Sukses

Lifestyle

6 Tips untuk Bantu Tetap Konsisten Mengubah Pola Hidup Sehat

Fimela.com, Jakarta Melakukan perubahan gaya hidup sehat memang menantang, terutama bila Sahabat Fimela ingin mengubah banyak hal sekaligus. Kali ini, anggaplah hal tersebut bukan sebagai sebuah resolusi tetapi sebagai sebuah evolusi. 

Perubahan gaya hidup sehat merupakan proses yang membutuhkan waktu dan dukungan. Saat kamu siap melakukan perubahan, bagian tersulitnya adalah berkomitmen dan menindaklanjutinya. Jadi, lakukan riset dan buatlah rencana yang akan mempersiapkan menuju kesuksesan. Perencanaan yang cermat berarti menetapkan tujuan-tujuan kecil dan mengambil segala sesuatunya selangkah demi selangkah.

Menghentikan kebiasaan lama dan menciptakan kebiasaan yang sehat terkadang bisa menjadi tantangan dan bahkan mengecilkan hati. Namun, hal itu bukan tidak mungkin. Berikut 6 tips dari orthoindy.com untuk membantu Sahabat Fimela mengubah pola hidup sehat secara konsisten.

1. Identifikasi kebiasaan buruk dalam hidup yang ingin diubah

Langkah pertama, Sahabat Fimela bisa mengidentifikasi kebiasaan buruk atau tidak sehat yang ingin diubah. Kemudian, untuk setiap kebiasaan, berikan alasan mengapa kamu ingin mengubahnya. Mungkin demi kesehatan mental atau agar kamu bisa bermain dengan anak-anak dengan waktu yang lebih lama.

2. Pertahankan tanggung jawab diri untuk melakukan perubahan

Jangan menyalahkan orang lain atau kurangnya waktu karena tidak mampu mengubah kebiasaan yang tidak sehat. Sama seperti akan meminta pertanggung jawaban orang yang kamu cintai jika mereka membuat janji. Maka, buatlah janji pada diri sendiri untuk mengubah pola hidup sehat yang konsisten.

3. Hilangkan pemicu negatif dalam hidup

Jika media sosial membuatmu merasa buruk terhadap diri sendiri, hapuslah akun tersebut. Jika minum alkohol membuat ingin merokok, berhentilah mengkonsumsi alkohol. Sahabat Fimela mungkin sudah mengetahui apa yang menjadi pemicu kebiasaan buruk, carilah cara untuk menghindari pemicu tersebut.

4. Percaya bahwa kamu bisa berubah

Setengah dari perjuangan untuk mencapai kesuksesan adalah mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukan sesuatu. Abaikan pembicaraan negatif pada diri sendiri dan gantikan dengan visualisasi bahwa kamu berhasil dalam perubahan yang ingin dilakukan.

5. Ketahuilah bahwa ini akan memakan waktu

Mengubah pola hidup sehat tentu akan memakan waktu dan mungkin saja kamu mengalami kemunduran. Berubah tidaklah mudah dan ada saatnya gagal. Dari pada membiarkan kegagalan itu menang, teruslah bekerja keras.

6. Buatlah rencana dengan tujuan

Sama seperti kamu memiliki jadwal yang harus diikuti di tempat kerja atau di rumah dengan tugas-tugas tertentu yang harus diselesaikan. Gaya hidup sehat baru juga harus memiliki tugas dan rencana untuk diikuti.

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading