Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sikap yang Membuat Hidup Dimudahkan dan Dijauh Dari Cobaan Berat

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalani hidup, beberapa hal di dunia ini terjadi karena adanya sebab akibat dari hal-hal yang kita lakukan. Tapi ada juga yang memang sudah digariskan atau ditakdirkan oleh Tuhan karena ada hal-hal yang ingin diubah Tuhan dari hidup kita. Semua cobaan dan tantangan hidup akan selalu memberi pelajaran berharga, meski tidak ada yang mau diberikan cobaan sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, beberapa orang berusaha hidup dengan baik agar bisa meminimalkan cobaan hidup.

Dan ternyata memang ada, hal-hal kecil yang bisa kita lakukan setiap hari untuk membuat hidup lebih mudah dan ringan untuk dijalani, karena kamu dijauhkan dari cobaan-cobaan berat. Ini sikap-sikap yang kita butuhkan jika ingin hidup lebih dimudahkan dan dijauhkan dari cobaan.

1. Membuang pikiran negatif

Simpel tapi penting. Berpikiran baik, positif dan optimis adalah sebuah penangkal cobaan hidup. Kalau pun dihadapkan pada cobaan, kamu tidak akan menyalahkan semesta atas segala kesialan dan kesulitan. Kamu justru mampu melihat sisi baik dari kejadian buruk tersebut, secara sadar diri akan mencari solusi sehingga masalah cepat selesai. Kamu tidak membuang waktu untuk berpikiran negatif karena tahu bahwa itu tidak berguna.

2. Mudah berbagi dan menolong

Orang yang mau berbagi, memberi atau menolong orang lain dengan tulus akan secara alami mendapatkan keberkahan tersendiri dari Sang Maha Pemberi Rezeki, salah satunya adalah dijauhkan dari cobaan hidup yang berat. Kamu yakin bahwa berbagi, memberi dan menolong orang lain meringankan bebannya tidak akan membuatmu miskin. Justru orang yang menanam kebaikan akan menulai kebaikan berlipat ganda suatu ketika, bahkan di waktu yang tak diduga-duga.

3. Bersikap ikhlas

Keikhlasan membuat hatimu tenang, karena kamu tidak lagi menggerutu tentang kekecewaan, ekspektasi tak sampai atau keinginan yang tak sesuai kenyataan. Kamu tahu bahwa hidup terkadang tidak sesuai harapan karena ada kekuatan di luar kendali dan kuasamu. Jadi meskipun mengusahakan sesuatu sekeras apa pun, jika bukan rezekimu, maka tak akan kamu dapatkan. Meski demikian, kamu tak menghujat kehidupan. Kamu menjalani dengan keikhlasan, karena suatu usaha tak akan sia-sia dan pasti akan digantikan dengan yang lebih baik suatu ketika.

4. Mensyukuri hal-hal yang dimiliki

Mampu bersyukur atas rezeki yang sudah didapatkan selama ini juga bisa menjauhkanmu dari ujian dan cobaan berat. Tidak banyak yang tahu tentang kekuatan bersyukur. Padahal rasa syukur kepada Tuhan, berterima kasih kepada orang-orang di sekitar kita, bahkan berterima kasih atas kehadiran hewan peliharaan yang lucu dan makanan di piring yang tersaji di meja, mampu menciptakan energi positif yang akan menjauhkanmu dari kesialan dan celaka. Secara spiritual dan psikologis, ini juga baik untuk ketenangan batinmu.

5. Hidup secukupnya

Tak perlu menjalani gaya hidup berlebhan atau bermewah-mewahan, karena pada dasarnya hidup ini hanya sementara di dunia ini. Jalani apa yang penting saja untuk dilakukan, selama kamu tidak menyulitkan atau merugikan dirimu sendiri, maka itu baik untuk dilakukan. Tak perlu sampai berhutang atau terlibat aplikasi pinjol hanya untuk menyokong gaha hidup hedon, padahal kemampuanmu tak sampai situ. Hidup sederhana dan secukupnya adalah pilihan yang paling baik jika ingin hidup tidak banyak cobaan.

6. Banyak berbuat baik

Banyak-banyaklah berbuat baik, karena kebaikan yang diberikan kepada orang lain akan menarik kebaikan-kebaikan lain untuk datang ke kehidupanmu. Secara ilmiah, ini hanyalah gaya tarik menarik energi yang sama untuk datang mendekat. Jika kamu mengeluarkan energi negatif, tentu yang datang adalah energi negatif, jadi pilihan kembali ke tanganmu. Ketika berbuat baik, kamu justru akan lebih dimudahkan rezekinya, karena pada dasarnya manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan kebaikan. Jadi jangan ingkar dengan fitrahmu sebagai manusia.

7. Menjaga kesehatan

Salah satu hal yang tampak tidak berkaitan namun sebenarnya bisa menghindarkanmu dari cobaan hidup adalah menjaga kesehatan. Hidup dengan pola yang sehat dan positif akan membantu memperkecil kemungkinan sakit secara fisik dan mental. Cobaan hidup bukan sekadar suami selingkuh dan meninggalkanmu atau tak ada uang karena mengalami PHK, tapi termasuk juga jatuh sakit dan kecelakaan sehingga membuatmu tak mampu melakukan sesuatu dengan tubuhmu. Jadi sebaik-baiknya mencegah masalah hidup adalah dengan menjaga kesehatan.

Itu dia sekian sikap sederhana yang kita butuhkan jika ingin hidup lebih dimudahkan dan dijauhkan dari cobaan yang berat. Sudahkah kamu memiliki semua poinnya, Sahabat Fimela?

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading