktivitasanmu, ketujuh cara di atas bisa kamu terapkan agar terhindar dari distraksi-distraksi yang nggak diinginkan  ketika belajar dan menyelesaikan tugas.

Penulis: Elma Salsabila El Zahro

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading