Sukses

Lifestyle

9 Ide Bisnis yang Dapat Dihandle Lewat Smartphone

Fimela.com, Jakarta Dalam industri yang cepat dan dengan perencanaan yang tepat, menjalankan bisnis dari smartphone sangatlah mungkin. Kebanyakan orang sudah memiliki smartphone, dan menggunakannya untuk bisnis sehingga menghemat biaya pembelian komputer atau laptop. Bekerja dari smartphone mungkin lebih baik dari pada menjalankan bisnis dari komputer.

Penggunaan smartphone memberikan peluang bagi pemilik bisnis yang sering bepergian untuk tetap terhubung di mana saja. Dengan semua aplikasi yang ditujukan untuk pekerjaan jarak jauh, bisnis yang mengutamakan smartphone akan lebih nyaman. Aplikasi smartphone yang sedang berkembang mendukung gagasan bahwa, setidaknya dari sudut pandang perangkat keras, pemilik usaha kecil dapat menjalankan perusahaannya dengan smartphone dan sejumlah aplikasi yang bermanfaat.

Saat ini, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan, karena dengan masuknya inovasi terknologi dan sebagainya, Sahabat Fimela dapat memulai bisnis yang menguntungkan dengan mudah. Merangkum dari berbagai sumber, di bawah ini adalah ragam bisnis yang dapat dihandle lewat smartphone. Apa saja ya?

1. Menjadi influencer

Jika Sahabat Fimela menyukai tampil di depan kamera, menjadi influencer merupakan opsi untuk kamu yang ingin mencoba bisnis dengan modal smartphone saja. Seperti misalnya, kamu merupakan seorang Ibu rumah tangga yang suka memasak. Kamu dapat membagikan resep masakan rumahan buatanmu di Tiktok ataupun Instagram Reels.

Namun, jika kamu tidak menyukai tampil di depan kamera, kamu dapat membagikan resep masakan dengan memvideokan proses memasakmu sehingga penonton masih dapat menikmati konten yang berhubungan dengan masakanmu.

2. Fotografi atau videografi

Ketika perusahaan smartphone terus meningkatkan kualitas kamera mereka dengan setiap rilis baru, kini menjadi lebih umum untuk melihat orang-orang mengambil foto atau video yang terlihat profesional hanya dengan smartphone, pencahayaan bagus, dan tambahan beberapa filter.

Seperti kebanyakan gerai kreatif lainnya, peralatan yang lebih mahal tidak menjamin kualitas karya seninya akan lebih baik, namun tergantung pada cara peralatan tersebut digunakan. 

3. Penulis

Banyak website atau blog yang mulai populer, tetapi pemiliknya tidak sempat untuk menulis dan mengembangkan website maupun blognya sendiri. Untuk mengatasinya, mereka akan mencari jasa seorang penulis artikel untuk membantu mengisi website ataupun blognya tersebut.

Bagi yang hobi menulis, tentu saja ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mendapatkan penghasilan dari dunia internet dengan penghasilan yang cukup menggiurkan. Jangan khawatir jika tak memiliki laptop, karena menulis artikel dapat dilakukan dari smartphone.

4. Affiliate marketing

Dalam dunia bisnis online, jenis bisnis yang satu ini tergolong masih relatif baru, namun sangat potensial. Affiliate marketing adalah bisnis yang mengharuskan kamu memasarkan dan mempromosikan produk orang lain. Sahabat Fimela akan mendapatkan penghasilan setiap kali barang atau jasa yang ditawarkan laku terjual.

Biasanya, orang yang berbisnis affiliate marketing menawarkan dagangannya lewat website dan blog. Jadi, jika tertarik untuk menekuni bisnis ini, kamu dituntut untuk mahir dalam menggunakan website dan blog tersebut.

5. Dropship atau reseller

Untuk dropship atau reseller dikhususkan bagi kamu yang tak memiliki produk sendiri. Jadi, produk yang dijual merupakan produk dari supplier atau stokis. Prinsip kerjanya adalah dengan memasarkan produk dari supplier dengan harga jual yang di up sendiri atau sesuai harga konsumen (sudah ada potongan khusus dari supplier).

Jika ada pembelian, customer akan melakukan pembayaran ke rekening kamu dan selanjutnya dapat melakukan transaksi dengan supplier. Setelah transaksi pembayaran dilakukan, maka supplier akan mengirimkan barang langsung pada customer dengan mengganti nama pengirim dengan nama Sahabat Fimela.

6. Konsultasi online

Jika Sahabat Fimela memiliki keahlian di bidang tertentu, kamu dapat berbagi keahlian tersebut dengan orang lain langsung dari smartphone sebagai konsultan. Kamu dapat berkomunikasi dengan klien potensial melalui email dan kemudian mengatur panggilan telepon atau bahkan menggunakan aplikasi Zoom atau Skype untuk mengatur konferensi video guna memberi nasihat atau saran yang dapat digunakan mengenai subjek tertentu.

7. Joki game

Kalangan muda kerap akrab dengan game atau permainan kekinian seperti Mobile Legend, Player Under Battle Ground (PUBG), dan sebagainya. Permainan tersebut tentunya bisa dimainkan di smartphone, selain seru banyak juga orang yang berkompetisi secara peringkat untuk memainkan game tersebut.

Namun, tak menutup kemungkinan banyak juga para kalangan muda yang menggunakan jasa joki game untuk menaikkan peringkat secara cepat dan mengandalkan keahlian seorang joki game. Nah, jika Sahabat Fimela memiliki keahlian dalam bermain game, bukan tidak mungkin untuk menawarkan jasa tersebut apalagi jika lingkunganmu dekat dengan para player game.

8. Berjualan pulsa atau token listrik

Keberadaan smartphone yang semakin menjamur dan sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok, tentu tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan akan pulsa dan paket internet. Fakta ini mengejutkan, berjualan pulsa merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Sahabat Fimela dapat memanfaatkan smartphone untuk berjualan pulsa yang banyak dibutuhkan orang. Selain pulsa, kamu juga dapat menjual token listrik yang saat ini dibutuhkan oleh hampir setiap rumah.

9. Jasa voice over

Daya tarik dari suara yang khas bisa menjadi sebuah keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan dalam dunia bisnis. Selain menjadi penyanyi, jasa yang menarik sebagai bisnis tanpa modal di smartphone adalah jasa voice over. Cara untuk mempromosikan jasa voice over yaitu membuat demo reel yang menarik, membangun portofolio online, jalin hubungan dengan produser, sutradara dan pengiklan, menggunakan media sosial hingga menawarkan percobaan gratis atau diskon awal kepada klien yang potensial.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading