Sukses

Lifestyle

Instalasi Seni dari Plastik Hadir di Kawasan TOD Blok M untuk Rayakan Hari Lingkungan Sedunia

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka momentum Hari Lingkungan Sedunia pada 4 Juni, PTIntegrasi Transit Jakarta (PT ITJ) dengan bangga membagikan aksi cinta lingkungan melaluirangkaian kegiatan bertajuk "Eartheart."

Eartheart menggabungkan makna Bumi (Earth) dan Hati (Heart) yang memiliki keterkaitan antara alam semesta dan manusia, serta pentingnya menjaga harmoni dan keseimbangan antara keduanya. Hal ini selaras dengan semangat PT ITJ untuk perkuat tema Green Creative Hub di KawasanTOD Blok M – Sisingamangaraja.

Eartheart akan berlangsung pada 6 – 25 Juni 2024 dengankolaborasi bersama Tactic Plastic, kelompok seni multidisiplin asal Jogjakarta yang menghadirkan instalasi karya seni ‘Tanah Antah Berantah’. Karya ini diciptakan dengan teknik seni ‘menjahit plastik’ sebagai kerangka berpikir dalam melihat alam hari ini, terutama dalamkasus hilangnya tanah dan kebaikannya yang disebabkan oleh plastik.

Selain itu, PT ITJ juga berkolaborasi bersama Plasticpay, Plastic Reborn, Plastic Smart Cities, SayaPilihBumi, serta kolaborator lainnya yang memiliki semangat sama dalam menyuarakan isu lingkungan.

Plasticpay sendiri adalah gerakan sosial berbasis platform digital, yangmengajak masyarakat untuk memanfaatkan plastik menjadi nilai manfaat kebaikan. Sampah plastik yang terkumpul akan ditukarkan menjadi Plasticpay Poin, kemudian didaur ulang menjadi Eco-friendly fiber dan kain daur ulang yang dapat digunakan untuk bantal, boneka, tempat tidur, furniture, dan produk lainnya.  

Hal ini selaras dengan semangat Plastic Reborn yang diinisiasi oleh Anchora Foundation dalam melestarikan lingkungan melalui kolaborasi untuk Ekonomi Sirkuler di Indonesia. Diwujudkan melalui kolaborasi, penggunaan teknologi, serta pemberdayaan komunitas untuk melakukan daur ulang botol sekali pakai dari Polyethylene Terephthalate (PET).

“Kami percaya bahwa setiap bagian dari Masyarakat memiliki caranya masing-masing dalam mengekspresikan cintanya terhadap Bumi. Momentum ini kami harapkan dapat bisa menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian Masyarakat luas juga untuk memulai langkah- langkah kecil demi lingkungan yang lestari.” Ujar Ferdiansyah Roestam, Direktur Utama PT Integrasi Transit Jakarta

Hingga tahun2024, Plastic Reborn telah mendorong daur ulang 65 juta botol plastik PET pasca konsumsidari tempat pembuangan. 

Plastic Smart Cities hingga membersihkan kawasan Blok M

Inisiatif program ‘Plastic Smart Cities’ yang diluncurkan oleh WWF Indonesia juga untuk menjadi gerakan bagi ragam kota maupun pusat kegiatan pesisir untuk menghentikan terjadinya pencemaran sampah plastik ke alam pada tahun 2030. 

Saat ini, program ini telahdipusatkan pada beberapa kota, diantaranya adalah DKI Jakarta, Kota Depok dan Kota Bogor. Selain itu, PT ITJ juga berkolaborasi dengan SayaPilihBumi bertajuk ‘Eartheart x SayaPilihBumi: Circular City Clean’ untuk bergotong-royong membersihkan Kawasan TOD Blok M – Sisingamangaraja.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan akan menghadirkan sesidiskusi bersama Ramon Y Tungka, selaku editor SayaPilih Bumi dan Rheza Maulana, selakupeneliti dan aktivis. Momentum ini juga mendukung wisata Kota Jakarta dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-497 pada tanggal 22 Juni 2024.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading