Sukses

Lifestyle

Tips untuk Perempuan Gen Z agar Berani dan Bisa Mewujudkan Impian dari Tiara Andini dan Psikolog

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang tidak memiliki mimpi? Semua Sahabat Fimela yang sedang membaca ini pastinya memilikinya bukan? Perempuan khususnya gen Z menunjukkan kegigihannya dalam meraih mimpi dan mengembangkan diri untuk masa depan yang cerah. Hal ini menjadi ciri khas yang menonjol dari generasi tersebut. 

Irma Gustiana Andriani, S.Psi., M.Psi., Psikolog sekaligus pakar self-growth, mengatakan pada acara press conference Sunslik Black Shine #MyKilauTime, “Kalau kita bicara gen-Z itu sekitar usia 12 hingga 27 tahun jadi mereka adalah generasi paling terdidik dan melek teknologi. Kemudian, ciri khas lainnya adalah ambisius, independen, dan kritis terhadap apa yang sedang terjadi. Inklusivitas mereka juga cukup tinggi, artinya sangat bisa menerima keberagaman. Kemudian dari sisi keterbukaan dari sisi sosial maupun informasi itu sangat luar biasa. Selain itu Gen Z adalah individu yang tahu banget mau ngapain nanti, jadi dalam hal mimpi, harapan, dan cita-cita itu mereka sangat luar biasa sekali.” (12/06/24)

Hal ini dibuktikan oleh sebuah survei. “Gen Z and Millennial Survey 2023” dari Deloitte Global menyebutkan 62% Gen Z sudah atau ingin memulai bisnisnya sendiri. Begitupun Gen Z yang masih berstatus sebagai karyawan, survei Indonesia Gen Z Report 2024 menunjukkan bahwa 36% dari mereka menghabiskan setidaknya 10% dari income-nya untuk terus mengedukasi dan mengembangkan diri. Jadi makin jelas bahwa they are on their way to make things happen!” Ungkap Ari Astuti, Head of Hair Care Unilever Indonesia. 

Mimpi-mimpi  yang Sahabat Fimela punya tentu saja bisa digapai. Bagaimana caranya? Simak tipsnya dalam artikel berikut ini. Baca sampai habis dan jangan lupa untuk diterapkan! 

Tips untuk Perempuan agar Berani Meraih Mimpi dari Tiara Andini

1. Segera bangkit dari Masa Down 

“Kita sama, pernah merasakan masa down, tetapi kita harus bangkit lagi,” ucap Tiara Andiri, selaku brand ambassador terbaru Sunsilk. Mengalami masa-masa sulit adalah hal yang wajar, tetapi yang terpenting adalah bagaimana Sahabat Fimela bisa bangkit kembali. Temukan support system yang kamu butuhkan, terutama dari keluarga. Dukungan dari orang-orang terdekat bisa menjadi sumber kekuatan untuk kembali melangkah dan meraih mimpi-mimpi.

2. Afirmasi Positif 

Selanjutnya, adalah penting untuk memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri. Menanamkan pikiran positif akan mempengaruhi keberhasilan Sahabat Fimela dalam meraih impian. Kata-kata dan pikiran positif dapat meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi, sehingga kamu lebih yakin dalam mengejar tujuan yang telah ditetapkan. Setiap hari, coba untuk mengatakan hal-hal baik tentang diri sendiri dan percaya bahwa kita mampu mengatasi segala rintangan.

3. Merawat Diri 

Tiara juga menekankan pentingnya merawat diri. “Kalau dari aku, apalagi dengan profesi aku sekarang ini, merawat diri bisa meningkatkan kepercayaan diri kita sendiri. Pastinya dengan Sunsilk, kalau kita merawat rambut dengan sepenuh hati itu akan lebih berkilau lagi. Tidak cuma diri kita, tetapi rambut hingga ke auranya pun terlihat dari jauh,” ujarnya. Merawat diri bukan hanya tentang penampilan luar, tetapi juga tentang bagaimana kita merasa baik dari dalam. Ketika kita merawat diri dengan baik, itu akan tercermin dalam kepercayaan diri dan cara kita membawa diri dalam kehidupan sehari-hari.

“Yang penting kita menjadi pribadi yang baik aja itu pasti terlihat di sekeliling kita,” lanjut Tiara. Dengan menjadi pribadi yang positif dan merawat diri, kita tidak hanya memancarkan aura yang baik untuk diri sendiri, tetapi juga menginspirasi orang-orang di sekitar kita.” Lanjutnya. 

Tips agar Perempuan Berhasil Meraih Mimpinya dari Psikologi sekaligus Pakar Self Growth

1. Merangkul Diri Sendiri 

 “Yang pertama, mulailah untuk merangkul diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan” Ucap Irma.  Penerimaan diri adalah langkah awal yang penting dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Menerima dan mencintai diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dapat membantu Sahabat Fimela merasa lebih damai dan bahagia.

2. Afirmasi Positif 

Langkah kedua, Sahabat Fimela bisa melakukan afirmasi positif untuk diri sendiri. Mengucapkan kalimat seperti “saya bisa,” “saya mampu,” dan “saya bisa melewati semua ini,” dapat membantu membangun kepercayaan diri. "Afirmasi dilakukan tanpa ada penyangkalan. Jadi, kalau kita sudah melakukan afirmasi tetapi masih suka membatin, itu tidak akan bekerja," jelas Irma. 

3. Merawat Penampilan 

Cantik itu subjektif, tetapi sebagai perempuan, penting untuk menjaga kebersihan dan merawat diri. Dengan merangkul diri sendiri dan merawat penampilan, Sahabat Fimela dapat memancarkan vibrasi yang lebih nyaman dan positif.

4. Bertemu dengan Circle yang Positif 

Sahabat Fimela bisa mencari pertemanan yang membuat kamu merasa termotivasi dan didukung. Lingkungan sosial yang positif dapat memberikan energi dan semangat tambahan. “Apabila memiliki teman yang toxic, maka harus ditinggalkan. Tidak ada pilihan lain selain itu,” tegas Irma

5. Cari Dukungan 

Untuk membuat Sahabat Fimela merasa yakin dengan diri sendiri, carilah dukungan dari orang-orang terdekat. Dukungan emosional dari keluarga, teman, atau komunitas dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan diri yang dibutuhkan. 

6. Pertimbangkan untuk ke Psikolog 

Terakhir, jika sudah cukup sulit. Maka Sahabat Fimela bisa mencari bantuan profesional seperti psikolog. Seorang psikolog dapat membantu kita memahami diri sendiri dengan lebih baik, serta memberikan strategi dan alat yang diperlukan untuk mengatasi masalah emosional dan psikologis. Tidak ada yang salah dengan meminta bantuan, karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Kampanye #MyKilauTime dari Sunsilk Black Shine Siap Menjadi Support System Kamu untuk Mewujudkan Mimpi

Tujuan khusus dari kampanye ini adalah untuk menyediakan sistem dukungan bagi generasi Z agar mereka berani bersinar bersama. “Sejak 1952, rangkaian produk Sunsilk Black Shine telah jadi andalan perawatan rambut berkilau perempuan Indonesia lintas generasi. Lebih dari support dalam bentuk produk yang berkualitas, Sunsilk Black Shine juga secara kontinyu menggelar berbagai program dan kampanye yang mendorong rasa percaya diri perempuan Indonesia, khususnya Gen Z, sekaligus memberikan kesempatan untuk menggali potensi diri agar mampu menjadi pribadi yang berkilau di tengah keseharian mereka.”  Ucap Ari Astuti. 

Kampanye ini bekerja sama dengan The Sounds Project 2024 dan akan hadir di Musicverse Stage by Sunsilk #MyKilauTime pada Agustus 2024. Di acara ini, perempuan Gen Z dapat merayakan kilau diri mereka dengan rambut berkilau melalui berbagai aktivitas dan instalasi menarik.

Selain itu, kampanye #MyKilauTime akan menyelenggarakan program pengembangan diri berupa kelas peningkatan keterampilan di sejumlah kampus pada Agustus hingga September. "Bagi yang ingin mengikuti kampanye ini bisa membeli produk kepada panitia yang datang ke kampus dan mengisi formulir," jelas Ari.

Lagu My Kilau Time

Kampanye ini turut diwarnai dengan lagu "My Kilau Time" yang dinyanyikan oleh Tiara. Berangkat dari pengalamannya, Tiara menceritakan “Untuk bisa berada di titik yang sekarang, aku selalu menjadikan setiap hambatan maupun keberhasilan sebagai pengalaman berharga yang memacu aku terus berani melangkah untuk berkilau. Lagu ‘My Kilau Time’ jadi caraku untuk menyebarluaskan semangat yang sama kepada sesama perempuan Gen Z supaya mereka juga berani melangkah mewujudkan mimpi. Lagu ini benar-benar jadi simbol sistership ala Sunsilk, kita saling paham tantangan yang kita hadapi, dan saling support untuk bisa berkilau bareng-bareng!” 

Resep Jitu  Merawat Rambut 

Terakhir, untuk membantu perempuan Gen Z terus merawat diri di tengah padatnya aktivitas sehari-hari, kampanye #MyKilauTime memberikan resep jitu untuk mengatasi rambut yang kering dan kusam akibat terpapar kondisi eksternal seperti panas matahari dan polusi udara, yaitu rangkaian produk Sunsilk Black Shine. Dengan merawat rambut menggunakan produk legendaris ini, kandungan Urang Aring, Vitamin C dan Collagen-nya akan menjadikan semua jenis rambut lebih berkilau, kuat, tidak lepek, dengan harum yang menyegarkan dan tahan lama.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading