Sukses

Lifestyle

Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Langkah-Langkah yang Bisa Dijadikan Komitmen untuk Bumi yang Lebih Hijau

Fimela.com, Jakarta Lingkungan adalah karunia dari Tuhan untuk manusia, menyediakan berbagai sumber kehidupan seperti air dan oksigen. Oleh karena itu, manusia harus menjaga dan merawatnya dengan sebaik-baiknya. Lingkungan yang sehat dan lestari tidak hanya penting untuk kesejahteraan manusia saat ini, tetapi juga untuk keberlangsungan hidup generasi mendatang. 

Pada tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Peringatan ini menjadi salah satu platform terbesar untuk advokasi lingkungan hidup selama lima dekade terakhir ini.  Puluhan juta orang berpartisipasi secara online dan melalui kegiatan, acara, serta aksi secara langsung di seluruh dunia. Tahun ini, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah #GenerationRestoration yang mengajak seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam memulihkan bumi untuk generasi mendatang. 

SIG, penyedia solusi kemasan yang lebih baik turut merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Noer Wellington, Head of Market Indonesia, Malaysia, Vietnam and Philippines at SIG, mengatakan “SIG mendukung peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kami melihat hari ini sebagai sebuah kesempatan baik untuk mengingatkan kita dan orang-orang di sekitar kita tentang pentingnya mengambil tindakan untuk merawat dan melestarikan lingkungan kita."

"Tema tahun ini, #GenerationRestoration, yang bertujuan untuk menciptakan bumi yang lebih baik untuk generasi mendatang, adalah tema yang sejalan dengan tujuan kami untuk mewujudkan masa depan yang positif, juga untuk generasi penerus Indonesia. Saat ini, SIG sedang dalam perjalanan untuk menciptakan kemasan “for better”, kemasan yang memberikan manfaat lebih daripada yang dibutuhkan oleh manusia dan planet ini. Kami ingin menghasilkan dampak positif bagi manusia dan bumi melalui empat bidang aksi kami: Climate+, Forest+. Resources+. Food+.” Lanjutnya.

Langkah Sederhana yang Bisa Membantu Melestarikan Lingkungan

Dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, SIG berbagi beberapa contoh sederhana yang dapat Sahabat Fimela Lakukan oleh Masyarakat di rumah untuk membantu melestarikan lingkungan

1. Jangan membuang sampah yang dapat digunakan kembali 

Kemasan seperti karton, tas belanja, botol, dan kemasan makanan yang dapat digunakan kembali. Beberapa jenis tersebut dapat didaur ulang dan dijadikan kreasi yang fungsional. Sahabat Fimela bisa mencari ide tersebut melalui YouTube. 

2. Gunakan barang sehari-hari yang ramah lingkungan 

Daripada minum air dari botol plastik, gunakan gelas yang dapat digunakan berulang kali yang tidak dibuang setelah sekali digunakan. Selain itu, daripada menggunakan kantong plastik, gunakan tote bag untuk membawa barang-barang kamu.

3. Pilah sampah dengan baik 

Buanglah sampah yang telah dipilah di tempat pengumpulan sampah. Saat ini, SIG telah mendirikan 151 titik pengumpulan sampah Recycle for Good di wilayah Jabodetabek. Temukan titik terdekat dengan rumah kamu dan kumpulkan sampah daur ulang kamu di sana.

“SIG mengajak Masyarakat Indonesia untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan. Sejalan dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, #GenerationRestoration, kami mengajak para orang tua di Indonesia untuk bergabung bersama kami dalam membina generasi penerus Indonesia dengan menanamkan kebiasaan baik pada anak-anak dan mendorong mereka untuk menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, dimulai dari rumah. Aksi-aksi sederhana seperti memilah sampah di rumah, mendaur ulang sampah, serta mengumpulkan sampah untuk dibawa ke 151 titik pengumpulan Recycle for Good di wilayah Jabodetabek dapat dilakukan sekarang. Sumber daya planet kita terbatas dan kemampuannya untuk menyerap limbah juga terbatas. Mari kita bersama-sama mempersiapkan generasi penerus bangsa, yaitu generasi yang peduli terhadap lingkungan dan mengambil tindakan untuk melestarikan bumi.”Ungkap Noer Wellington.

Kemitraan SIG dan Frisian Flag Indonesia Bersama Re>Pal Menghadirkan Palet dari Bahan Daur Ulang

SIG telah bermitra dengan Frisian Flag Indonesia (FFI) sejak 2004 dan melakukan berbagai kegiatan keberlanjutan, termasuk mengumpulkan karton susu bekas di Farmer’s Market dan Lion Super Indo dari 2021-2023. Pada tahun 2024 , SIG melanjutkan kemitraannya bersama FFI, mendukung kegiatan sustainability FFI bersama Re>Pal, sebuah perusahaan yang menyediakan “zero waste pallet” atau palet tanpa limbah untuk berbagai jenis penerapan dalam rantai pasokan Perusahaan. SIG akan menyediakan pallet welder untuk memproduksi 50.000 palet dari bahan daur ulang. Palet Re>Pal terbuat dari 100% post-consumer plastic menggunakan proses teknologi ThermoFusion™ yang unik.

“Sejalan dengan inisiatif ‘Nourishing a Better Planet’ dari perusahaan induk kami, FrieslandCampina, serta visi kami ‘Nourishing Indonesia to Progress’, FFI berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia yang sehat, sejahtera, dan harmonis. Kemitraan kami dengan Re>Pal dalam bentuk palet dari bahan daur ulang merupakan langkah penting dalam upaya kami untuk mengurangi serta menggunakan kembali sampah plastik dan kemasan karton bekas dan melestarikan lingkungan. Bersama dengan Re>Pal dan SIG, kami berupaya untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia dan generasi mendatang.”

FFI dan Re>Pal akan memproduksi 50.000 palet dari bahan daur ulang berupa kemasan bekas, 20% di antaranya adalah multi-layer plastic dan sisanya dari kemasan karton yang diproduksi oleh FFI dan pelanggannya. Palet-palet ini akan digunakan di pabrik FFI di Cikarang sebagai bentuk komitmen terhadap manufaktur yang ramah lingkungan.

 

Penulis: Naela Marcelina.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading