Sukses

Lifestyle

7 Tanda Kamu Pintar Melihat Kebohongan dan Kepalsuan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang peka dengan tindak-tanduk yang berbeda dari orang yang ia ajak bicara. Padahal sebenarnya komunikasi melibatkan segala aspek interaksi, bukan hanya dari bertukar pikiran secara verbal tapi juga non verbal seperti raut wajah, bahasa tubuh dan intonasi bicara. Terkadang ada orang yang sangat peka dan analitis sehingga mampu melihat kebohongan atau kepalsuan seseorang. Kemampuan ini merupakan sebuah keahlian yang berharga dalam kehidupan sosial agar tidak terjerumus dalam niatan buruk seseorang.

Lalu bagaimana caranya agar kita tahu kita bisa melihat kebohongan seseorang? Ini beberapa tanda jika kamu pintar melihat kebohongan dan kepalsuan orang lain.

1. Peka terhadap perubahan perilaku

Orang yang berbohong seringkali menunjukkan perubahan perilaku yang tidak biasa, seperti berbicara lebih cepat atau lebih lambat, menghindari kontak mata, atau menunjukkan gerakan tubuh yang gelisah. Kamu berbakat dalam menganalisis perilaku orang lain dan kamu jeli dalam melihat ketidakkonsistenan sikap yang ditunjukkan seseorang sehingga mudah mempertanyakan apakah orang tersebut sedang mengungkapkan kebenaran atau justru kebohongan.

2. Memperhatikan detail kecil

Orang yang pintar melihat kebohongan biasanya adalah pengamat yang baik. Kamu mungkin akan lebih fokus pada detail-detail kecil yang tidak singkron atau membingungkan dalam cerita seseorang. Kamu juga mudah menemukan sisi yang tidak masuk akal atau tidak sesuai konteks dengan kenyataan atau hal-hal lain yang sedang diceritakan. Dan orang yang berbohong pasti akan menunjukkan sikap tidak sesuai atau tidak konsisten dengan bahasa tubuh, gerakan tubuh, ekspresi wajah, posisi berdiri/duduk atau nada suaranya.

3. Punya intuisi atau insting yang tajam

Hatimu selalu bicara dengan lantang dalam mengungkapkan pendapat atau menyampaikan firasat sehingga kamu pun bukan hanya mengandalkan pikiran atau nalar untuk menilai sesuatu, melainkan juga menggunakan insting atau intuisi dari hati. Karena itulah kamu lebh peka mengenali kebohongan atau ketikdajujuran seseorang. Secara alami, pikiran alam bawah sadar kita menangkap pola yang aneh atau tidak beres sehingga dirimu seperti dibisiki untuk lebih waspada terhadap sikap orang lain.

4. Rasa ingin tahu yang besar

Punya rasa ingin tahu yang besar terkadang juga bisa menjadi titik kepekaanmu dalam menangkap kejanggalan atau ketidakcocokan cerita atau sikap seseorang. Kebohongan seseorang biasanya akan terlihat ketika kamu banyak bertanya dan menunjukkan keingintahuan yang mendalam. Pada akhirnya, orang yang sedang berbohong akan perlahan menunjukkan bahwa ia sedang menyembunyikan sesuatu, mencari-cari alasan atau pembenaran terhadap ceritanya dan mungkin menujukkan sikap gelagapan.

5. Pendengar yang baik

Ketika kamu tidak banyak bicara dan lebih banyak mendengarkan, secara alami kamu akan menyimak dan memahami lebih banyak. Pada akhirnya, jika ada hal-hal yang terasa aneh dan tidak cocok, kamu menjadi lebih jeli menunjuk hal tersebut. Secara alami, kamu bisa menilai apakah seseorang sedang berbohong, menyembunyikan sesuatu atau memalsukan sesuatu hanya dari mendengarkan. Akan selalu ada intensitas menggebu-gebu yang diulang untuk meyakinkan orang yang diajak bicara.

6. Tidak gampang percaya

Jika mempelajari tentang psikologi kebohongan dan bagaimana orang biasanya berbohong, akan mudah mendekteksi kebohongan. Tapi terkadang secara alami orang dibekali kemampuan ini tanpa perlu mempelajarinya, salah satunya adalah rasa tidak mudah percaya. Kamu butuh waktu lama untuk memercayai seseorang dan tetap menjadi peragu bahkan setelah mengenal lama. Hal ini akan membantumu mengenali pola dan tanda-tanda ketidakjujuran seseorang.

7. Hati-hati dengan orang yang terlalu baik

Orang yang terlalu baik dan selalu berusaha untuk menyenangkan atau mengambil hatimu mungkin saja berbohong untuk mendapatkan sesuatu darimu. Jadi ketika kamu merasa seseorang sudah berlebihan dalam menunjukkan kebaikan, justru di situlah kamu menaruh curiga. Kamu yakin bahwa setiap orang pasti membutuhkan sesuatu, dan ketika seseorang terlalu baik, kamu mempertanyakan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Itu dia beberapa tanda kamu pandai melihat kebohongan seseorang. Tentu tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak, tapi seringkali tanda-tanda di atas cukup mewakili.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading